Kamis, 02 Oktober 2014

Tips Memulai Usaha dirumah Sampai Sukses

memulai-bisnis-onlineAnda bingung ingin merintis usaha apa di rumah? Tentu ada cukup banyak jenis peluang usaha di rumah baik sebagai usaha sampingan ataupun bukan usaha sampingan. Meski jumlah peluangnya cukup banyak, tidak semua orang sukses menjalankannya. Ada beberapa faktor gagalnya seseorang dalam menjalankan usaha rumahanya. Salah satunya adalah karena usaha rumahan tidak sesuai dengan pangsa pasar. Nah, agar anda tak gagal dalam merintis bisnis/ usaha rumahan, berikut terdapat beberapa tips memulai usaha  di rumah.

Menentukan jenis bisnis

Tips memulai usaha di rumah yang pertama adalah dengan menentukan jenis usaha/ bisnis yang akan dirintis. Memang bukan sesuatu yang mudah untuk menentukan jenis usaha di rumah. Apalagi jika anda begitu terobsesi untuk mendapatkan keuntungan besar dari bisnis anda ini. Sekedar referensi, terdapat beberapa contoh usaha yang sangat cocok untuk dijalankan di rumah. Namun yang jelas, ketika akan menentukan jenis usaha yang akan dijalankan, sebaiknya pilih jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan dan hobi anda. Sebaiknya pula hindari meniru jenis bisnis yang sudah ada karena pastinya  sudah banyak calon konsumen yang mengetahuinya. Tujuan lainnya dari tidak meniru bisnis orang lain adalah belum tentu bisnis anda ini sesuai dengan kemampuan dan keahlian anda.

Sesuikan jenis bisnis dengan hobi

Tips memulaj usaha di rumah yang kedua adalah memilih jenis bisnis yang sesuai dengan kegemaran atau hobi anda. Anda pastinya tahu bahwa segala sesuatunya yang dikerjakan atas nama hobi pastinya akan berakhir dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya anda memulai bisnis rumahan anda sesuai dengan hobi atau kegemaran anda. sebagai contoh, hobi anda adalah memasak. Jenis bisnis yang cocok untuk anda adalah bisnis di bidang kuliner seperti bisnis catering, dan lain sebagainya.

Sesuaikan produk/ jasa dengan tren

Tips yang ketiga adalah jangan lupa sesuaikan jenis bisnis anda dengan komoditi yang sedang tren saat ini.  Amati trend yang sedang popular dan disukai oleh banyak orang. Contohnya bisnis kos-kosan dengan bangunan kos berdesain gambar-gambar yang unik, bisnis sepatu dengan desain dan gambar yang unik dan lucu, dan jenis bisnis lainnya yang sekiranya dapat menarik minat masyarakat.

Tips yang keempat, buatlah perencanaan yang matang. Perencanaan bisnis meliputi sumber dan seberapa besar modal bisnis anda, siapa yang kelak akan membantu bisnis anda, dan strategi serta marketing seperti apa yang hendak anda jalankan.

Tips yang kelima, segera aplikasikan rencana bisnis anda yang sudah matang ini. Jika segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan baik, jangan ragu untuk segera mewujudkannya. Anda juga harus yakin bahwa bisnis yang anda jalankan ini memiliki peluang yang baik  dan yang pasti akan membuahkan keuntungan besar bagi anda. janganlah anda membayangkan kegagalan di awal anda akan memulai bisnis karena plkiran seperti itu hanya akan menghambat jalannya bisnis anda.

Ciptakan ruang kerja yang nyaman di rumah

Tips keenam, ciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman. Meskipun anda bekerja di rumah, anda tetap membutuhkan ruang kerja yang nyaman. Ruang kerja anda ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengecek daftar penjualan dan pembelian komoditi bisnis anda, mengecek bon-bon, membuat anggaran pengeluaran, menghitung pemasukan, dll. Ruang kerja di rumah bisa ditempatkan pada satu ruangan bersamaan dengan kamar tidur, ruang keluarga, atau juga bisa pada ruangan tersendiri.

Manejemen waktu

Terakhir, jangan lupa untuk atur waktu bekerja anda. kunci sukses anda dalam menjalankan bisnis rumahan adalah anda dapat mengatur waktu antara bekerja di rumah dan aktivitas sehari-hari lainnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon