Jumat, 24 Januari 2014

Mau Full Time atau Pilih Part Time Saja?

full-timeSelamat!!. Jika usaha kecil-kecilan anda dirumah sudah menghasilkan untung besar dan mempunyai pasar yang stabil. Saat itulah anda pastinya memutuskan bahwa usaha dirumah bisa jadi usaha utama anda. Apabila anda telah mantap menjadikan usaha sampingan tersebut menjadi usaha tetap dan utama, maka anda harus memikirkan kembali akan modal yang lebih besar dan tenaga yang dibutuhkan untuk pengerjaan bisnis anda.

4 Jenis Usaha Sampingan yang Meraup Keuntungan Besar

Kepopuleran suatu usaha bergantung pada kebutuhan dan daya beli konsumen. Beberapa jenis usaha kecil yang saat ini mulai digemari masyarakat karena keuntungan besar yang didapat dalam waktu yang tidak lama adalah:


  1. Usaha barang kerajinan, Jenis usaha ini biasanya berasal dari hobi yang dikembangkan seperti membuat buku diary dari karton, dompet dari kain perca, dan boneka dari kaos kaki bekas. Prospek bagus akan pemasaran barang kerajinan tangan terlihat dari banyaknya konsumen yang mencari benda-benda ini. Acara-acara khusus seperti pernikahan, ulang tahun, dan wisuda biasanya membutuhkan souvenir-souvenir unik dari hasil kerajinan tangan dalam jumlah besar.

  2. Usaha jasa, Kelangsungan dari usaha ini bergantung dari kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh pemilik usaha karena usaha jasa sangat menitikberatkan pada kepuasan konsumen akan kualitas jasa. Usaha jasa contohnya adalah catering, perbaikan alat-alat elektronik, design gambar, fotografi, dan lain-lain.

  3. Usaha online, Usaha online memliki banyak kelebihan yaitu jangkauan pemasaran yang luas, beroperasi 24 jam, dan bermodal kecil. Cukup dengan komputer dan koneksi internet maka usaha ini akan langsung berjalan.

  4. Usaha kuliner,Usaha ini selalu ramai konsumen karena bagaimanapun juga makanan dan minuman adalah kebutuhan primer manusia selain oksigen. Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan usaha ini akan tercapai apabila diimbangi dengan kualitas cita rasa yang tinggi, tepat target, dan tepat guna.


5 Metode Jitu Meningkatkan Omset Penjualan

Usaha dirumah bisa jadi usaha utama apabila si pemilik usaha mampu menaikkan omset penjualan produknya. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu kualitas produk, cara pemasaran, dan pelayanan. Dibawah ini ada 5 metode yang cukup jitu untuk meningkatkan omset penjualan:

  1. Jaga kualitas produk, Kualitas adalah kunci utama suatu produk bisa laku dipasaran. Jika kualitas telah dikenal konsumen maka dengan sendirinya jumlah konsumen akan meningkat.

  2. Buat promosi sekreatif mungkin, Promosi yang unik dan kreatif bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli produk. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk merencanakan strategi dan target pemasaran agar omset penjualan naik.

  3. Berikan pelayanan terbaik pada konsumen, Konsumen membeli produk anda karena didasarkan akan kebutuhan. Mereka tidak akan peduli dengan jumlah uang yang dikeluarkan, jadi akan sangat menguntungkan apabila anda memberikan pelayanan yang memuaskan karena hal itu bisa mendorong mereka kembali untuk membeli produk anda. Pelayanan yang buruk secara langsung bisa mempengaruhi citra produk anda di mata konsumen.

  4. Gunakan metode paket produk, Paket-paket spesial dalam suatu produk bertujuan membuat konsumen tertarik untuk membeli lebih dari satu. Contohnya saja paket hemat dalam penjualan kosmetik dan pulsa, atau paket khusus saat hari raya tiba.

  5. Beri diskon dan penawaran spesial, Pemberian diskon akan menyenangkan pelanggan-pelanggan anda dan menambah keinginan mereka untuk membeli produk anda. Namun, harap dicatat bahwa pemberian diskon haruslah rasional dan tidak merugikan anda. Penawaran khusus biasanya jauh lebih menarik konsumen dibandingkan diskon.

Artikel Terkait

3 komentar

[…] Langkah jualan online sebagai alternatif usaha dirumah sudah banyak diterapkan di Indonesia bahkan juga diterapkan di seluruh Negara yang ada di dunia ini. Saking terkenalnya bisnis yang satu ini bahkan penghasilan yang bisa Anda peroleh nantinya akan bisa melebihi gaji Anda sewaktu kerja di kantor. Ingin tahu apa saja yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan bisnis yang satu ini? Caranya sangat mudah, yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan apa produk yang ingin Anda jual kepada pelanggan yang Anda miliki nantinya. Jika memang mereka ingin sebuah produk dengan spesifikasi tertentu maka Anda sebagai produsen bisa mencoba untuk mengabulkan apa yang mereka inginkan tersebut. […]

[…] saatnya Anda untuk memilih bidang usaha yang akan Anda tekuni. Ada beberapa tips memilih usaha dirumah. Salah satunya adalah carilah beberapa bidang usaha. Anda bisa melakukan ini dengan membaca buku […]

[…] dulu bisnis online yang paling anda sukai, kebetulan saya sangat menyukai network marketing / MLM karena bisnis ini memiliki kekuatan ganda, kita bisa menjual dan merekrut plus pasif income nyata […]


EmoticonEmoticon