Sabtu, 24 Agustus 2013

Ide Bisnis dimulai Dari Rumah

ide-bisnis-besarBanyak gagasan bisnis besar dimulai dari rumah, dari kamar tidur belakang, garasi, dan ruang tengah di rumah. Seperti tokoh komputer Amerika, Steve Jobs, pendiri Apple Computer, memulai bisnis di kamar tidurnya dan mengawali perdagangannya di garasi rumahnya.

Sir Alan Sugar, direktur eksekutif legendaris dari Amstrad (Alan Michael Sugar Trading), memulai kehidupan bisnisnya dari rumah, dengan menjual suku cadang elektronik kepada para pengecer dari belakang  mobil baknya dekat dengan rumahnya.

Karan Bilimoria, wirausahawan di balik merek Cobra Beer yang luar biasa sukses, sebelumnya harus mencoba berbagai bisnis impor hingga dia akhirnya mendapat peluang tepat dengan minuman yang sekarang ini dikenal luas. Metode penjualannya adalah dengan mengunjungi sebanyak mungkin restoran India yang bisa dicapainya untuk membujuk mereka menyediakan Cobra. Dia menggunakan mobil Citroen 2V tua berwarna hijau, yang sering mogok dan sudah penyok-penyok, untuk membawa jualannya yang pertama ke mana-mana. Ketika memulai bisnis, dia sedang dililit utang akibat usaha sebelumnya dan secara harfiah dia telah mengubah cara penjualan bir India di Inggris. Semua yang dicapainya kini dimulai dari meja dapurnya dan dijual dari kursi belakang mobil tuanya.

Pendiri Innocent Drinks, Richard Reed, Adam Balon, dan Jon Right, mulai menciptakan minuman sari buah dari rumah. Dan, setelah mengalami masa penjualan yang sulit pada awalnya, ketika para wirausahawan yang usahanya bergantung pada kecerahan cuaca terpaksa melipat tenda mereka dan sekali lagi mencari tempat berlindung serta kenyamanan dari kegiatan sebagai karyawan bergaji, ketiga orang itu meneruskan membangun merek minuman yang paling inovatit dan paling dicari di seluruh negara itu.

James Murray-Wells, seorang mahasiswa yang mendirikan Glasses Direct, memulai bisnis penjualan kacamata yang dapat dipesan melalui internet dan dikirim lewat pos, dari rumah. Sekarang, Glasses Direct adalah nama yang telah dikenal luas dan melakukan perdagangannya dari kantor-kantornya di Charlton Park, Malmesbury.

Simbol wirausahawan, sekaligus seorang aktivis, Anita Roddick, pendiri The Body Shop, memulai bisnis pertamanya dari tempat penginapan sederhana yang menyediakan tempat tidur dan sarapan di Littlehampton (kota tempatnya dibesarkan dan tempat ibunya menjalankan usaha kafe lokal). Meskipun

The Body Shop memulai perjalanannya sebagai toko kecil di Brighton, pada awalnya The Body Shop adalah gagasan yang bermula dari rumah, diawali oleh Anita ketika ingin menjual produk yang tidak diujicobakan pada hewan atau yang dihasilkan tanpa menyebabkan kerugian orang lain.

Situs jaringan sosial dunia maya, seperti Friends Reunited, dimulai dari rumah oleh Steve Pankhurst dan Jason Porter, yang beberapa tahun kemudian menjual perusahaannya itu, yang menurut laporan seharga sekitar 12 miliar rupiah. Sekali lagi, gagasan dan bisnis itu dimulai dari rumah dengan maksud semula menciptakan bisnis paruh waktu.

Menurut legenda, Richard Branson, pendiri The Virgin Group, menggunakan telepon umum yang terdekat dengan rumahnya sebagai kantornya untuk menerima telepon dan menelepon. Apakah ini benar atau tidak, saya tidak yakin, tetapi yang luar biasa adalah dia mendirikan bisnisnya dari rumah, kemudian menjalankan kerajaan perusahannya dari rumah kapalnya yang tertambat di London.

# Mengapa Begitu Banyak Bisnis Dimulai dari Rumah?

Jawabannya adalah karena gagasan besar dimulai dari rumah.

Selain itu, mari kita bersikap jujur saja pada masalah ini: alasan sebagian besar kerajaan bisnis dimulai dari rumah adalah karena pendirinya tidak mempunyai sarana yang diperlukan untuk memulainya dari tempat lain.

Tentu saja, kita semua menyukai kantor modern yang terang, armada mobil pengantar yang gesit dan sopir yang berseragam baru untuk mengirim barang jualan kita, para pramuniaga berseragam rapi yang berdiri di depan pintu toko kita, dan orang-orang yang bersuara merdu untuk menjawab telepon buat kita. Sayangnya, memulai suatu bisnis sama sekali tidak seperti semua ini. Ciri wirausahawan yang memulai bisnis dari rumah adalah mereka mempunyai sedikit atau sama sekali tidak punya uang. Mereka boleh jadi sedang terbelit utang atau sebelumnya bangkrut karena usahanya gagal, tetapi masih cukup percaya diri dan yakin pada gagasan sendiri untuk meneruskan impian besar mereka-yang mau tak mau hanya dapat dimulai dari meja dapur mereka.

Lain kali, ketika Anda menjumpai suatu bisnis besar yang menarik perhatian Anda, coba luangkan waktu untuk mencari tahu bagaimana dan di mana bisnis itu dimulai. Saya dapat memastikan bahwa hampir semua bisins yang Anda temui suatu saat pernah dilakukan di rumah

# Apakah Semua Gagasan Bisnis Terbaik Sudah Dilakukan?

Saat Anda duduk-duduk dan berusaha, memikirkan gagasan berikutnya yang menghasilkan uang miliaran, tampaknya semua gagasan terbaik sudah dilakukan orang. Anda mungkin berpikir, kalau saja saya punya gagasan membuat situs jaringan sosial maya, seperti My Space, Bebo, atau Friends Reunited. Anda mungkin juga menyesal karena tidak menjadi orang pertama dalam barisan yang mempunyai gagasan menjual minuman sari buah, yang beberapa tahun lalu relatif belum pernah terdengar. Namun, jangan putus asa tidak ada alasan Anda tidak dapat mempunyai gagasan sendiri dan membangun bisnis yang sukses dari situ.

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon