Kamis, 16 Januari 2014

Indahnya Meraih Income Rutin dari Usaha dirumah

income-rutin-dari-internetJam kerja panjang, berangkat harus on-time, dan kemacetan dijalan. Rutinitas ini tentunya sangat membosankan dan monoton. Tak ada salahnya mengubah yang itu-itu saja dengan sedikit percikan didalamnya. Miliki minimal satu usaha dirumah agar keseharian anda lebih bervariasi dan sekaligus menghasilkan pendapatan tambahan.

Poin-Poin Penting Memulai Usaha Dirumah

Setiap usaha memiliki satu dan dua hal untuk dipersiapkan sebelum memulai usaha karena menciptakan produk dan memasarkannya bukanlah hal yang mudah. Agar usaha sampingan yang dimiliki bisa dimulai dengan baik maka mereka perlu mempersiapkan dengan matang 4 poin berikut ini:

1.     Modal

Usaha sampingan dirumah bisa dimulai dengan usaha kecil. Tetap berpegang teguh pada keyakinan bahwa usaha tersebut pasti berhasil. Jadikan modal usaha kecil sebagai pemacu semangat. Jangan loyo ditengah jalan ketika usaha kurang meyakinkan dan modal tidak kembali.

2.     Riset usaha

Manfaatkan media apa saja seperti koran, internet, dan majalah untuk melakukan penelitian akan usaha yang akan digeluti. Pengetahuan lebih akan produk yang dipilih untuk dikembangkan dapat memberi gambaran akan prospek dan masa depan produk usaha.

3.     Watak ulet

Ulet merupakan nama lain dari pantang menyerah dan tahan terhadap kegagalan yang muncul ketika menjalankan usaha. Keuletan sangat penting dimiliki bagi pengusaha rumahan yang bermodal kecil. Watak ulet adalah kunci dari keberhasilan.

4.     Sikap berani ambil resiko

Jangan berkecil hati ketika usaha tidak laku, modal habis, kalah saing, dan cara pemasaran buruk karena kegagalan-kegagalan tersebut bisa menjadi pegangan untuk bangkit kembali. Tekad yang kuat, besarnya kemauan, dan berani menghadapi resiko bisa mengembalikan jalan usaha yang tertunda.

Manfaat Memiliki Usaha Dirumah

Beberapa manfaat positif bisa anda dapatkan dari usaha dirumah selain tentunya memiliki banyak waktu luang untuk keluarga, diantaranya adalah:


  1. Terhindarkan dari rutinitas kemacetan yang akan dihadapi jika bekerja kantoran atau diluar.

  2. Dapat menentukan jam kerja sendiri karena tidak ada jadwal jam kerja pasti yang harus ditaati

  3. Menentukan kecepatan, mutu, volume, dan penghasilan kerja anda sendiri. Anda adalah bos dari pekerjaan dan diri anda sepenuhnya.

  4. Apabila anda memang pegawai kantoran maka usaha dirumah bisa dijadikan kerja part-time yang menambah penghasilan  dimana sangat bebas dalam faktor waktu dan finansial. Usaha rumahan inipun bisa anda putuskan sendiri apakah ingin terus part-time atau dijadikan fulltime.

  5. Mengembangkan dan memaksimalkan hobi terpendam

  6. Menciptakan lapangan kerja dan menambah koneksi


Jenis Usaha Dirumah

Banyak sekali jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan dirumah setelah pekerjaan anda dikantor selesai. Setidaknyamemiliki minimal satu usaha dirumah yang tertulis dibawah ini bisa membantu anda menyalurkan hobi sekaligus meraup sedikit penghasilan tambahan.

  1. Untuk ibu rumah tangga, seperti jasa laundry, jual gorengan, warung sayuran mentah, dan warung makanan kecil.

  2. Untuk anak kuliahan, seperti jasa les privat dan jasa pengetikan proposal atau skripsi.

  3. Untuk lulusan SMK dan SMA bisa membuka jasa yang sesuai dengan ketrampilan mereka seperti membuka bengkel atau jasa penyediaan pulsa kecil-kecilan.


Tips Sukses Usaha Dirumah

Harus tetap diingat bahwa menciptakan usaha tanpa diikuti kegagalan itu sangatlah mustahil karena kesuksesan datang setelah kegagalan. Semua keberhasilan perlu proses dan pembelajaran. Berikut ini adalah beberapa tips sukses yang bisa diterapkan, yaitu:

  1. Belajarlah dari setiap kegagalan

  2. Bangunlah usaha anda dengan 4 landasan utama; pemasukan, pengeluaran, tanggung jawab, dan neraca aset

  3. Mulailah usaha dengan keyakinan dan positive thinking

  4. Berpikir kreatif, baik untuk produk maupun cara pemasaran

  5. Cerdas dalam mengelola keuangan

  6. Hilangkan rasa puas akan kesuksesan

  7. Jangan takut gagal karena ‘kegagalan sangat dekat dengan kemenangan’

  8. Giat berlatih dan pantang menyerah

  9. Jangan berkutat pada untung-rugi

  10. Ulet

  11. Pasrah sama yang Di Atas


 

Artikel Terkait

1 komentar so far

[…] menangkap sebuah peluang, dan tentu anda harus belajar bagaimana mencapai kesuksesan tersebut. Bisnis online memang sebuah bisnis yang sangat unik, tidak ada pelajaran khusus di bangku sekolah, jadi benar benar membutuhkan kreatifitas dan cara […]


EmoticonEmoticon