Minggu, 11 Oktober 2015

Rahasia Jualan Laris di Internet

rahasia-jualan-laris-di-internetBanyak sekali rahasia jualan laris di internet seperti menerapkan SEO dan promosi di marketplace yang tepat. Akan tetapi, tidak banyak yang membahas faktor psikologis dari sisi pembeli. Padahal, intinya adalah jualan. Bagaimana barang yang Anda tawarkan bisa diminati dan akhirnya dibeli oleh pembeli. Bukan begitu? Oleh karena itu, mengetahui psikologis pembeli sangatlah penting agar apa yang Anda lakukan, mulai dari membangun toko online, mengoptimasi SEO, dan melakukan promosi melalui media sosial tidaklah sia-sia belaka.

Sebagaian besar review tentang cara jualan laris di Internet menjelaskan bagaimana membangun sebuah toko online yang menarik dan terpercaya dan bagaimana membuat toko online tersebut berada di halaman atas mesin pencari seperti Google. Yang harus Anda garisbawahi adalah bahwa cara tersebut hanya secara teknis saja agar toko online banyak pengunjung.

Namun, berapa banyak pengunjung yang bisa Anda konversi menjadi pembeli? Ini intinya, yaitu konversi pengunjung menjadi pembeli. Untuk meningkatkan konversi tersebut, sangat penting mengetahui psikologis pembeli, bagaimana orang bisa akhirnya memutuskan untuk membeli, tidak hanya berkunjung dan melihat-lihat barang yang Anda display di toko online Anda.

Berikut ini bukanlah hal-hal normatif yang biasa ditemukan jika Anda mengetik kata kunci seperti “cara jualan online laris manis”, “meningkatkan pendapatan melalui bisnis online”, atau kata kunci sejenis yang Anda masukkan di kotak search engine. Lebih dari itu, fakta berikut ini berdasarkan penelitian ilmiah. Jadi, tidak salah jika Anda mempraktekkannya.

Perhatikan Penempatan Gambar Produk

Terdengar tidak masuk akal memang, tapi benar adanya bahwa penempatan gambar suatu produk menentukan seberapa besar tingkat konversi penjualannya. Anda tidak percaya? Berikut ulasannya.

Bayangkan saja ada sebuat toko baju offline (bukan online) yang menjual berbagai macam baju dengan berbagai model dan warna. Bisa jadi toko tersebut sangat besar dan memiliki lebih dari satu lantai.

Para pengunjung mungkin memerlukan waktu satu jam atau lebih untuk melihat-lihat serta mencoba mana pakaian yang akan mereka beli. Lalu, tahukah Anda ternyata kebanyakan calon pembeli itu akhirnya memutuskan untuk membeli pakaian yang pertama kali ia coba?

Dalam dunia psikologi, itu namanya “efek primacy.” Ini merupakan prilaku otak yang cenderung membuat suatu keputusan bahwa yang pertama itu yang terbaik. Dalam kasus pembeli yang mencari pakaian di sebuah toko tersebut di atas, pembeli mungkin sudah mencoba berbagai pakaian dengan model yang berbeda. Akan tetapi, kebanyakan para pembeli justru akan memutuskan untuk membeli pakaian yang pertama kali mereka lihat dan pertama kali mereka coba.

Trik ini juga bisa diterapkan di dalam bisnis online Anda. Itulah mengapa penting sekali menempatkan gambar suatu barang di halaman toko online. Pastikan, halaman utama atau cover photo toko online Anda berupa barang yang sangat ingin Anda jual dan ada kemungkinan banyak orang yang akan tertarik.

Kalaupun Anda memajang lebih dari tiga produk, pastikan produk yang berada di bagian paling kiri merupakan produk yang sangat menguntungkan untuk dijual. Pasalnya, menurut Alexander Felfernig dari Austria, konsumen cenderung memilih produk yang berada di urutan pertama dari kiri. Jadi, Anda perlu perhatikan penempatan gambar produk yang Anda ingin jual.

Be a Professional

Apakah Anda tahu kenapa seorang Ade Rai sekarang menjadi binaragawan yang sangat kaya? Itu karena ia menjalankan bisnis berupa tempat fitness dan membuka kelas bimbingan fitness. Kemungkinan besar seorang Ade Rai tidak sekaya sekarang jika ia justru terjun di bidang jual beli pakaian, sepatu, atau desain website.

Background nya sebagai seorang binaragawan membuat banyak orang tidak perlu bertanya lagi apakah dengan mengikuti bimbingan fitness benar-benar akan membuat mereka berotot dan memiliki postur tubuh proporsional. Pasalnya, Ade Rai sudah membuktikan sendiri dan memiliki pengalaman sendiri bagaimana membentuk otot sehingga ia memiliki tubuh yang kekar seperti sekarang.

Be a professional. Jika Anda berbisnis sesuai dengan apa yang Anda kuasai, niscaya akan semakin banyak orang yang percaya bahwa barang atau jasa yang Anda tawarkan itu tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Orang tidak akan lagi ragu karena Anda tahu persis tentang barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan supaya calon konsumen tahu bahwa Anda benar-benar tahu tentang apa yang Anda tawarkan. Seperti contoh, Anda bisa membuat content, entah artikel atau video yang menjelaskan tentang apa yang Anda jual. Dengan membaca artikel atau melihat video Anda tersebut, orang akan mulai menilai benarkah Anda tahu betul tentang barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai rahasia jualan laris di Internet dengan memanfaatkan faktor psikologis pembeli. Silakan coba dan lihat hasilnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon