Senin, 12 Oktober 2015

Teknik Melakukan Closing Penjualan

closing-jualanBanyak orang yang mati-matian belajar tentang membangun bisnis online tapi ujung-ujungnya hanya kegagalan lantara mereka tidak tahu teknik melakukan closing penjualan. Teknik closing penjualan merupakan kunci keberhasilan sebuah bisnis. Sedahsyat apapun ilmu Anda untuk mendapatkan traffic, mulai optimasi SEO dengan jurus paling sakti sekalipun sampai memborong tool yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan targeted customers, hal tersebut hanya akan membuat Anda terlalu mengeluarkan banyak energi. Dan yang tak kalah menyedihkan, Anda kehilangan waktu.

Anda mungkin satu dari sebagian besar pebisnis online yang lebih sering mendapatkan penolakan dari calon konsumen. Banyak alasan yang bisa diutarakan pada calon pembeli yang akhirnya tidak membeli produk yang Anda tawarkan, seperti hal yang terlampau mahal, sedang tidak membutuhkan barang tersebut, terlanjur beli di toko online lain, dan lain sebagainya. Apapun itu alasannya, mereka tidak jadi beli produk Anda. Artinya, Anda gagal melakukan closing penjualan.

Maka dari itu, belajar teknik untuk mendapatkan traffic itu yang sederhana saja. Jangan sampai waktu Anda habis untuk belajar mendatangkan traffic, sementara Anda tidak tahu cara melakukan closing. Teknik melakukan closing penjualan berikut sangat mudah untuk dipraktekkan bagi pemula sekalipun. Namun, jangan menganggap teknik berikut ini sepele.

Jelaskan Kelebihan Produk Anda

Sebenarnya, teknik closing ini erat kaitannya dengan teknik copywriting. Anda harus bisa membuat pengunjung toko online Anda terbuai dengan kata-kata yang Anda buat sehingga memutuskan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Dalam copywriting, penting sekali menentukan pilihan kata yang tepat. Perhatikan juga targeted customers Anda. Sesuaikan bahasanya dengan calon pelanggan Anda.

Akan tetapi, yang tak kalah penting lagi adalah menjelaskan kelebihan dari produk Anda. Tentu bukan Anda saja yang memiliki ide bisnis yang sama. Untuk itu, Anda harus mampu memberikan penjelasan apa saja kelebihan produk Anda.

Dalam hal ini, kelebihan yang harus Anda tonjolkan merupakan kelebihan yang tidak normatif, artinya kelebihan yang tidak dimiliki produk yang dijual orang lain. Anda bisa memulai mencari tahu kelemahan produk sejenis yang dijual orang lain dan kemudian Anda bisa menonjolkan bahwa produk Anda tidak kebanyakan dari produk lain. Terlepas dari hal tersebut, pastikan Anda tidak membual. Katakan sejujurnya apa yang bisa keunggulan dari produk Anda. Jangan mengada-ada.

Buat Mereka Percaya kepada Anda

Teknik melakukan closing penjualan yang satu ini sangatlah penting. Ada rumus penting dalam teknik melakukan closing penjual. Orang tahu, kenal, dan percaya. Dalam hal ini, kebanyakan pebisnis online hanya mampu melakukan dua hal paling awal. Orang tahu dan orang kenal saja. Mengoptimasi toko online agar mendapatkan banyak pengunjung hanya menjadikan banyak orang tahu dan kenal saja, tapi belum tentu mereka percaya dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan.

Lalu, bagaimana membuat orang percaya? Tentu saja banyak hal yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memberikan produk free trial selama jangka waktu tertentu, memberikan garansi orang kembali 100% jika pelanggan tidak puas, atau memberikan full service paska pembelian. Tergantung produk apa yang Anda jual.

Memberikan discount saja cukup untuk membuat orang percaya, apalagi orang tersebut belum pernah berbisnis dengan Anda. Orang akan percaya jika Anda memberikan layanan yang berkelanjutan sehingga orang tersebut tidak menganggap Anda hanya menipu saja.

Berikan Alasan Kenapa Harus Membeli Sekarang

Kenapa banyak orang memburu produk property? Ternyata alasannya hampir sama. Mereka tahu harga property semakin hari semakin mahal. Tanpa menjelaskan hal tersebut, dalam hal ini masyarakat sudah tahu.

Ini juga yang bisa Anda terapkan. Apapun produk yang Anda jual, Anda harus mamu meyakinkan kepada calon pembeli kenapa mereka harus membeli produk tersebut sekarang. Seperti contoh, Anda bisa mengatakan bahwa produk ini akan dijual dengan harga yang lebih mahal di bulan depan atau proses memproduksi barang tersebut akan dihentikan jika sudah mencapai target penjualan. Anda juga bisa memberikan bonus jika ada yang membeli pada periode tertentu.

Tentu Anda bisa berkreasi dan berinovasi sendiri tentang bagaimana membuat calon konsumen tidak perlu berpikir lama untuk membeli produk Anda.

Itulah teknik melakukan closing penjualan yang bisa Anda praktekkan. Satu hal yang pasti. Karena toko online itu berbasis content, maka Anda harus memanfaatkan content sebagai media untuk meyakinkan konsumen. Content bisa artikel (tulisan) atau video. Jika Anda mengandalkan artikel, pastikan Anda mengusai copywriting. Atau jika perlu, Anda bisa menyewa jasa penulis artikel yang menguasai teknik copywriting. Jika Anda mengandalkan video, pastikan video Anda buat semenarik mungkin.

Jadi, apa yang perlu Anda lakukan dalam berbisnis online? Masih percaya optimasi website itu kunci utama kesuksesan sebuah bisnis online? Ternyata tidak. Teknik melakukan closing penjualan itu inti dari semua yang Anda lakukan dalam membangun sebuah bisnis online.

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon