Jumat, 18 Oktober 2013

Meneliti Gagasan Anda

ideaAda berbagai aspek dari gagasan Anda yang perlu diteliti dan diperhatikan. Aspek yang utama adalah Anda perlu berkonsentrasi pada penelitian menyeluruh tentang produk atau jasa Anda. Cermati gagasan ini dari berbagai sudut pandang.

PRODUK ATAU JASA

Anda perlu yakin bahwa produk atau jasa yang akan Anda luncurkan benar-benar menarik target pasar Anda. Ada yang perlu dipikirkan­mengapa bisnis teh celup sukses besar dan kopi celup gaga? Saya pikir, tidakada orang yang benar-benar mampu menjawabnya, tetapi jelas bahwa kadang-kadang meskipun sesuatu yang mirip dengan gagasan Anda dapat meraih sukses besar, tidak berarti gagasan Anda sendiri juga akan sukses. Dengan melakukan riset memadai, Anda dapat menambah peluang yang menguntungkan Anda.

Pertimbangkan dahulu berbagai aspek dari produk atau jasa Anda, dan tanyakan kepada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut.


  • Apa yang membuat produk utau jasa Anda unik?

  • Mengapa konsumen memilih Anda, bukan yang lain?

  • Seberapa mudah Anda dapat memperoleh produk jualan Anda?


Pada awalnya karena terlalu bersemangat menjalankan bisnis baru, Anda cenderung mudah melewatkan pertanyaan tentang sumber perolehan produk. Anda perlu yakin bahwa Anda tidak hanya dapat memprroleh produknya (atau bahan mentahnya jika Anda membuat sendiri), tetapi juga harga yang Anda bayarkan bukan untuk komponen yang harganya sering naik turun secara berlebihan.

FLUKTUASI NILAI MATA UANG DAN BIAYA TRANSPORTASI

Jika Anda mengambil produk atau bahan mentah dari luar negeri, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah memasukkan risiko ini dalam biaya yang Anda keluarkan, yaitu fluktuasi nilai mata uang yang tak dapat dihindari dan biaya lain yang dapat memberikan pengaruh buruk pada harga yang Anda bayar untuk barang­h-barang jualan Anda. Ingat, harga yang disebutkan oleh pemasok ketika Anda melakukan pembayaran pertama boleh jadi bukanlah harga yang sesungguhnya harus Anda bayar ketika Anda membuka usaha.

PEMESANAN DALAM JUMLAH MINIMAL

Waspadalah pada dampak yang timbul karena memesan dalam jumlah minimal terhadap bisnis Anda. Kami membeli sepeda Belanda langsung dari Belanda, yang berarti kami harus membayar biaya pengapalan. Untuk menekan biaya karena pemesanan dalam jumlah minimal maka pemasok kami mengirimkan sepeda-sepeda itu sebagai pelengkap bersama dengan pengiriman barang lainnya bagi bisnis mobil gandengan sehingga sepeda-sepeda kami melakukan perjalanan dari Belanda ke Inggris bersama segala macam barang lain, seperti buah, bunga, sayuran, bahkan roti. Bagi kami, keuntungannya adalah kami membayar murah untuk biaya transportasi karena pemesanan kami tidak lebih dari cara perusahaan pengangkutan memastikan bahwa semua tempat dalam truk mereka penuh terisi.

Masalah lain yang sering tidak terperhatikan dalam hal pemesanan minimal adalah Anda barangkali tidak dapat memesan persediaan selanjutnya karena belum mendapatkan dana tunai karena semua uang Anda sudah tertanam dalam persediaan yang ada. Inilah alasan mengapa penting bagi Anda untuk melakukan perkiraan aliran dana.

MEMBUAT PRODUK SENDIRI

Anda bermaksud memulai bisnis yang poin penjualan uniknya adalah membuat sendiri semua produknya? Berapa cepat Anda mampu membuatnya ? Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat terus membuat produk itu sambil menjalankan bisnis.

Apa pun yang Anda jual, pastikan Anda menghasilkannya dengan cepat sesuai yang dibutuhkan agar bisnis Anda menguntungkan. Jika Anda memasarkan suatu produk rumahan, konsumen Anda akan berharap bahwa itulah yang akan mereka dapat. Kalau Anda menawarkan yang lain, itu sama saja dengan Anda menghilangkan krunikan Anda sendiri.

Seorang teman saya membuat rumah boneka yang indah, sekaligus perlengkapan  aksesorinya.

Perhatiannya pada detail membuatnya mendapat reputasi yang patut ditiru, baik di Inggris maupun di negara lain, dan banyak produknya yang dibeli pasar Amerika yang menguntungkan.

Dia bekerja dengan baik sampai suatu saat dia memutuskan memindahkan bisnisnya dari pameran di pasar kerajinan ke usaha membuka toko sendiri. Namun, tak lama setelah membuka tokonya, dia harus menutupnya. Bukan karena dia tidak bisa mendapatkan konsumen dalam jumlah cukup untuk mendukung perluasan bisnisnya, melainkan karena dia tidak dapat membuat produknya dengan cukup cepat untuk memenuhi permintaan.

Sementara sebelumnya dia menghabiskan hari-harinya dengan bekerja di meja dapurnya membuat produknya, kini karena punya toko, dia hanya mempunyai sedikit, bahkan tidak punya waktu untuk membuat produk. Tentu saja, dia dapat mempekerjakan orang untuk mengurus tokonya, tetapi bisnisnya tidakdapat mendukung tuntutan mempekerjakan karyawan, membayar biaya sewa yang mahal, memenuhi pajak penggunaan bangunan bukan rumah, dan semua biaya yang biasanya dibebankan pada bangunan di tepi jalan besar.

Sekarang, dia kembali ke meja dapurnya untuk melakukan kegiatan yang paling dia sukai dan bisnisnya berkembang pesat.

KEMASAN DAN PROMOSI

Kemasan dan promosi barang sering berjalan beriringan. Suatu produk yang dikemas dengan menarik dan imajinatif jelas akan herpeluang lebih besar untuk terjual daripada yang tidak. Pabrik mainan menghabiskan dana ratusan juta setiap tahun untuk memastikan bahwa produk mereka menarik perhatian targetnya, yaitu anak-anak.

Pemesanan Lewat Pos

Jika Anda bermaksud menawarkan produk Anda melalui pos, Anda perlu memastikan bahwa:

  • produk Anda dapat dikirim, baik melalui pos maupun jasa kurir;

  • barang itu tidak rusak selama pengiriman. Anda juga perlu mempertimbangkan menawarkan kepada konsumen asuransi untuk melindungi barang mereka setelah mereka selesai berbisnis dengan Anda.


Menjual di Pameran dan Pasar Kerajinan

  • Cobalah agar semua konsumen Anda dapat menjadi iklan berjalan, dengan memberi mereka sesuatu yang menarik perhatian sebagai wadah barang pembelian mereka.

  • Jika mungkin, pilihlah kemasan yang dibuat dari bahan daur ulang atau bahan yang dapat didaur ulang.

  • Pertimbangkan untuk mendorong konsumen Anda mengembalikan kemasan agar dapat digunakan lagi. Anda akan kaget dengan banyaknya orang yang melakukan hal ini dan banyaknya orang yang membeli dari Anda karena Anda menawarkan kegiatan ini sebagai layanan bagi mereka.


Memborong Produk Anda

Jika Anda menjual produk secara borongan, Anda perlu memastikan bahwa apa pun yang Anda jual tetap dalam kondisi asli, tetap sama ketika barang-barang itu sampai di rak konsumen Anda, seperti ketika barang itu meninggalkan Anda. Meskipun konsumen Anda adalah para pengecer, bukan masyarakat umum, jika barang Anda ternyata rusak dan tidak menarik, hanya sedikit pengecer yang ingin membeli lagi persediaannya dari Anda.

HARGA

Jika Anda tidak berencana menjual barang yang benar-benar unik dan banyak dicari, pada pangsa pasar yang kecil, pertimbangkan baik-baik mengenai harga jual barang dan jasa Anda sebelum Anda membuka pintu toko.

Jika harga yang Anda tentukan terlalu rendah, Anda mungkin akan mendapatkan aspek bisnisnya, tetapi tidak mendapatkan uang sedikit pun. Narman, jika harga terlalu tinggi, Anda tidak akan bisa menjual apa-apa.

Etos dari semua bisnis yang saya terlibat adalah kami menawarkan layanan yang bernilai uang,yaitu layanan bagi konsumen merupakan prioritas nomor satu kami. Kami bukan tipe pedagang yang mengobral barang di lantai bawah suatu rumah. Kami menawarkan produk berkualitas dengan harga yang menarik bagi konsumen don memberikan cukup keuntungan agar barang yang dijual cukup berharga.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon