Kamis, 27 November 2014

Peluang Usaha Budidaya Ikan Koi

ikan-koiPeluang bisnis ikan koi bisa menjadi sebuah bisnis rumahan yang menguntungkan bagi para pecinta ikan. Disamping hobi memelihara ikan anda terealisasikan, bisa juga menghasilkan untung untuk anda sendiri, baik sebagai bisnis utama maupun sebagai bisnis sampingan dari pekerjaan utama anda. Karena bisnis ini bisa dibilang tidak menyita banyak waktu anda.

Peminat dari ikan koi ini juga lumayan banyak dan didominasi oleh kalangan menengah keatas. Karena ikan ini mereka butuhkan untuk memperindah rumah mereka. Ikan yang masih punya garis kekerabatan dengan ikan emas ini mempunyai corak warna yang indah, hal ini menjadi ketertarikan tersendiri bagi mereka para pecinta ikan koi. Kolaborasi warna dari ikan ini juga sangat indah. Ikan koi ini juga dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya dan yang membudidayakannya.

Modal yang dibutuhkan memang bisa sangat banyak. Karena anda harus mencari bibit ikan unggulan untuk anda. Walaupun sekali bertelur, ikan ini bisa menghasilkan ribuan telur, terkadang bibit yang berkualitas bagus hanya segelintir saja. Semakin bagus bibit ikan koi ini, akan semakin mahal pula harganya. Harga bibit ikan koi perekornya bisa mencapai 6 juta rupiah. Ada juga yang harganya dibawah itu, karena tingkat variasi dan kualitas yang membedakan harganya. Ada juga yang harga perekornya 100 ribuan rupiah.

Peluang bisnis ikan koi ini memang terkesan menguntungkan dengan dilihat dari peminatnya yang dari kalangan menengah keatas. Tentu mereka bisa memberikan anda pundi-pundi rupiah yang cukup besar. Bila dibandingkan dengan ikan yang untuk konsumsi, permintaan ikan hias ini tidaklah kalah. Walupun dengan harga yang meroket tinggi, permintaan terhadap ikan ini masih saja banyak. Baik dalam penjualan dalam negeri maupun permintaan untuk luar negeri.

Pembudidayaan ikan hias jenis koi ini tidaklah terlau rumit, dan hampir sama dengan pembudidayaan ikan hias lainnya seperti ikan emas. Persiapan awal dari pembudidayaan ikan ini tentu saja persiapkan modal anda terlebih dahulu. Anda harus bisa memperkirakan seberapa besar uang yang akan anda habiskan. Mulai dari perkiraan membeli bibit ikan koi ini, biaya pembuatan kolamnya, sampai biaya pemeliharaannya.

Peluang bisnis ikan koi ini pun mengalami kendala seiring dengan waktu, diantaranya:

Penyakit Balon Gas

Keadaan ini sering muncul disaat sedang terjadi musim kemarau sehingga suhu air dalam kolam akan menigkat. Cara pencegahannya adalah dengan memberikan tempat teduh dan sering menambahkan air kedalam kolam ikan.

Jamur

Penyakit ini muncul disaat kolam keruh dan kurang bersih. Sehingga akan mudah menimbulkan jamur pada ikan koi anda. Apalagi saat ikan koi anda dalam keadaan terluka. Cara pengobatan ikan koi yang terserang jamur yaitu dengan larutan garam dapur (NaCl) dengan konsentrasi 2-2,5 % dengan pencelupan. Kemudian untuk ikan koi yang luka dan terinfeksi, bisa dengan cara mengoleskan obat merah pada ikan koi tersebut.

Kutu air dan white spot

Kutu air ini biasanya akan menempel pada ikan koi anda, sperti halnya white spot. Keadaan ini biasanya terjadi saat kolam menjadi keruh dan kotor. Cara penanggulangannya adalah dengan perendaman larutan garam seperti jamur yang menempel pada ikan.

Semua bisnis akan mengalami kendala cepat atau lambat. Tergantung ketekunan anda untuk menghadapi dan menanggulangi masalah yang timbul. Peluang bisnis ikan koi ini pun tidak luput dari kendala-kendala bisnis, untuk itu jangan lah menyerah dan tetap fokus pada bisnis anda dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon