Minggu, 23 November 2014

Peluang Bisnis Budidaya Jahe

budidaya-jahePeluang bisnis jahe mempunyai banyak keuntungan untuk pribadi dan keluarga. Sebagai tanaman obat atau apotek hidup, jahe ini bisa anda pergunakan sendiri. Anda juga bisa menjual jahe ini ke konsumen kalau anda menanamnya dalam jumlah besar tentunya.

Jahe yang ditanam dalam jumlah kecil di pekarangan rumah bisa sebagai alat pendidik anda untuk anak anda. Ajarkan anak anda untuk menggemari kegiatan tanam menanam ini. Peluang bisnis jahe ini selain sebagai apotek hidup, cara ini juga bisa menumbuhkan keinginan anak anda untuk senang melestarikan lingkungan hidup.

Jahe ini bisa dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk dan warnanya, yaitu:

Jahe putih

Jahe ini juga biasa disebut sebagai jahe gajah. Disebut jahe gajah karena rimpangnya yang lebih besar dan lebih gemuk dari jahe jenis lainnya. Jahe jenis ini bisa dinikmati baik saat berumur muda maupun saat sudah tua. Sering juga jahe gajah ini diproduksi dan diolah lebih dahulu sebelum dinikmati atau dijual ke konsumen.

Jahe Sunti

Jahe ini warnanya hampir sama dengan dengan jahe gajah. Yang membedakan dari jahe gajah adalah ruasnya yang lebih kecil dan agak rata. Kalau jahe gajah dikonsumsi di semua umur, jahe sunti ini hanya bisa dikonsumsi saat usianya sudah tua. Yang membedakannya lagi dari jahe gajah adalah kandungan minyak astirinya jahe sunti ini lebih tinggi. Sehingga rasa dari jahe ini menjadi lebih pedas dari jahe gajah.

Jahe Merah

Jahe ini berwarna merah dan lebih kecil dari kedua jenis jahe di atas. Jahe ini dikonsumsi juga saat sudah tua usianya. Kandungan minyak astirinya juga hampir sama tinggi dengan jahe sunti, sehingga jahe yang satu ini sangat cocok untuk pengobatan.

Peluang bisnis jahe ini bisa menjadi alternatif bisnis lainnya. Selain pemasarannya yang tidak terlalu rumit, jahe ini juga bisa dijual dalam segala kondisi. Penjualan dalam kondisi basah, biasanya bisa anda jual ke daerah sekeliling anda atau di pasar. Sebelum dijual, jahe ini perlu anda bersihkan lebih dahulu dan baru bis anda tawarkan ke konsumen. Lakukan lah pembersihan pada jahe yang baru anda panen. Bersihkan jahe dari tanah, tanaman yang menempel ataupun gulma. Kemudian bersihkan dan cuci dengan air bersih. Kalau bisa jangan bersihkan dengan air sungai. Karena kemungkinan besar air sungai sudah tercemar dengan berbagai kotoran. Biasanya konsumen pun ada yang minat dengan kondisi masih basah.

Untuk warung-warung makan atau warung pinggiran, biasanya adalah konsumen utama dari tanaman jahe. Biasanya mereka menjual jahe ini dalam bentuk minuman hangat penghilang rasa dingi atau sebagai obat masuk angin. Jadi tidaklah terlalu sulit pemasaran dari tanaman ini.

Kemudian peluang bisnis jahe anda ini bisa juga menyebar lebih luas ke daerah yang jauh. Namun biasanya jahe ini dijual dalam bentuk olahan kering. Setelah proses pembersiha, iris-iris jahe menjadi beberapa potongan kecil. Jemur jahe-jahe ini atau masukkan ke dalam oven agar menjadi kering. Setelah kering anda baru mengemasinya dan menjualnya.

Bisnis yang cukup menguntungkan bukan? Dengan system yang tidak terlalu rumit dan mempunyai pangsda pasar yang luas. Bisa dijual dalam kondisi kering dan basah, peluang bisnis jahe ini menjadi opsi yang bagus untuk anda.

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon