Minggu, 28 Desember 2014

Tips Memulai Usaha Rental Mobil

rental-mobilMemulai bisnis rental mobil haruslah dengan pertimbangan yang matang. Anda harus melihat situasi dan kondisi pasar, dan juga berapa besar modal yang akan anda keluarkan. Anda perlu memperhitungkan modal untuk membeli mobil, biaya iklan, biaya perawatan, dan lain-lain. Butuh perkiraan yang matang dalam hal ini, karena tentunya anda tidak ingin di tengah jalan bisnis anda mundur dan bangkrut karena masalah keuangan.

Setelah memperhitungkan dan mempersiapkan modal bisnis anda, untuk memulai bisnis rental mobil ini anda harus mempertimbangkan armada apa yang akan anda pergunakan. Anda perlu melihat dan mengamati mobil apa yang biasanya sering disewa oleh konsumen. Beberapa orang biasanya menyewa mobil karena mereka tidak mempunyai mobil untuk keperluan bepergian jauh. Dan seringnya mereka para penyewa mobil ini adalah rombongan. Jadi mereka akan lebih memilih untuk menyewa mobil yang berkapasitas besar seperti mobil model Elf, MPV atau SUV.

Untuk mobil yang anda pilih, paling tidak anda mencari mobil yang biaya operasionalnya rendah. Mobil yang biaya perawatannya kecil, mempunyai sparepart yang mudah dicari dan yang relative terjangkau. Kalau anda mempunyai kenalan bengkel yang anda percaya, hal ini dapat menguntungkan anda. Bekerjasamalah dengan bengkel tersebut dalam hal perawatan mobil dan perbaikan mobil kalau sewaktu-waktu mobil anda mengalami masalah.

Salah satu kendala dalam bisnis rental mobil ini adalah kerusakan pada armada anda. Oleh karena itu, perawatan rutin terhadap armada anda sangatlah penting. Kemudian kerusakan mobil yang ditimbulkan oleh penyewa, anda juga harus mempersiapkan solusi untuk masalah satu ini. Oleh karena itu, anda kami sarankan untuk menggunakan jasa asuransi. Sehingga masalah anda terhadap kerusakan mobil bisa sedikti terbantu oleh jasa asuransi.

Memulai bisnis rental mobil ini haruslah mendapatkan ijin dari pihak yang berwewenang. Agar mempunyai legalitas hokum yang kuat. Apalagi resiko penyewaan mobil ini yang mempunyai resiko yang tinggi seperti kehilangan mobil anda. Seringkali kendala yang satu ini menimpa pengusaha rental mobil. Jadi anda perlu lebih waspada terhadap orang yang hendak menyewa mobil anda. Anda perlu meminta penyewa menunjukkan Kartu Tanda Pengenal dan lisensi mengemudi dari penyewa mobil. Selain itu, usahakan penyewa memberikan jaminan seperti motor lengkap dengan STNKnya. Kalau bisa, STNK itu berates namakan orang yang menyewa mobil anda. anda juga bisa memanfaatkan kemajuan tehnologi saat ini, yaitu memanfaatkan alat pelacak. Anda bisa membeli alat pelacak dan memasangnya pada mobi rental anda. Jadi kemanapun perginya mobil anda, anda bisa tahu.

Namun apabila penyewa ini membutuhkan sopir dari anda, ini akan lebih mudah dan aman. Karena terhindar resiko kehilangan dan penipuan dari penyewa. Tentunya anda mempersiapkan sopir yang sudah anda kenal dengan baik.

Lokasi anda berbisnis juga harus anda perhatikan lebih lanjut. Dengan strategisnya lokasi anda berbisnis, akan mempermudah sistem pengiklanan anda. Memulai bisnis rental mobil ini terkesan mudah untuk dijalankan bukan?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon