Jumat, 02 Mei 2014

Memahami Skema Ponzi

skema-ponziSkema ponzi dan money game adalah salah satu bisnis yang terlarang di Indonesia, pada awalnya mungkin bisa booming, tapi tidak lama kemudian tentu akan ditutup oleh pihak yang berwajib. Tentu jika itu terjadi akan sangat merugikan anda dan tentunya jaringan anda. Dan bila anda kurang beruntung bisa di kejar kejar downline anda, karena mereka merasa anda ajak dan jerumuskan kedalam bisnis berskema ponzi.

Skema ponzi ini sering dikaitkan dengan bisnis online, kegitana multi level marketing (MLM), sistem piramida (skema piramida), sistem binary, money game, arisan berantai, member get member (MGM), dan sejenisnya.

Banyak bisnis di sekitar kita menganut sistem Ponzi. Seperti contoh produk-produk yang dijual melalui sistem MLM atau network marketing. Sah atau tidaknya sistem ini saya kembalikan kepada anda. Saya tak mau mengambil kesimpulan dari sistem ini. tetapi perlu diingat bahwa suatu bisnis yang hanya mengandalkan sistem saja dan produknya nol (baca: tak berkualitas atau sekedar ada saja) serta produk tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan maka bisnis atau jasa yang menganut sistem ponzi ini tidak akan bisa bertahan lama.

Bisnis berskema ponzi dan money game biasanya berkedok MLM dan biasanya bisnis seperti ini dalam kategori ilegal. Bisnis MLM yang legal harus dilengkapi perijinan SIUPL (Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung) dari lembaga BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Kementrian Perdagangan Republik Indonesia dan Kemendag (Kementrian Perdagangan) serta tercatat sebagai anggota APLI (Asosiasi Pengusaha Langsung Indonesia)

Perusahaan MLM yang memiliki SIUPL dan tergabung di APLI seperti www.ABEindo.com bisa dipastikan Legal. Selain syarat tersebut jika perusahaan MLM tersebut memasarkan produk kesehatan dan produk kecantikan harus dilengkapi dengan perijinan dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)

Ciri Ciri MLM berskema ponzi / ilegal sbb:


  1. Biaya gabung mahal

  2. Produk memiliki harga yang tidak wajar

  3. Komisi bukan berdasarkan omzet, akan tetapi terbentuknya jaringan dengan skema piramida

  4. Satu orang diijinkan memiliki lebih dari satu hak bisnis

  5. Anggota yang mendaftar lebih dulu memiliki bonus lebih besar

  6. Tidak ada program pembinaan dan pelatihan anggota


Sejarah Skema Ponzi

Skema Ponzi merupakan istliah yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah sistem dimana seseorang menginvestasikan dana demi mendapat keuntungan dan keuntungan yang diperoleh adalah berasal dari investasi yang dilakukan oleh investor berikutnya. Disebut sebagai Skema Ponzi (Ponzi Scheme) karena sistem ini pertama kali digunakan oleh Carlo Ponzi. Skema ini masih banyak digunakan pada banyak bisnis sampai dengan sekarang.

Carlo Ponzi adalah penipu terbesar dalam sejarah Amerika. Dilahirkan dengan nama Carlo Pietro Giovanni Guglielmo Tebaldo Ponzi di Lugo, Italia, Carlo Ponzi (3 Maret 1882 s.d. 18 Januari 1949) atau juga dikenal denganCharles Ponzi.
Nama sistem piramida diindentikkan dengan nama Ponzi, karena sistem piramida sering disebut skema Ponzi. Mungkin karena Charles Ponzi (1882 – 1949) adalah orang pertama yang paling berhasil menggunakan cara ini untuk menipu dan mendapat sorotan masyarakat. Ia bukan hanya menipu dalam jumlah yang besar, tetapi juga mendapat sorotan. Kejadiannya di sekitar tahun 1920.

Charles Ponzi bukan yang penipu yang melibatkan dana yang terbesar dalam sejarah. Ponzi dimasa itu hanya berhasil menyeret dana sebesar $ 7 juta (kira-kira senilai 10 ton emas). Jumlah itu tidak lah banyak kalau dibandingkan dengan kasus Bernie Madoff. Bernie Madoff tahun 2008 terbongkar kasusnya bahwa dia berhasil menilep $50 milyar (kira-kira senilai 1.720 ton emas). Yang digelapkan Madoff nilai riilnya 172 kali lebih besar dari Ponzi. Ini membuat Charles Ponzi seperti amatir. Walaupun demikian, sistem piramida tetap disebut dan mempunyai nama alias sebagai skema Ponzi, dan bukan skema Madoff. Dalam membandingkan antara Madoff dan Ponzi, kita harus mengukurnya dengan emas bukan dengan dollar, karena emas adalah uang sejati, sedang dollar adalah uang kertas, uang ciptaan dan hasil manipulasi politikus yang nilainya tergerus dengan masa. Kalau diukur dengan uang dollar Amerika Serikat maka Madoff lebih besar 7000 kali dari Ponzi.

Untuk anda yang ingin terhindar dari praktek penipuan silahkan bergabung di bisnis online yang sedang booming di Indonesia www.abeindo.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon