Kamis, 02 Maret 2017

Berbagai Peluang Usaha di Rumah yang Bisa Dijalankan oleh Ibu Rumah Tangga Maupun Pekerja Kantoran


Sebenarnya banyak sekali peluang usaha di rumah yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga maupun pekerja kantoran. Hanya saja, terkadang orang tidak yakin apakah ia bisa menjalankan bisnis tersebut atau tidak. Selain itu, ia juga tidak mengerti betul apa yang pertama kali harus dilakukan.

Padahal kunci keberhasilan seorang pengusaha itu hanya satu. Take action. Bertindak, bukan berpikir. Apa yang dipikirkan langsung saja dijalankan.

Bagaimana jika ada masalah di tengah bisnis berjalan? Itu hal yang sangat lumrah terjadi. Pengusaha kelas kakap sekalipun pasti merasakan kegagalan. Apalagi Anda yang baru mau terjun di dunia bisnis.

Yang membedakan hanyalah seberapa berani seseorang melakukan action. Bagaimana dengan Anda? Seberapa berani Anda mau menjalankan bisnis?

Meskipun demikian, tentu ada kalkulasi resiko untung rugi. Bagi Anda yang menjalankan profesi sebagai pekerja kantoran yang tidak puas dengan penghasilan bulan yang Anda dapatkan, atau Anda ibu rumah tangga yang ingin sekali membantu suami mendapatkan pemasukan, ada beberapa bisnis yang tidak terlalu beresiko.

Setidaknya peluang bisnis rumahan berikut ini tidak akan membuat Anda bangkrut jika toh ternyata ada masalah di tengah-tengah perjalanan nanti. Dan pastinya, pelung bisnis ini bisa Anda jadikan pembelajaran sehingga Anda bisa terjun menjadi seorang pengusaha.

6 Peluang Usaha Rumahan Yang Tidak Memerlukan Modal Besar


Sebenarnya usaha yang seharusnya Anda jalankan itu merupakan usaha yang sesuai dengan kemampuan dan juga passion Anda sendiri. Sayangnya, terkadang orang tidak mengerti atau tidak melihat potensi apa yang ada di dalam dirinya sehingga potensi tersebut bisa dijadikan usaha.

Untuk itu, berikut ini ada 6 peluang usaha di rumah yang bisa Anda jalankan di sela-sela waktu entah setelah bekerja di kantor atau mengurus dan membersihkan rumah. Apa saja kelima peluang usaha rumahan tersebut?

  1. Penulis Konten atau Penulis Artikel
  2. Usaha Catering
  3. Usaha Dekorasi Ruangan Rumah
  4. Menjual Pakaian Anak
  5. Trader
  6. MLM Online

Ok mari kita bahas satu per satu ya ...

1. Penulis Konten atau Penulis Artikel


Sudah banyak yang berhasil di dunia tulis menulis. Sekarang ini, banyak sekali yang membutuhkan seorang penulis konten atau penulis artikel. Umumnya, mereka adalah para pengusaha yang menjalankan bisnis online.

Ada berbagai jenis bisnis online sekarang ini seperti affiliate marketer, reseller, publisher, dan lain sebagainya. Semua itu berhubungan dengan konten, bisa berupa artikel, video, atau foto. Dan yang paling sering dilakukan oleh para pekerja online tersebut adalah menulis.

Sayangnya tidak banyak orang yang bisa menulis. Tidak banyak juga orang yang memiliki waktu untuk menulis untuk update website mereka. Solusinya tentu saja mereka meng hire penulis konten.

Jika Anda memang berbakat dalam mengolah kata, maka tepat sekali jika Anda terjun di bidang tulis menulis ini menjadi seorang penulis konten atau yang sering disebut dengan content writer.

Akan tetapi, kemampuan dalam menulis saja tidak cukup. Anda harus mengusai sedikit banyak seputar SEO atau Search Engine Optimization. Pasalnya, para pebisnis online memerlukan artikel yang SEO friendly

2. Usaha Catering


Tahukah Anda banyak sekali wanita yang sekarang ini lebih suka bekerja di kantor daripada menjadi seorang ibu rumah tangga? Ini tentu saja peluang bagi Anda untuk membuka usaha catering.

Kebanyakan wanita meninggalkan urusan rumah tangga karena mereka harus bekerja di kantor. Sementara itu, mereka merasa lebih hemat jika memesan makanan melalui jasa catering. Mereka memesan makanan untuk kebutuhan makan keluarga mereka setiap hari.

Selain itu, tidak sedikit juga para pekerja kantoran yang tidak memiliki waktu keluar kantor untuk sekedar mencari makan siang. Apalagi makanan di warung belum tentu sehat dan higienis.

Karena adanya catering yang memberikan pelayanan delivery order, mereka lebih senang dengan memanfaatkan jasa tersebut. Daripada keluar kantor, mendingan mereka duduk manis di kantor sambil bekerja sembari menunggu makanan di antar.

Bayangkan saja semakin banyak orang yang bekerja di kantor. Semakin terbuka pula peluang untuk menjalankan bisnis rumahan catering ini, bukan?

Namun, Anda harus siap bersaing dengan catering yang sudah lama terjun di bisnis ini. Tidak jarang restoran yang dulunya tidak melayani delivery order, mereka akhrinya memberikan pelayanan tersebut karena permintaan yang sangat tinggi.

Anda tidak boleh berkecil hati. Ingat kunci membuka usaha yang paling utama, yaitu take action. Anda tinggal cari celah bagaimana membuat promosi yang menarik calon konsumen Anda.

3. Usaha Dekorasi Ruangan Rumah


Satu lagi jenis usaha rumahan yang hanya membutuhkan modal sedikit, yaitu menjadi seorang interior designer. Namun, Anda harus benar-benar berbakat di bidang ini. Setidaknya Anda memiliki taste bagaimana mendesain ruangan rumah sehingga menjadi bagus.
Banyak sekali seorang arstitek yang khusus tertarik di bidang desain interior rumah yang tidak bekerja di sebuah perusahaan property, tapi justru menjadi pekerja rumahan. Alasannya sangat klasik. Mereka bisa menjadi ibu rumah tangga, mengurus anak, sambil mencari uang menjadi seorang interior designer.

Apalagi per satu project ini tidaklah kecil. Bayangkan saja Anda mendapatkan proyek membuat desain rumah seorang pejabat atau pengusaha sukses. Pasti nilai nominalnya sangat besar. Bisa dikatakan sekali kerja mendapatkan uang yang sangat banyak.

Tidak jarang juga orang yang meminta nasehat dari seorang interior designer. Banyak orang yang sekarang mempercayakan urusan mendekorasi ulang ruangan rumah tertentu kepada seorang interior designer. Hal ini disebabkan mereka bisa mendapatkan informasi mengenai gambaran hasil dekorasi ulang nanti serta yang paling penting anggaran budget yang harus disediakan.

4. Menjual Pakaian Anak


Jika Anda sudah menjadi seorang ibu, tentu saja ada naluri keibuan. Artinya, ada perasaan bagaimana memberikan yang terbaik untuk sang buah hati.

Anda bisa memanfaatkan naluri keibuan ini dengan membuka peluang usaha rumahan menjadi seorag penjual pakaian anak. Tentunya saja dari kaca mata seorang ibu, Anda bisa memilih dan memilah pakaian seperti apa yang cocok dikenakan oleh anak.

Dan yang paling penting, calon konsumen Anda akan semakin percaya karena Anda sendiri seorang ibu. Berbeda jika pakaian anak justru dijual oleh orang yang belum memiliki anak dan tidak mengerti hal-hal tentang anak. Ini seperti seorang penjual kosmetik tapi ia sendiri tidak suka memakai kosmetik atau wajahnya terlihat kurang menarik. Bagaimana konsumen bisa percaya?

Jadi, jika Anda seorang ibu, maka tidak salah jika Anda membuka peluang usaha di rumah yang satu ini. Anda tidak harus membuat pakaian anak sendiri ya. Yang Anda harus lakukan hanya mencari produsen pakaian anak dan tugas Anda hanya marketing atau memasarkan saja.

5. Trader


Apakah Anda tahu tentang trading? Atau pernahkah Anda mendengar istilah jual beli saham, jual beli emas, atau jual beli mata uang? Pelakunya namanya trader.

Sebenarnya tidak mudah untuk menjalani bisnis rumahan yang satu ini. Hanya saja konsepnya sangat mudah. Anda beli sesuatu misalnya saham dan juga dengan selisih harga di atas harga beli. Itu saja konsepnya.

Meskipun terdengar sangat mudah, Anda perlu ikut dalam training atau kelas khusus trading. Tujuannya agar Anda tahu beberapa istilah dalam trading. Harus diketahui bawasannya banyak sekali trader yang asal-asalan dalam melakukan trading. Hasilnya, mereka tidak mendapatkan untung. Justru modal yang mereke keluarkan tidak kembali.

Itulah mengapa sangat direkomendasikan jika Anda ingin melakukan trading sebaiknya Anda mengikuti kelas khusus trading. Ada banyak sekali kelas online atau berbentuk seminar di mana seorang trader senior akan berbicara dan membagikan ilmu tentang trading.

Ada banyak hal yang harus Anda pelajari entah itu yang bersifat teknis maupun non teknis. Untuk yang bersifat teknis, mungkin sangat mudah untuk Anda kuasai. Hanya saja, untuk yang non teknis, Anda butuh jam terbang dalam trading sehingga Anda benar-benar menguasai non teknis tersebut. Harus menjadi catatan tersendiri bawasannya faktor non teknis inilah yang sering menjadi penyebab kegagalan seorang trader.

Jika Anda ingin sekali terjun di dunia trading, maka yang diperlukan hanya komputer atau laptop dan jaringan internet. Sementara itu, software untuk melakukan trading sudah disiapkan oleh pihak perusahaan broker.

Anda bisa leluasa menjalankan bisnis ini dengan memanfaatkan smartphone. Pasalnya, sekarang chart trading bisa dipantau melalui smartphone. Jadi, Anda bisa tetap beraktivitas seperti biasa entah sebagai seorang ibu rumah tangga atau menjadi pekerja kantoran. Kegiatan utama Anda tidak akan terganggu saat trading.

6. MLM Online


Salah satu jenis usaha yang paling diminati pada ibu rumah tangga atau pekerja kantoran sebagai usaha sampingan adalah bisnis MLM online.

Bisnis MLM online menjadi trend di beberapa tahun terakhir terutama sebagai usaha sampingan karena beberapa alasan sbb:

  1. Modalnya ringan, banyak sekali pilihan MLM dalam dan luar negeri masuk Indonesia dan menawarkan paket bisnis yang murah / terjangkau sehingga selalu menarik minat karena potensi incomenya bisa sangat besar jika kita bisa menjalankannya dengan baik
  2. Tidak Ribet, join di bisnis MLM online nggak perlu perijinan apapun, anda transfer & kirim data maka saat itu pula anda bisa memulai bisnis MLM online
  3. Produk Bermanfaat, banyak sekali bisnis MLM online yang memiliki produk bagus dan bermanfaat bagi kita, contoh ada produk penurun berat badan, produk pasutri, produk perawatan wajah dll
  4. Mudah dijalankan, hanya bermodalkan HP android atau Blackberry saja maka anda sudah bisa menjalankan bisnis MLM online dengan baik. Anda bisa memanfaatkan group WA atau group BB untuk mencari mitra anda
  5. Potensi Income besar, Jika kita berbicara potensi income maka MLM salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, bagaimana tidak jika sistem binary anda bisa merekrut 2 orang aktif saja maka setiap hari bisa dapat income cukup besar
  6. Satu satunya bisnis yang bisa pasif income dan bisa diwariskan, MLM online merupakan salah satu bisnis yang sangat menarik karena pasif incomenya bisa diwariskan. Jika jaringan anda berkembang maka income akan terus menerus masuk ke rekening anda

Namun semakin berkembangnya bisnis MLM online anda harus hati hati dalam memilih bisnis MLM untuk dijalani dalam waktu yang panjang.

Beberapa aspek harus anda cermati agar anda bisa menemukan bisnis MLM online yang kokoh dan memberikan pasif income sbb:

  1. Aspek Legal, legalitas bisnis MLM umumnya secara bertahap, biasanya SIUPL dan APLI menyusul beberapa waktu setelah launching, tentu anda sebagai member harus jeli sistem marketing plan yang seperti apa yang nantinya tidak ada masalah terhadap pengurusan SIUPL & APLI. Tidak sedikit yang harus rubah sistem di tengah jalan karena menyesuaikan persyaratan aspek legal tersebut
  2. Company, saat ini siapapun bisa mendirikan bisnis MLM, jadi anda harus hati hati saat memilih bisnis MLM, minimal jika company harus sudah berupa PT, sehingga akte pendirian, no rekening bank semua sudah sesuai dengan nama company bukan ke rekening pribadi
  3. Marketing Plan, cari marketing plan yang tidak berbau money game atau tidak mengikuti bisnis MLM yang berbasis investasi yang menawarkan profit harian tidak wajar
  4. Produk, Salah satu syarat utama bisnis MLM adalah produk harus bagus, unik, harga terjangkau, dan sudah memiliki testimoni. Tidak sedikit bisnis MLM produknya hanya copy paste dari MLM lain hanya ganti cover dan nama saja
  5. Team Leader, anda salah memilih upline maka bisnis MLM anda bisa dipastikan tidak akan berkembang. MLM adalah bisnis kerjasama antara upline dan downline jadi kerjasama tersebut harus memiliki visi dan misi jangka panjang
  6. Wajib belajar internet marketing, salah satu aspek kesuksesan bisnis MLM online adalah pemasaran via internet. Sudah tidak jaman lagi door to door seperti dulu, karena anda akan kehabisan bensin dan tenaga anda.
  7. Membangun komunitas dan pertemanan, sekali lagi kunci sukses di bisnis MLM adalah pertemanan, tidak sedikit leader atau member tidak mau gabung dengan orang yang belum dikenal, jadi anda harus bangun list building pertemanan sebanyak mungkin

Hal Penting Saat Mencari Peluang Usaha Rumahan


Yang penting Anda berani, berarti Anda sudah memiliki modal yang besar. Selanjutnya Anda tinggal mencari peluang usaha rumahan seperti apa yang cocok untuk Anda jalankan.

Mulailah berkenalan dengan dunia online. Di sanalah pasar atau marketing yang paling efektif. Bahkan perusahaan besar pun sudah memanfaatkan internet untuk media marketing.

Selain itu, sebaiknya Anda juga rajin untuk jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah. Lihat apakah ada yang bisa dijadikan bisnis. Banyak sekali pengusaha konvensional yang hanya memasarkan produknya melalui toko offline. Sekarang, dengan kemampuan Anda untuk memaksimalkan dunia online, Anda bisa membantu produsen tersebut untuk memperluas pasar. Anda mendapatkan untung dari selisih harga yang ditetapkan oleh produsen dengan harga jual.

Namun, yang tak kalah pentingnya lagi jika Anda ingin menjalankan bisnis rumahan apapun bentuk bisnisnya nanti, Anda harus memiliki passion di dalam bisnis tersebut. Umumnya pengusaha tidak survive dengan bisnis yang mereka jalankan karena mereka tidak memiliki passion di dalam bisnis tersebut.

Jadi, akan lebih baik jika Anda mengikuti apa passion Anda. Lalu, Anda memikirkan bagaimana passion tersebut bisa berubah mendatangkan uang. Bukan justru sebaliknya. Anda fokus mencari uang sementara passion tidak Anda dapatkan.

Sebentar lagi momen bulan Ramadhan dan Idul Fitri atau Lebaran tiba. Ini bisa menjadi momen yang sangat bagus untuk membuka sebuah usaha. Mungkin Anda ingin tahu bagaimana memanfaatkan momen Ramadhan dan Lebaran untuk menjual baju muslim. Ketahui kiat-kiat bagaimana sukses membuka peluang usaha bisnis baju muslim menjelang puasa dan lebaran.

Menjadi seorang pengusaha itu tidak mudah. Kata orang seperti itu. Hanya saja, jika patokannya belajar dan take action dan hal tersebut diulang-ulang terus, maka susahnya menjadi seorang pengusaha itu tidak akan Anda rasakan.

Temukan peluang usaha di rumah yang dijalankan oleh ibu rumah tangga maupun pekerja kantoran yang benar-benar Anda minati.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon