Minggu, 29 Juni 2014

Mudahnya Memulai Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan sebuah bisnis yang bergerak pada penjualan makanan. Dewasa ini bisnis penjualan makanan kian marak, hal ini disebabkan kesulitan yang dihadapi dengan membuat bisnis semacam ini terhitung tidak terlalu sulit. Walaupun demikian juga tidak bisa dikatakan bahwa bisnis ini sangat mudah, tetap harus ada langkah-langkah yang perlu dilewati secara bertahap.

[caption id="attachment_23" align="aligncenter" width="300"] Bisnis Makanan[/caption]

Bisnis Kuliner


Setiap orang membutuhkan makanan untuk mengisi hari-hari mereka, tak satupun dari mereka dapat mengesampingkan makanan untuk tidak disantap dalam hari-harinya. Dengan berangkat dari hal tersebut sebuah bisnis yang du tujukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dirasa sangat menjanjikan. Keuntungan pun akan cepat diperoleh apabila makanan yang dijadikan barang penjualan tersebut disukai dan banyak diminati oleh penjaja makanan.

Makanan tradisional, makanan oriental, maupun makanan ala Barat dapat dijadikan ladang bisnis dari bisnis kuliner ini. Yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis ini adalah mengetahui selera kuliner masyarakat disekitar tempat yang nantinya akan dijadikan tempat berbisnis makanan tersebut. Hal ini penting sebagai awal untuk mengetahui selera masyarakat sekitar. Tanpa melakukan riset terhadap masalah ini dikhawatirkan bisnis yang diharapkan menghasilkan keuntungan malah yang terjadi sebaliknya.

Dengan dapat memberikan kenikmatan cita rasa pada makanan yang dijual yang mana ditujukan pada pembeli yang datang pada tempat makan tersebut, nantinya akan dapat dipercaya oleh pembeli untuk mengunjungi tempat tersebut kembali. Tak lupa, hal lain yang perlu di perhatikan adalah memberikan ciri khas tersendiri dari setiap makanan yang dijadikan objek penjualan tersebut. Cita rasa yang khas akan dapat mengundang pembeli untuk dapat singgah kembali untuk sekedar menikmati rasa yang telah diingatnya.

Fokus dan Konsistensi


Konsistensi sebuah bisnis yang bergerak pada sektor makanan harus dilakukan. Yang dimaksud dari hal itu adalah apabila telah menyebutkan banyak menu di daftar menu yang diberikan kepada pembeli, sebuah pebisnis harus dapat menjamin bahwa setiap harinya makanan tersebut telah tersedia untuk dapat dihidangkan. Tanpa konsistensi, pelanggan pun akan bersiap-siap kecewa, dan menilai penjual tidak jelas menjual makanan apa. Jadi focus dan konsistensi tentu sangat penting dalam bisnis kuliner ini.

Jangan menumbuhkan kekecewaan terhadap pelanggan! Itu kuncinya. Salah satu sumber rasa kecewa timbul dalam benak pembeli apabila makanan yang diinginkannya tidak dapat disediakan pada saat tersebut. Maka dari itu, bagi pengusaha yang berkeinginan untuk memulai bisnis pada sektor makanan perlu untuk memperhatikan hal-hal kecil yang sesungguhnya sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis ini. Dengan memiliki sikap usahawan yang cerdas, jujur, dan konsisten, bisnis makanan semacam ini dapat terlaksana dengan efektif dan efisien, serta sesuai yang diharapkan.

Mencoba Menjajagi Pasar Online


Bisnis apa saja bisa menggunakan internet sebagai medianya. Buatlah website untuk bisnis kuliner Anda. Andaikan saja website Anda pengunjungnya ramai, apalagi jika misalnya juga ada banyak backlinknya dari berbagai website yang lain baik milik Anda atau milik orang lain maka jelas Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis online. Dengan website Anda bisa mempresentasikan bisnis Anda, memajang produk yang Anda pasarkan, menawarkan jasa yang Anda sediakan dan masih banyak lagi. Pendek kata website dapat sangat banyak menggantikan fungsi presentasi Anda.

Bahkan edukasi pasar juga dapat dilakukan lewat website. Jika Anda ingin lebih banyak tau tentang keberadaan produk, jasa dan atau peluang yang ingin Anda tawarkan pada khalayak ramai maka miliki setidaknya satu website mulai dari sekarang.

Website ini penting untuk menjual apa saja dalam bisnis Anda. Walaupun saya sendiri belum pernahterjun langsung dalam bisnis kuliner, sebagai pengalaman, saya sukses menjual produk-produk via internet. Yang saya ceritakan adalah saya berhasil menjual beragam produk pasutri herbal yang direkomendasikan oleh Boyke. Di antaranya adalah produk FOREDI, LadyFem, Tisu Majakani, Kapsul GASA maupun Oris Breast Cream dan Fiforlif. Dulunya saya berhasil menjual CD, menjual kasur, baju via internet juga. Mengapa tidak dicoba untuk bisnis kuliner Anda? Saya rasa di internet juga sekarang banyak orang berjualan kripik sampai empek-empek Palembang. Sebagian dari mereka sudah sukses juga.

Apa Itu Website?

Website terdiri dari apa yang disebut sebagai Domain, Hosting dan Content atau isi website Anda. Itulah yang membentuk website Anda itu sehingga dapat memberikan informasi pada pembaca. Website Anda pastilah punya nama, namanya itu disebut DOMAIN atau alamat yang akan dipanggil pengunjung. Berikut ini contoh domain ya: Google.com, Facebook.com, Detik.com, Yahoo.com dan lain-lain. Nama website Anda atau domain Anda pastilah tidak bisa sama dengan yang lain. Anda hanya bisa membeli domain yang belum dipakai oleh orang lain kawan.

Sedangkan HOSTING adalah tempat Anda menyimpan data website Anda seperti text (tulisan), gambar, video dan berbagai informasi lainnya. Kalau di darat anggap saja domain seperti kantor Anda (ruangan Anda) tempat menyimpan barang-barang, peralatan kerja, meja kursi dan sebagainya bagi usaha Anda. Sedangkan Content adalah isi atau apa yang Anda sajikan di website tersebut yang membentuk informasi bagi pembaca.

Bagaimana caranya untuk membeli website?. Banyak sekali tempat di mana Anda bisa beli website, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Untuk membeli website Anda tinggal masuk ke website penjual dengan mengisi formulir order yang disediakan. Kemudian Anda akan mendapatkan tagihan. Anda bayar dan lakukan konfirmasi, maka setelah itu website Anda siap untuk Anda isi dengan informasi yang Anda inginkan.

Agar website Anda menjadi aset bagi Anda maka tentu saja Anda perlu mengelolanya dan membuat informasi diatasnya yang berpotensi untuk menghasilkan UANG. Seperti website Foredi.co adalah website yang menjual produk pasutri herbal. Walaupun namanya Foredi, namun yang dijual juga Kapsul GASA, LadyFEM dan Tisu Majakani serta produk-produk lainnya. Jadi ini sebagai gambaran saja.

Ya sih, tak tertutup kemungkinan website difungsikan untuk tujuan lain misalnya sekedar untuk hobby atau untuk beramal dengan ilmu yang Anda bagi-bagikan di website Anda. Sepenuhnya tergantung apa tujuan dan bagaimana rencana Anda dan untuk apa website Anda beli. Baik itu hasil berupa materi seperti uang misalnya atau hasil lainnya seperti kekuatan, ketenaran, persahabatan, amal dan sebagainya dapat dimulai dari website Anda.

Apapun alasan Anda membuat website seharusnya website Anda memberikan sesuatu yang baik buat Anda, mungkin itu uang, mungkin juga hobby yang tersalurkan, bisa jadi karenanya Anda dapat banyak teman, sangat bisa juga website Anda menjadi sumber untuk beramal. Website bisa Anda gunakan untuk presentasi saja, atau untuk branding saja atau lebih dalam dari itu mislanya membantu Anda menghandle sebagain tugas transaksi.

Akhirnya, semoga Bisnis Kuliner atau Bisnis Makanan Anda semakin ramai dikunjungi pelanggan baik secara offline maupun online.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon