Senin, 21 Juli 2014

Ketahui Ciri Ciri MLM yang Bagus

MLMMungkin anda sering disodorkan beragam penawaran bisnis MLM atau Multi Level Marketing.Tapi sampai saat ini anda enggan bergabung karena anda belum yakin jika bisnis ini bisa menghasilkan profit besar. Apalagi tidak sedikit masyarakat yang antipati pada bisnis jaringan ini. Dikarenakan banyaknya member yang gagal dalam menjalankan bisnis MLM tersebut. Sebenarnya kalau dipikir di bisnis konvensional juga banyak pebisnis yang gagal. Tapi memang cara penyampaian dari distributor MLM terkadang terlalu muluk-muluk, sehingga ketika hal itu tidak terwujud maka sakit hati biasanya muncul dari orang yang gagal. Secara umum bisnis MLM sangat baik ditekuni dan bisa menjadi sarana bagi anda untuk meningkatkan penghasilan sekaligus kepribadian anda. Karena dalam bisnis MLM yang bagusakan membimbing para membernya menjadi individu yang lebih baik daripada kehidupan dan perilaku sebelumnya. Jika anda tertarik dengan peluang bisnis ini, apa saja yang harus anda perhatikan?


Ketahui legalitas perusahaan MLM tersebut


Jika suatu saat anda menghadiri presentasi bisnis MLM dan anda tertarik untuk bergabung, maka sebaiknya anda kenali dahulu legalitas perusahaan MLM tersebut. Maksudnya adalah apakah memang benar perusahaan tersebut nyata dan terdaftar di APLI atau Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia? Jika legalitasnya telah jelas, anda bisa beralih mengamati kehebatan produk yang ditawarkan. Kemudian beranjak pada orang yang telah membuktikan keberhasilan di bisnis MLM tersebut. Lalu ketahui dengan pasti siapa upline atau sponsor yang menawarkan bisnis ini. Karena upline anda sangat berguna dalam menunjang keberhasilan bisnis MLM. Jika upline anda sangat kredibel, komitmen dalam menjalankan bisnis dan mau membantu anda dalam menjalankan bisnis ini, maka bisa dikatakan dia upline yang baik. Sehingga anda bisa menjadikan dirinya sebagai guru dan berada di bawah jaringannya.


Apakah bisnis MLM tersebut bisa mendatangkan profit dalam waktu singkat


Ketika bergabung dengan sebuah perusahaan MLM, anda akan dikenakan biaya investasi yang besarannya sangat bervariasi. Karena ini adalah bisnis, maka anda harus berpikir secepat apa anda bisa mengembalikan investasi dalam waktu relatif singkat. Jika anda memilih perusahaan dengan produk bermanfaat, berkualitas dan banyak dibutuhkan masyarakat, seharusnya tidak sulit dalam memasarkan produknya. Sehingga dalam hitungan hari saja anda bisa mendapatkan keuntungan. Oleh karenanya anda juga harus berpikir layaknya mental pengusaha. Anda harus gencar dalam menawarkan produk tersebut. Tapi enaknya anda tidak perlu keluar dari pekerjaan anda. Sehingga bisa menggunakan waktu kapan saja untuk menekuni bisnis ini.


Dukungan perusahaan dalam promosi produk


Setiap perusahaan MLM tentunya memiliki peraturan sendiri bagi membernya untuk mempromosikan bisnisnya. Biasanya perusahaan MLM melarang para membernya mempromosikan bisnisnya melalui media cetak dan elektronik. Yang boleh dilakukan hanyalah cara langsung  yaitu bertemu dengan calon konsumen atau calon member. Tujuannya agar sistem ini bisa diduplikasi oleh semua member yang tidak semuanya mengerti jika menggunakan cara pemasaran yang serba canggih. Namun ada juga perusahaan MLM yang membolehkan para membernya melakukan beragam strategi promosi apapun sebatas masih positif. Termasuk dalam mempromosikan bisnisnya dalam sebuah website pribadi. Sebaiknya anda hindari perusahaan yang menerapkan sistem MLM, tapi masih memasarkan produk ke swalayan dan pusat perbelanjaan. Jelas cara ini membunuh para member yang serius mengembangkan bisnis MLM tersebut.Bisnis MLM adalah bisnis jangka panjang, sehingga anda juga harus berpikir jangka panjang. Caranya dengan berpikir layaknya pengusaha yang selalu berinvestasi untuk menciptakan aset bisnis di kemudian hari.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon