Senin, 23 Desember 2013

Mengapa Gagal Memulai Usaha dirumah

gagal-memulai-bisnisResiko dalam menjalankan bisnis adalah mengalami kegagalan atau bangkrut. Kondisi  buruk ini bisa terjadi dengan berbagai faktor. Bisa karena manajemen keuangan yang buruk, pengelolaan kerja yang kurang tepat, pelayanan yang tidak prima, pelanggan yang berpindah ke kompetitor anda dan lain sebagainya. Bisnis rumahan tentunya juga bisa mengalami kondisi tersebut. Faktor apa saja yang mempengaruhi mengapa gagal memulai usaha di rumah, berikut ini beberapa hal yang harus anda ketahui.

Kurangnya rasa disiplin

Membuka usaha di rumah sering membuat anda kurang disiplin, berkaitan dengan waktu dan kinerja anda. Karena merasa tidak mempunyai bos dan karyawan yang harus digaji. Anda akan bangu lebih siang, dibandingkan karyawan pada umumnya. Sehingga aktivitas bisnis anda akan dimulai lebi siang daripada bisnis umumnya.  Kemudian anda cenderung terlalu santai dalam mengerjakan usaha anda. Padahal hal ini sangat dibenci oleh konsumen. Anda harus menerapkan disiplin ketat layaknya anda bekerja di sebuah perusahaan. Sehingga bisnis anda cepat maju dan mendatangkan banyak profit bagi anda.

Selalu menunda pekerjaan

Selalu berikan layanan terbaik dan cepat adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis anda. Karena konsumen sangat menyukai cara tersebut, sehingga mereka tidak menunggu lama atas produk atau jasa yang dipesan dari anda. Ciptakan jam kerja layaknya anda bekerja di sebuah perusahaan. Tujuannya untuk mengoptimalkan kinerja anda. Di tahap awal menjalankan usaha anda memang harus bekerja lebih banyak dan lebih lama untuk menuai keberhasilan. Sehingga anda tidak pernah menunda pekerjaan anda, supaya konsumen semakin puas dan percaya dengan anda.

Tekun dan teguh dalam menjalankan bisnis rumahan

Ketekunan dan keteguhan sangat dibutuhkan untuk meraih keberhasilan. Berbagai masalah dan  hambatan dalam menjalankan bisnis bisa saja anda temui. Tapi anda jangan menyerah, karena dari berbagai masalah dan hambatan yang anda hadapi justru akan menambah kualitas bisnis anda. Anda bisa banyak belajar dari situasi tersebut. Berbagai masalah dan hambatan bisa saca muncul akibat komplain dari konsumen, persaingan usaha, kekurangan modal dan sebagainya. Kondisi tersebut menuntut anda semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk, jasa dan layanan yang prima.

Tidak memiliki perencanaan bisnis yang baik

Memulai bisnis tak hanya sekedar pemenuhan kebutuhan ekonomi. Anda juga harus berpikir untuk memajukan bisnis yang anda jalankan. Sebaiknya anda rencanakan bisnis anda dengan baik, tentukan juga tujuan anda dalam berbisnis. Sehingga anda bisa tetapkan target guna mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya tujuan bisnis yang jelas akan memacu anda untuk semangat dan lebih giat guna mengejar impian anda. Untuk menentuka tujuan anda bisa melihat berbagai kebutuhana anda, misalnya anda ingin membeli rumah, naik haji, kuliah anak anda  dan lain sebagainya. Sehingga ketika semangat kerja anda lesu, anda bisa mengingat tujuan itu supaya lebih giat dalam berbisnis.

Tidak kreatif dan inovatif

Dalam menjalankan bisnis, kreativitas dan inovasi sangat diperlukan. Apalagi bila bisnis yang anda tekuni mempunyai pesaing yang sangat banyak. Konsumen yang semakin pintar tentunya akan memilih yang terbaik. Inovasi bisa anda lakukan dengan penerapan promosi yang menarik, seperti potongan harga, bonus dan sebagainya. Kreativitas anda bisa ditingkatkan melalui produk yang berbeda berkaitan dengan model, bahan dan sebagainya. Untuk itu anda harus rajin berbagai referensi berkaitan dengan produk anda. Bisa juga dengan memantau pesaing bisnis anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon