Selasa, 13 Oktober 2015

Tips Mudah Membuat Copywriting

CopywritingTahukah Anda ternyata tips mudah membuat copywriting itu terletak pada bagaimana memahami pola pikir targeted customers Anda? Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa baca sampai selesai seputar tips membaut copywriting berikut ini. Tentunya, tips ini akan membuat tulisan Anda mampu membuat siapapun susah menolak apapun produk yang Anda tawarkan. Bukankah itu inti dari copywriting?

Sebelum masuk ke persoalan inti, Anda harus tahu ternyata seorang copywriter itu harus mendalami psikologi manusia. Begitu juga dengan Anda jika ingin menjadi seorang marketer yang handal. Lalu, apakah hal itu berarti Anda harus membeli buku tentang psikologi manusia? Jawabannya tentu tidak perlu. Mungkin Anda perlu baca-baca tentang psikologi tapi tidak perlu tahu persis, apalagi sampai mengenai istilah-istilah di dalam dunia psikologi.

Setidaknya, ada beberapa poin penting yang berkaitan dengan psikologi manusia ketika Anda menuliskan copywriting. Poin-poin tersebut merupakan tips mudah membuat copywriting yang ampuh, yaitu copywriting yang tidak hanya berupa tulisan biasa, namun tulisan yang membius calon pelanggan Anda dan membuat mereka akhir membeli produk yang Anda tawarkan. Apa saja poin penting atau tips tersebut?

Tentukan Targeted Customers Anda

Namanya juga jualan, pasti ingin semakin banyak orang yang tertarik dan semakin banyak yang membeli produk yang Anda jual. Logikanya, Anda harus mampu membuat banyak orang tertarik.

Ternyata, rumusnya tidak begitu. Daripada menargetkan segemen pasar yang terlalu luas, Anda sebaiknya menentukan targeted customers yang jelas. Seperti contoh, jika Anda menjual produk pelangsing tubuh, tentu saja target pelanggannya adalah orang yang gemuk atau overweight. Namun, pikirkan kembali jika memang itu yang akan Anda lakukan.

Lalu pertimbangkan dengan yang satu ini, yaitu menargetkan para perempuan muda, pekerja atau mahasiswi, dan yang tinggal di area perkotaan. Tentu saja dengan menargetkan pelangan dengan kategori seperti ini, maka tulisan atau copywriting Anda akan berbeda dibandingkan dengan jika Anda menargetkan semua orang yang memiliki masalah kegemukan.

Jangan khawatir, Dengan hanya menfokuskan pada target pelanggan yang lebih spesifik, bukan berarti nanti penjualan produk akan menurun. Jika Anda menargetkan konsumen secara luas (seperti menargetkan semua orang yang mengalami masalah kelebihan berat badan), hasilnya justru tidak jelas.

Nobody Cares about You, They Care About Themselves

Tips mudah membuat copywriting yang satu ini super penting. Nobody Cares about You, They Care About Themselves. Ini basic psychology dalam marketing. Logikanya begini. Bayangkan jika Anda adalah seseorang yang membutuhkan jasa persewaan tenda untuk pernikahan yang murah. Apa yang Anda cari? Tentu harga yang murah dengan fasilitas yang lengkap, bukan? Karena namanya wedding, pasti Anda repot dan Anda tidak ingin semakin repot dengan memikirkan makanan yang disajika atau dekorasi seperti untuk acara wedding nanti. Untuk itu, sekali harga, Anda juga cari jasa yang bisa memberikan layanan ful service mulai dari tenda sampai jamuan.

Dengan memahami psikologi pelanggan Anda, maka Anda bisa memulai menuliskan copywriting. Pastikan mereka mendapatkan value sesuai yang mereka inginkan. Jangan terlalu berbelit-belit dengan hal-hal yang mereka tidak inginkan seperti siapa Anda, bagaimana perusahaan Anda. Langsung to the point sehingga calon pelanggan bisa langsung menilai apakah Anda bisa memberikan apa yang mereka inginkan atau tidak.

Gunakan Bahasa yang Tepat

Anda memang orang Indonesia yang sudah mengenyam pendidikan. Mungkin Anda juara dalam hal membuat artikel bahasa Indonesia sesuai dengan EYD (ejaan yang disesuaikan). Namun, lupakan apa yang sudah Anda pelajari selama sekolah SD sampai SMA, dan bahkan kuliah, jika target konsumen Anda adalah anak-anak alay.

Bayangkan Anda jualan kosmetik di mana target konsumennya sudah Anda tentukan, yaitu para ABG. Tentu bahasanya harus Anda sesuaikan dengan bahasa yang mereka gunakan, bukan? Aneh jika Anda menuliskan artikel promosi seperti bahasa yang Anda gunakan waktu menulis skripsi. Pasti kaku dan tidak menarik. Apalagi jika ditambahkan dengan menggunakan penelitian ilmiah dengan bahasa latin yang targeted customers Anda tidak paham. Artikel akan membosankan sekali untuk dibaca. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan bahasa copywriting sesuai dengan bahasa targeted customers. Bahkan, lebih ekstrim lagi, Anda boleh juga melupakan EYD.

Dari ketiga tips mudah membuat copywriting tersebut di atas, terdapat kesamaan, yaitu penulisan copywriting dari sudut pandang calon pelanggan. Oleh karena itu, penting sekali seorang copywriter harus memahami ilmu psikologi. Akan tetapi, sekali lagi bukan berarti copywriter harus tahu persis tentang psikologi. Anda pun bisa membuat copywriting yang jitu dan manjur denga hanya menerapkan tips tersebut di atas.

Copywriting ini sangat penting bagi para marketer. Karena sehebat apapun Anda dalam membuat sebuah produk atau sekeren apapun ilmu SEO (search engine optimization) untuk mendatangkan traffic, semua itu hanya akan mendatangkan pengunjung saja, tapi angka salesnya nol besar. Jadi, silakan Anda praktekkan tips mudah membuat copywriting tersebut di atas dan lihat hasilnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon