Minggu, 25 Agustus 2013

Cara Mendapatkan Ide Bagus

ide-usaha-dirumahMenggali semua kemungkinan yang muncul adalah sangat penting. Sering kali gagasan terbesar tidak muncul segera dan itulah sebabnya, kita perlu mempunyai strategi untuk mendapatkannya.

Sejauh ini, cara paling sulit memunculkan gagasan adalah duduk dengan memegang selembar kertas kosong dan berusaha memikirkan berbagai hal.

Metode yang paling saya sukai adalah:

         mencari gagasan sambil menikmati hobi;

         curah gagasan (brainstorming);

         surat-surat pembaca.

# MENCARI GAGASAN SAMBIL MENIKMATI HOBI

Sejauh ini, cara ini adalah yang termudah dan saya yakin, cara paling nikmat agar gagasan kreatif Anda mengalir sambil Anda melakukan hobi Anda.

Daripada sekadar menikmati hobi, saya ingin Anda memikirkan sesuatu yang membuat Anda paling merasa frustrasi mengenai hobi Anda. Anda tahu, sering kali peluang bisnis terbesar berada pada apa yang tidak kita sukai tentang sesuatu.

Setiap penyayang anjing akan tahu betapa menjengkelkannya tali anjing selama ini. Dahulu, Anda hanya dapat membeli tali anjing pendek yang membuat anjing Anda sering tertarik ke arah yang berlawanan dengan arah Anda.

Masalah ini, lalu terpecahkan ketika ada orang yang muncul dengan gagasan sederhana mengenai tali anjing yang dapat ditarik ulur, yang berarti Anda dapat membiarkan anjing Anda berjalan ke arah yang dia inginkan, tetapi masih terikat dengan talinya. Dan, jika Anda tidak ingin anjing Anda berjalan terlalu jauh, Anda cukup menekan rem dengan jari tangan Anda. Ketika anjing Anda berjalan di dekat Anda, tali ini akan tergulung kembali ke wadahnya.

Akan tetapi, mengapa kita perlu waktu begitu lama untuk mendapatkan alat sederhana ini?

Saya yakin, alasannya adalah karena mereka yang membuat tali anjing tidak pernah benar-benar membawa sendiri anjingnya untuk jalan-jalan, karena satu-satunya orang yang dapat membuat produk itu adalah orang yang sudah lama merasa frustrasi akibat keterbatasan tali anjing yang lama.

Kegiatan berkebun dapat menjadi kegiatan yang membuat punggung pegal. Orang-orang yang punya hobi berkebun memperoleh banyak sekali kemudahan ketika pembuat peralatan berkebun memperkenalkan sejumlah peralatan berkebun yang baru.

Termasuk dalam peralatan ini adalah sekop dengan pegangan lebih panjang, gunting rumput dengan bantalan agar siku lengan Anda tidak lagi tersentak-sentak ketika menggunakannya, dan tempat duduk ringan yang rendah agar Anda dapat duduk sambil menyiangi rumput.

Sekali lagi, sama seperti tali anjing yang telah dimodifikasi, alasan penjualan peralatan berkebun ini menjadi sukses besar dalam waktu singkat adalah karena peralatan tersebut dirancang oleh orang yang biasa berkebun, yang percaya bahwa kegiatannya di waktu luang dapat menjadi lebih menyenangkan dan berkurang sisi negatifnya dengan menambahkan beberapa modifikasi yang telah dipikirkan sebelumnya pada produk-produk asli.

Jadi, tanyakanlah kepada diri Anda sendiri, hal apa yang paling membuat Anda frustrasi dalam melakukan hobi Anda?

"Hal" itu tidak harus berkaitan dengan hobi Anda. Misalnya, Anda orang yang gemar berjalan kaki dan menyadari bahwa peta yang Anda gunakan sulit disimpan dengan baik ketika Anda berjalan, atau sulit dijaga agar tetap kering ketika hujan turun.

Bagi wirausahawan, masalah ini memberikan peluang.


  • Anda dapat merancang peta yang memenuhi kebutuhan khusus dari hobi Anda dan Anda dapat menerbitkan peta Anda sendiri atau mendekati perusahaan pembuat peta untuk menyampaikan gagasan Anda tentang bagaimana produk mereka dapat ditingkatkan serta menawarkan jasa Anda sebagai konsultan.

  • Anda dapat membuat wadah penyimpan peta yang mudah cligunakan dan dapat membaca peta itu saat hujan turun.

  • Jika wadah semacam itu sudah tersedia di suatu tempat lain di dunia, Anda dapat mengajukan lamaran pada perusahaan pembuatnya untuk mendapat izin menjadi distributor penjualan produk itu di tempat Anda.

  • Jika barang itu sudah ada di tempat Anda, Anda dapat mencoba membeli produk itu secara borongan dan mungkin menjualnya secara eceran dalam bisnis pemesanan lewat pos.


Identifikasi masalahnya dan carilah cara mudah untuk mengatasinya.

# CURAH GAGASAN (BRAINSTORMING)

Curah gagasan adalah cara lain untuk mendapatkan gagasan yang segar dan inovatif. Jika hendak menggunakan cara paling sederhana ini, Anda perlu duduk dan menuliskan setiap gagasan yang muncul dalam benak Anda tentang masalah yang berkaitan. Tidak peduli apa yang Anda tulis, karena tujuan kegiatan ini adalah "menggiatkan" sisi kanan otak Anda-yaitu, sisi kreatif-dan mengabaikan sinyal apa pun yang muncul dari sisi kiri otak Anda-yaitu, sisi yang berhubungan dengan logika dan aturan.

Meskipun cara ini amat efektif untuk memperoleh gagasan, jika Anda termasuk baru dalam menggunakan teknik ini, Anda akan memerlukan waktu agar terbiasa menggunakannya. Jadi, jangan kecewa jika cara ini tidak berhasil. Tetaplah menggunakannya dan saya berjanji, Anda akan mendapatkan keuntungan.

Anda mungkin menyadari bahwa "aturan" dan teknik-teknik berikut ini amat membantu, tetapi coba lakukan cara apa pun yang menurut Anda lebih nyaman dan dalam waktu singkat, Anda akan mendapat manfaatnya.

# "Aturan" dalam Curah Gagasan

  1. Jangan menghakimi gagasan Anda.

  2. Tuliskan apa saja yang muncul dalam benak Anda tanpa peduli apakah gagasan itu tampak amat konyol atau tidak berkaitan.

  3. Yang penting dalam latihan ini adalah kuantitas, bukan kualitasnya.

  4. Lakukanlah dalam waktu lima menit terus-menerus, berhenti, kemudian lakukan sesuatu yang lain selama beberapa menit sebelum mulai lagi.

  5. Jangan melakukannya jika Anda sedang lelah atau jengkel. Teknik ini akan memberi hasil lebih baik jika Anda dalam kondisi segar dan dalam kerangka pikiran yang positif.


# Teknik- Teknik Curah Gagasan

  1. Di selembar kertas yang kosong, tuliskan sejumlah kata kunci yang berkaitan dengan hobi Anda. Misalnya, jika hobi Anda memancing, Anda dapat menuliskan: kail, ikan, pancing, kapal motor untuk memancing, pantai, dermaga, dan sebagainya.

  2. Biarkan gagasan-gagasan Anda berkembang semaunya dan ingat, jangan menghakimi atau mengevaluasi apa pun yang Anda tulis. Setelah gagasan itu Anda tuliskan, segeralah beralih ke gagasan berikutnya.

  3. Gunakan gambar untuk mendapatkan gagasan. Bukalah halaman--halaman dari majalah hobi Anda, lihat gambarnya, dan tuliskan apa pun yang muncul dalam benak Anda.

  4. Gunakan pertanyaan untuk mendapatkan gagasan. Enam pertanyaan besar yang perlu diajukan adalah: bagaimana, mengapa, di mana, kapan, siapa, dan apa.

  5. Jangan terlalu serius. Cobalah untuk memikirkan gagasan lucu dan tuliskan. Misalnya, jika hobi Anda adalah main ski air, bayangkan Ratu Inggris belajar melakukan kegiatan itu dengan Pangeran Phillip terikat di belakang sambil membawa donat.

  6. Gunakan stopwatch untuk mengukur waktu lima menit dan segera setelah waktunya habis, berhentilah.


# Apa yang Dapat Anda Harapkan pada Akhir Kegiatan Curah Gagasan Ini?

Luangkan waktu untuk menguasai teknik ini. Dengan demikian, Anda akan mendapati bahwa Anda menghasilkan beberapa gagasan bisnis yang menarik. Namun, saya tekankan di sini bahwa seperti teknik-teknik lain yang bermanfaat, Anda memerlukan waktu dan kesabaran sebelum mendapatkan hasil terbaik.

Jika setelah mencoba beberapa kali Anda masih belum mendapat apa-apa, jangan putus asa. Silakan berhenti sebentar dan kembali pada kegiatan itu beberapa saat kemudian, ketika Anda sudah segar kembali dan pastikan Anda menggunakan semua teknik tersebut. Dari pengalaman saya, ternyata gambar-gambar sangat menolong. Rasanya, hebat sekali bahwa dengan memandang satu gambar, Anda memperoleh sesuatu dari imajinasi Anda.

# SURAT PEMBACA

Kolom surat pembaca dalam majalah hobi Anda dan forum-forum diskusi di internet serta papan pengumuman di situs hobi Anda merupakan tempat istimewa untuk mendapatkan gagasan baru bagi bisnis Anda.

Anda dapat menjelajahi tempat-tempat itu dan Anda akan mulai melihat beberapa keluhan yang sama, biasanya ditujukan kepada para pembuat dan pemasok barang yang dinilai tidak mampu memuaskan kebutuhan konsumen mereka. Semua itu adalah sarana yang bagus untuk mengetahui apa yang dipikirkan orang lain dan apa yang benar-benar ingin mereka beli.

Pada umumnya, bisnis besar bekerja berdasarkan skala ekonomi dan hanya akan memperkenalkan produk atau jasa jika mereka yakin akan ada cukup banyak permintaan untuk memastikan dilakukannya produksi dalam jumlah besar. Sering kali, sikap enggan begini menimbulkan peluang bagi wirausahawan kreatif untuk masuk dan memenuhi kebutuhan yang ada di pasar.

Dalam bisnis berkebun saya sendiri, secara teratur saya membaca forum-forum di dunia maya dan surat-surat di majalah tentang berkebun, dan menemukan bahwa semua itu amat menolong ketika saya merencanakan kampanye pemasaran serta menemukan apa yang dibutuhkan konsumen.

Ketika saya mulai memperhatikan halaman surat pembaca dari salah satu majalah berkebun yang saya ikut berlangganan, saya bisa melihat bahwa ada beberapa pertanyaan tertentu dari para pembaca yang terus muncul di musim semi, dan biasanya pertanyaan itu berasal dari pembaca yang masih baru dalam bidang berkebun serta ingin mengetahui bagaimano menanami kebun mereka yang pertama. Dari informosi ini, saya mengadakan kursus berkebun yang pertama-How to plan your first garden (Bagaimana menanami kebun pertama Anda)-yang saya jalankan di musim semi.

Beberapa majalah hobi juga mempunyai rubrik saran atau kiat dari pembaca, yang boleh jadi merupakan tempat yang penuh dengan ide­ide berguna untuk menciptakan produk inovatif.

Namun, waspadalah saat Anda berbagi kiat penting Anda dengan orang lain. Beberapa tahun lalu, seorang pembaca majalah pelayaran, yang saya juga berlangganan, mengirimkan solusi sederhana untuk menjaga keselamatan kapal motor dari pencurian. Dia terkejut dan sangat jengkel, yang saya yakin dapat dipahami, ketika kemudian dia melihat replika yang persis sama dengan alat yang dia usulkan, dijual di Southampton Boat Show. Ketika dia menanyakan lebih jauh asal mula produk itu, penjualnya mengatakan bahwa perusahaannya mendapatkan ide tentang produk itu dari kiat yang diberikan pembaca dalam sebuah majalah pelayaran.

Perusahaan yang menjual produk itu adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia dan menjual ribuan perangkat itu di seluruh dunia tanpa membayar sedikit pun kepada penemu aslinya.

Jika Anda mengembangkan prototipe suatu produk, Anda harus berusaha agar ciptaan Anda mendapatkan hak paten untuk mencegah kejadian semacam ini. Untuk itu, Anda akan memerlukan saran dari pengacara yang mengurusi hal-hal semacam ini.

# Menyimpan Buku Catatan

Gagasan itu seperti lelucon-Anda tidak pernah dapat mengingat mana yang baik. Jadi, Anda juga perlu mencatat segala sesuatu yang muncul dalam benak Anda dalam sebuah buku catatan. Secara pribadi, saya menggunakan buku catatan sebesar kertas ukuran A4, dengan sampul tebal, berjilid spiral, yang saya simpan di rumah. saya menggunakan buku catatan ukuran saku jika keluar rumah, kemudian memindahkan catatan saya ke dalam buku catatan besar ketika sampai di rumah.

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk menyimpan buku catatan.

  1. Belilah buku catatan yang Anda sukai dan segera setelah buku Itu terisi penuh, belilah buku yang sama sehingga ketika Anda mulai menyimpan buku-buku catatan itu di rak buku, semuanya akan tampak sama. Dengan demikian, kecil kemungkinan Anda akan kehilangan informasi.

  2. Gunakan buku catatan Anda untuk mencatat segala sesuatu mengenai bisnis hobi yang Anda inginkan.

  3. Catatlah semua gagasan Anda dalam buku itu, bahkan jika Anda tidak menyukai gagasan itu.

  4.  Selalu berjaga--jagalah untuk mendapat kontak Misalnya, nama dan alamat bisnis yang menyediakan segala sesuatu yang barangkali Anda perlukan untuk bisnis Anda.

  5. Ketika Anda menjumpai majalah atau artikel di koran yang menarik, potonglah dan rekatkan di dalam buku catatan Anda.

  6. Boleh juga Anda menggunakan komputer sebagai tempat mencatat. Pastikan Anda mempunyai cadangannya, baik dalam disket maupun CD.

Artikel Terkait

1 komentar so far

[…] Sebagian besar hobi dapat memperoleh peluang menjadi bisnis pada salah satu dari sepuluh model bisnis berikut.  Saran saya adalah Anda membaca daftar berikut ini dengan wawasan terbuka. Jangan terburu-buru menyimpulkan. Baca saja seluruhnya beberapa kali, kemudian tuliskan di selembar kartu dalam buku catatan Anda. Lalu, dalam beberapa hari berikutnya, kapan saja Anda mempunyai kesempatan, mulailah bekerja memeriksa daftar ini dan lihat betapa banyak bisnis yang dapat Anda mulai dari hobi Anda. […]


EmoticonEmoticon