Selasa, 09 September 2014

5 Tips Memulai Usaha dirumah

membuka-usaha-dirumahBagaimana tips memulai usaha di rumah? Memiliki usaha sendiri di rumah sebetulnya cukup seru dan mengasyikan. Mengapa demikian? Contoh jelasnya terlihat dari kemudahan manajemen atau pengaturan waktu. Dengan membuka usaha sendiri di rumah, waktu bisa diatur sendiri secara lebih bebas. Belum lagi kemudahan-kemudahan yang lain. Sayangnya tidak sedikit orang merasakan kendala susahnya untuk memulai usaha sendiri di rumah. Beberapa kendala yang sering muncul diantaranya yaitu kebingungan cara memulai, keterbatasan modal, belum memiliki pasar sasaran, kurang keahlian khusus, tempat produksi kurang yang strategis, dan masih banyak lagi. Beberapa kendala tersebut pun semakin memberatkan upaya untuk melangkah. Perlu diketahui, untuk memulai usaha sendiri di rumah sebenarnya hanya perlu konsen pada 5 utama berikut ini:


  1. Minat, Keahlian, Kebutuhan


Sesuaikan dengan minat, keahlian, dan kebutuhan. Minat dan keahlian pun menjadi yang pertama, sementara uang akan mengikuti kemudian. Temukan minat dan keahlian dasar Anda lalu gunakan sebagai bekal memulai usaha kecil-kecilan di rumah. Misal Anda memiliki minat pada jualan atau bisnis di internet bisa juga dicoba. Adapun bila minat dan keahlian Anda ternyata sesuai dengan kebutuhan diri sendiri dan orang banyak itu menjadi salah satu jalan kemudahan tersendiri.

  1. Tentukan Pangsa Pasar


Pada awalnya mungkin Anda akan bingung dengan pangsa pasar untuk bisnis yang dijalankan. Namun, sebetulnya masalah ini tidak perlu dikhawatikan bila Anda paham benar mengenai prospek usaha Anda. Kenali benar siapa saja sasaran terbaik dari usaha Anda. Mulailah dari lingkungan sekitar Anda. Bila ingin jangkauan pasar yang lebih luas bisa juga Anda memanfaatkan jejaring sosial untuk mengembangkanbisnis di internet. Dengan sendirinya Anda pun akan semakin paham dan sadar bahwa sebenarnya banyak sasaran yang bisa dituju dan bahkan sangat luas.

  1. Modal Sendiri


Usahakan sebisa mungkin untuk menggunakan modal sendiri. Saat memulai bisnis, sebaiknya memang tidak memulai dengan modal hasil hutang. Hal ini karena secara tidak langsung dapat mempengaruhi target bisnis Anda. Bila menggunakan modal hutang, biasanya target awal adalah untuk melunasi hutang secepat mungkin. Kondisi pun bisa jadi malah merugikan bila hutang tersebut ternyata berbunga. Sebenarnya meski modal awal kecil Anda tetap bisa memulai usaha di rumah misal dengan ikut MLM onlinex.

  1. Rencanakan Pembukuan Sederhana


Tips memulai usaha di rumah selanjutnya adalah merencanakan pembukuan sederhana. Sebaiknya pembukuan pun dibuat secara berkala dan disimpan dalam arsip rapi. Hal ini penting agar Anda memiliki sasaran target laba dan sekaligus mengontrol laju keuangan bisnis rumahan yang dijalankan.

  1. Rekening Mandiri


Tips terakhir yang tidak boleh terlupa adalah buat rekening mandiri. Jadi jangan mencampur rekening bisnis dengan rekening rumah tangga apapun jenis bisnis Anda baik MLM online atau lainnya. Hal ini guna menghindari penggunaan uang bisnis untuk membeli keperluan bulanan rumah tangga. Tidak sedikit pembisnis rumahan gagal untung karena keteledoran ini.

Itulah 5 tips memulai usaha di rumah. Tips yang cukup sederhana memang, tetapi sebenarnya cukup sulit untuk dilakoni tanpa tekad bulat. Dalam memulai usaha bisnis di rumah sendiri tekad memang harus bulat dan tidak boleh setengah-setengah. Jangan takut mengambil risiko, tetapi jangan pula sembrono bertaruh mengambil risiko. Tetap pertimbangkan secara matang setiap keputusan usaha yang diambil. Semoga dapat menjadi info yang bermanfaat dan berguna bagi Anda. Sekian.

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon