Jumat, 18 Juli 2014

Tips Memilih Bisnis MLM Yang Baik

memilih-mlm-baikBisnis MLM atau Multi Level Marketing berkembang sangat pesat di Indonesia. Beragam produk yang ditawarkan dalam bisnis jaringan ini sangat beragam, seperti suplemen kesehatan, kosmetik wanita, pembalut wanita, pakaian, perabotan rumah dan produk berkualitas lainnya. Layaknya bisnis lainnya, tidak semua pelaku bisnis MLM ini mengalami kesuksesan. Hal ini bisa dikarenakan faktor perusahaan dan pelaku bisnis ini. Oleh karenanya langkah awal yang sangat penting adalah memilih bisnis MLM terbaik. Dengan begitu anda mendapatkan bimbingan dan pelatihan tepat dalam menjalankan bisnis ini. Faktor apa saja yang harus anda perhatikan dalam pemilihan perusahaan MLM terbaik?


Kenali produk MLM tersebut


Pada dasarnya MLM adalah sistem pemasaran langsung kepada konsumen. Sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya iklan dan distribusi. Kemudian mengalihkan budget tersebut untuk dibagikan kepada para membernya dengan kriteria prestasi tertentu. Para member atau independen distributor ini akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan marketing plan yang ditetapkan perusahaan MLM bersangkutan. Produk dari perusahaan MLM biasanya sangat berkualitas tinggi, sangat berbeda dengan produk sejenis yang beredar secara konvensional.


Keunggulan produk inilah yang dijadikan senjata para member untuk mencari mitra bisnis baru atau downline. Bisa juga produk ini dijual kepada selain member, sehingga anda mendapatkan keuntungan langsung dari penjualan produk tersebut. Oleh karenanya anda harus memilih perusahaan MLM yang memiliki produk unggul dan memiliki jaminan kualitas, seperti garansi seumur hidup, asuransi bila produk tersebut bisa berdampak pada kesehatan bahkan kematian.


Keuntungan bila memiliki bisnis MLM dengan produk yang bagus :




  1. Mudah dijual secara online maupun offline, jika kita mampu menjual produk MLM kita maka akan ada keuntungan ganda, yaitu dari selisih harga jual dan keuntungan poin atau bonus yang anda dapatkan.

  2. Tidak ada penumpukan barang dirumah anda, tidak jarang pemain MLM yang hanya kejar bonus tapi tidak mampu menjual produk, akhirnya produk hanya menumpuk dirumah


Memiliki support system yang baik


Pelaku bisnis MLM bisa datang dari beragam profesi dan tingkatan pendidikan. Semua orang berhak bergabung ke dalam bisnis MLM sesuai ketentuan dari perusahaan MLM. Karena berasal dari beragam latar belakang, sebagian besar tidak memiliki pengalaman mengenai produk yang dijual. Misalkan produk bisnis MLM tersebut adalah obat herbal, padahal anda bukan perawat, dokter, terapis kesehatan dan profesi medis lainnya. Oleh karenanya anda harus belajar dari awal mengenai dunia kesehatan dan mempelajari pengetahuan mengenai produk tersebut.


Dengan begitu member baru sangat penting mendapatkan pengetahuan baru mengenai bisnis yang akan dia tekuni. Support system perusahaan MLM yang baik seharusnya bisa mendukung kebutuhan tersebut. Sistem pendukung ini bisa berupa buku, kaset, alat presentasi bisnis, brosur, pertemuan atau pelatihan dan sebagainya. Dengan support system yang teruji, maka para distributor bisa menjalankan bisnisnya dengan mudah. Pengetahuan mereka akan cepat dibangun, seiring itu kemampuan semakin terasah. Sehingga sangat berguna dalam pengembangan bisnis dan mengajarkannya kepada seluruh downline yang berada di bawah jaringan bisnisnya.


Bisnis MLM tidak semata-mata memasarkan produk dan mencari member baru. Tapi lebih dari itu, para membernya akan mendapatkan pelatihan bisnis dan kepemimpinan. Berbagai seminar dan pelatihan akan diadakan oleh perusahaan MLM yang tujuannya untuk meningkatkan kapasitas atau kemampuan individual lebih baik. Sehingga tidak hanya pandai dalam berbisnis, tapi sekaligus bisa menjalin hubungan baik dengan banyak orang dan tampil sebagai pemimpin yang dihormati dan disegani oleh pada downline dan orang lainnya.


Memiliki marketing plan menguntungkan


Bisnis MLM yang baik tentunya bisa menguntungkan kedua belah pihak. Sehingga bisnis tersebut layak diperjuangkan. Cermati marketing plan yang ditawarkan, sehingga anda merasa tidak diperdaya oleh perusahaan MLM. Pilihlah perusahaan MLM yang memberikan keuntungan pasive income dan bisa diwariskan kepada anak cucu anda. Sehingga bisnis tersebut menjadi pilihan terbaik untuk ditekuni. Untuk bisa sukses dalam bisnis ini, pola pikir anda harus diubah. Meskipun anda berlatar belakang seorang karyawan, anda harus menekuni bisnis ini dengan pola pikir pengusaha. Ketahuilah kalau anda sedang menjalankan bisnis yang membutuhkan investasi, supaya anda bisa membangun aset yang bisa memberikan anda penghasilan besar. Meskipun anda sudah tidak terlibat lagi dalam bisnis secara langsung

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon