Selasa, 07 Oktober 2014

Tips Memulai Bisnis Online di Internet

bisnis-online-di-internetBisnis di Internet atau lebih familiar dengan istilah bisnis online memang belakangan ini sangat popular karena memang didukung oleh fasilitas teknologi internet dan kecanggihan produk-produk elektronik seperti gadget. Bisnis online sendiri merupakan jenis bisnis yang segala sesuatunya dijalankan secara online mulai dari promosi/ pemasaran produk/ jasa, transaksi jual-beli, pembayaran, hingga distribusi produk/ jasa. Sekilas memang simpel dan terlihat sangat mudah untuk dijalankan, baik dari pihak penjual/ penyedia jasa maupun pihak konsumen. Namun sebenarnya pihak penjual/ penyedia jasa jauh lebih rumit ketika baru akan memulai bisnis online-nya seperti misalnya bagaimana cara memasarkan produk/ jasa secara online, bagaimana cara menjalin komunikasi dengan para pelanggan, bagaimana cara membuat SEO, dll.  Nah, bagi anda yang berminat untuk merintis sebuah bisnis online, berikut terdapat beberapa tips memulai bisnis online.

Fokus

Tips yang pertama ketika akan memulai bisnis di Internet adalah anda harus fokus. Anda sebaiknya fokus pada satu bidang saja terlebih dahulu dengan tujuan agar konsentrasi anda tidak terpecah oleh hal-hal lainnya. Jika anda sudah fokus, baru kemudian anda pilih bisnis online yang kiranya menghasilkan keuntungan yang besar untuk anda. Tips yang kedua, pilihlah produk yang sekiranya laris manis oleh para konsumen. Anda tidak harus menjual produk yang berisfat digital (digital product) seperti software, ebook, tools, dll hanya karena bisnis yang anda jalankan berupa bisnis online. Anda juga bisa mempromosikan dan menjual produk fisik seperti  makanan, snack, pakaian, buku, mainana untuk anak-anak, dan lain sebagainya. Nah, agar produk anda mudah dikenali oleh para calon konsumen, jualah produk yang benar-benar anda ketahui seluk beluknya. Jadi ketika seorang konsumen menanyakan produk anda secara detail, anda dapat menanganinya dengan baik. mempelajari sebuah produk memmbutuhkan proses dan waktu yang lama sehingga sangat penting bagi anda untuk segera dapat menguasai produk knowledge dengan baik.

Buat lapak bisnis online

Tips kedua untuk memulai bisnis di internet adalah membuat lapak bisnis online. Lapak untuk bisnis online tentunya berbeda dengan lapak bisnis offline. Lapak yang digunakan untuk menggelar barang dagangan produk online bisa berupa website ataupun situs-situs marketplace. Akan jauh lebih baik lagi jika anda menggunakan hosting atau domain berbayar sendiri. Namun sebagian besar pemula memanfaatkan website-website gratis sebagai lapak dagangannya. Website-website gratis ini diibaratkan sebagai toko tempat berjualan produk/ jasa anda melalui dunia maya. Jadi kesimpulannya jika anda tidak mempunyai lapak, sama saja anda tidak memiliki toko untuk berjualan.

Strategi pemasaran yang tepat

Tips ketiga, lakukan pemasaran. Tahap awal untuk merintis bisnis online adalah anda harus fokus berjualan. Jangan lupa untuk sisihkan biaya/ anggaran untuk belanja produk anda. kegiatan pemasaran online bisa menggunakan sistem Optimasi SEO atau juga bisa memanfaatkan sosial media. Contoh sosial media yang menyediakan aplikasi khusus untuk berjualan online adalah FB Ads. Pada intinya anda menggunakan jaringan internet sebagai media untuk mempromosikan produk/ jasa yang anda tawarkan pada para pengguna internet yang tak lain adalah para calon konsumen anda.

Ciptakan asset

Tips yang terakhir, membangun asset untuk masa depan anda. Tujuan membangun asset pada awal masa perintisan bisnis anda adalah untuk dijadikan jaminan masa depan anda dan keluarga anda. terdapat dua jenis asset dalam dunia bisnis online, yaitu asset intangible dan asset tangible. Semoga informasi seputar tips memulai bisnis online ini bermanfaat untuk anda para pembaca.

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon