Sabtu, 18 Januari 2014

Mengapa Harus Memiliki Usaha Sampingan dirumah?

usaha-sampingan-di-rumahBiasanya, untuk orang yang ingin memulai usaha dirumah sebagai usaha sampingan faktor pendukung utama adalah modal, baik secara materiil maupun non-materiil. Modal materiil bisa dipastikan adalah uang dan modal non-materiil adalah kemauan, keyakinan, dan keuletan. Modal non-materiil inilah yang sangat penting dimiliki oleh pengusaha sampingan kecil-kecilan.

Jenis Usaha Sampingan Populer

Beberapa jenis usaha kecil rumahan yang juga merupakan sampingan dari pegawai kantoran sangat lekat pada tema ‘jasa’. Hal ini dikarenakan masyarakat kita yang semakin konsumtif, tidak mau repot, dan suka cara instan. Jenis-jenis usaha sampingan yang populer di masyarakat saat ini adalah:

1.     Jasa pencucian/laundry

Jasa ini umumnya dipegang oleh kaum perempuan. Jasa laundry sangat banyak peminatnya dari kalangan anak kuliah dan wanita karir dimana mereka tak punya banyak waktu untuk pekerjaan rumah. Jasa laundry sangat menjamur di area kampus, kos-kos mahasiswa, dan pegawai kantoran karena metode pencuciannya yang dirasa lebih bersih dan wangi sekaligus cukup murah biayanya.

2.     Catering

Acara-acara yang membutuhkan ketersediaan makanan dan minuman dalam jumlah besar serta berlanjut satu hingga dua hari memerlukan tenaga dan biaya yang cukup besar. Oleh karena itulah, saat ini banyak ibu-ibu yang membuka jasa catering atau makanan untuk acara pernikahan, ulang tahun, dan kantoran. Jasa ini dirasa meringankan beban dan menekan pengeluaran orang yang berhajat. Disamping itu, pilihan akan variasi makanan dan minuman dapat dipesan sesuai selera konsumen.

3.     Jual pulsa

Kebutuhan akan pulsa untuk komunikasi lewat ponsel merupakan kebutuhan primer masyarakat saat ini yang tak bisa dianggap sebelah mata. Jasa penjualan pulsa bisa sangat menguntungkan apabila dikelola dengan benar karena saat ini kebutuhan pulsa menembus ke seluruh lapisan masyarakat dari berbagai usia dan profesi. Modal awal bisa kurang dari satu juta rupiah dengan etalase kaca seharga Rp 500.000,- dan pulsa elektrik Rp 400.000,-. Usaha ini bisa sangat berkembang jika si pengusaha sudah memiliki banyak teman, keluarga, dan tetangga yang berlangganan di bulan pertama.

4.     Pengetikan naskah

Mahasiswa atau orang yang mempunyai banyak naskah untuk diketik dan diprint tetapi tidak punya banyak waktu untuk hal tersebut merupakan pelanggan potensial jasa ini. Jasa pengetikan naskah biasanya berpeluang bagus di area kampus.

Kelebihan-Kelebihan Usaha Sampingan

Bekerja di kantor berbeda dengan kerja sampingan dirumah. Selain faktor waktu dan finansial, kelebihan-kelebihan lain dari usaha sampingan bisa dirangkum sebagai berikut:


  1. Tempat usaha tidak harus besar. Cukup dirumah dan beberapa peralatan masak (catering), peralatan komputer dan printer (pengetikan), dan peralatan cuci, pengering, dan alat setrika (laundry).

  2. Tidak kena pajak

  3. Waktu pengerjaan sesuai kesepakatan pengusaha dan konsumen (kecuali usaha warung, pulsa, jual kue, dll)

  4. Tidak membutuhkan banyak keahlian eksakta atau formal

  5. Jangkauan pemasaran luas dan bervariasi

  6. Modal dan keuntungan diakumulasi sendiri


Tips Memulai Usaha Sampingan

Memulai usaha sampingan bisa jadi mudah atau justru sangat susah, apalagi jika penggagas ide usaha sampingan berasal dari karyawan yang sudah memiliki jadwal kerja tetap. Berikut tips-tips yang bisa diikuti untuk mempunyai usaha dirumah sebagai usaha sampingan bermodal kecil:

1.     Memproduksi dan menjual produk buatan sendiri

Usaha sampingan bisa dimulai dengan menjual produk anda sendiri. Apabila produk yang anda pasarkan merupakan hobi maka hal itu bisa menjadi hal yang positif untuk mengembangkan usaha anda.

2.     Memasarkan produk orang lain

Usaha jenis ini benar-benar tidak membutuhkan modal yang besar karena pekerjaan anda bukan membuat produk tapi hanya menjualnya saja. Anda biasanya akan mendapat komisi dari penjualan produk tersebut yang merupakan penghasilan untuk pekerjaan anda.

3.     Penulisan Rencana Usaha

Tulis mengenai modal, waktu pengerjaan bisnis, dan lain-lain yang terkait dengan usaha sampingan anda dalam skema sederhana agar semua terorganisir dengan baik tanpa memotong waktu anda dengan keluarga.

 

 

Artikel Terkait

1 komentar so far

[…] Jika usaha kecil-kecilan anda dirumah sudah menghasilkan untung besar dan mempunyai pasar yang stabil. Saat itulah anda pastinya […]


EmoticonEmoticon