Senin, 26 Agustus 2013

Melakukan Evaluasi Gagasan Anda

evaluasi-gagasan-andaAda orang yang pernah mengatakan bahwa gagasan besar hanya berhasil jika Anda mewujudkannya.  Perkataan itu memang benar sekali, tetapi tidak berarti bahwa setiap gagasan yang muncul dalam benak Anda, tidak peduli bagaimana Anda berusaha mewujudkannya, akan memberi hasil.

Anda juga tidak perlu frustrasi jika beberapa gagasan Anda tampak terlalu muluk pada tahap ini.

Sebaliknya, Anda perlu memandang gagasan Anda sebagai pintu masuk ke bisnis di masa depan. Beberapa di antaranya berupa bisnis yang dapat Anda mulai sekarang; beberapa lainnya harus menunggu hingga Anda mempunyai cukup sumber daya untuk bekerja; dan beberapa pintu bisnis lainnya tidak akan dapat Anda buka sama sekali hingga Anda melakukan penelitian lebih lanjut.

Tidak peduli berapa banyak kemungkinan gagasan yang muncul dalam benak Anda untuk mengubah hobi Anda menjadi bisnis, Anda akan memerlukan semacam sistem untuk mengevaluasinya. Secara umum, ada tiga hal yang perlu Anda pertimbangkan.


  1. Sumber daya Anda.

  2. Gaya hidup Anda.

  3. Studi kelayakan.


# Sumber Daya Anda

Betapapun cemerlangnya gagasan Anda, tampaknya Anda hanya dapat memulainya jika Anda mempunyai sumber daya memadai. Jujurlah dengan diri sendiri dalam hal ini. Tidak ada gunanya memulai sesuatu, kemudian menyadari bahwa Anda tidak mempunyai apa­-apa yang diperlukan bagi usaha Anda.

# PEMBIAYAAN

Sayangnya, ada terlalu banyak bisnis yang gagal hanya karena prmiliknya tidak memperkirakan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk memulai dan mempertahankan bisnis selama penjualan pada bulan-bulan pertama yang sulit, yang biasanya dihadapi setiap bisnis baru.

# KETERAMPILAN

Jika Anda tidak mempunyai dukungan keuangan yang besar bagi usaha Anda, barangkali Anda harus melakukan segala sesuatunya sendiri. Ini berarti, Anda harus mampu bernegosiasi dengan pemasok, menjual kepada konsumen, dan cermat dalam pembukuan.

Ada banyak tempat untuk mendapatkan bantuan. Anda dapat membeli buku-buku yang khusus menuliskan mengenai penjualan, Pencatatan, dan sebagainya, atau Anda dapat mengikuti kursus.

Tanpa memandang pengalaman yang Anda miliki, Anda perlu menghubungi pusat-pusat pendidikan setempat, tempat Anda dapat melihat banyak ragam kursus yang secara khusus diadakan bagi mereka yang memulai bisnisnya sendiri, tetapi tanpa atau hanya mempunyai sedikit pengalaman sebelumnya.

Kursus- kursus ini biasanya didukung pemerintah sehingga biayanya terjangkau.

# Gaya Hidup Anda

Mengabaikan hal ini dapat membahayakan Anda. Memulai bisnis Anda sendiri merupakan kegiatan paling menyenangkan yang dapat Anda lakukan. Lakukanlah dengan benar supaya Anda tidak harus bekerja untuk orang lain lagi. Anda juga akan menikmati kepuasan yang muncul karena membangun dan mengamankan masa depan Anda sendiri.

Namun, inilah pengecualiannya.

Memulai bisnis Anda sendiri berarti memikul tanggung jawab yang barangkali nanti Anda sadari tidak sesuai dengan gaya hidup Anda.

Jika, seperti banyak orang lain, Anda termasuk orang yang menghargai waktu luang Anda, tidak ingin bekerja pada akhir pekan, dan bisnis yang Anda rencanakan untuk dimulai hanya akan bekerja pada akhir minggu, jelaslah bahwa Anda akan punya masalah. Salah satu bisnis yang paling diimpikan orang yang ingin menjalankannya adalah menyewakan rumah penginapan tepi laut milik mereka sendiri. Bayangkan saja, bangun tidur tiap pagi dengan hembusan angin segar yang bertiup di penginapan Anda yang indah. Sementara Anda menyiapkan sarapan, tamu-tamu Anda menunggu dengan sabar sambil bersiap untuk memuji tema warna yang Anda pilih dengan cermat. Sayangnya, kenyataan bisa berbeda dan pasti akan ada kejadian-kejadian ketika menjalankan bisnis semacam ini berarti Anda hanya punya sedikit waktu untuk menikmati tempat tinggal Anda.

Jangan lakukan apa yang dilakukan banyak orang dan jangan menggantungkan diri pada bantuan orang lain dengan mengatakan, "Semuanya akan baik-baik saja, aku akan bisa mempekerjakan orang di sini di akhir pekan," karena sikap ini tidak akan berguna. Jika gagasan bisnis Anda hanya bisa berhasil pada waktu Anda tidak ingin bekerja, carilah peluang lain.

Agar berhasil, Anda harus mencurahkan 100 persen waktu Anda untuk bisnis, paling tidak pada saat-saat penting ketika bisnis baru berjalan atau dalam periode awal.

# Studi Kelayakan

Sebelum meluangkan waktu dan menanam uang untuk suatu gagasan bisnis, Anda harus yakin bahwa apa yang Anda perkirakan itu cukup layak.

Nanti, kita akan melihat apa yang diperlukan untuk menjalankan aliran uang dan perkiraan keuntungan serta kerugian dalam bisnis Anda. Kita juga akan melihat rumus untuk menghitung berapa banyak yang Anda perlukan untuk menentukan harga produk atau jasa Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon