Selasa, 07 Mei 2013

Manfaatkan Energi dan Suber Daya Tak Terbatas

energi-dan-sumber-dayaAlam semesta ini memiliki energi yang tak terbatas dan semua itu identik dengan kekayaan. Sebab, energi merupakan sunstansi dari materi dan sebagai bahan pembentuk unsur materi alam semesta. Jadi semua fenomena yang ada, merupakan manifestasi dari tingkatan-tingkatan energi atau berbagai proses transformasi energi.

Sedang energi sendiri berarti tenaga, daya atau kekuatan untuk menghasilkan perubahan. Tuhan mengizinkan semua kekayaanNya kalau mampu boleh dikelola oleh manusia. Artinya, kita dipersilahkan memanfaatkan dan menggunakan harta kekayaan Alam ini sebanyak mungkin dengan benar.

Energi punya makna yang sangat luas. Mislanya, berbagai disiplin ilmu juga punya satuan unit energi yang berbeda-beda, seperti satuan energi watt, Electro Watt, Electron Volt, British Thermal Unit (Btu) sampai dengan satuan Tenaga Kuda.

Sementara itu guna membangun energi, khususnya bagi kesehatan individu adalah gizi. Tenaga yang di dapat dari gizi bisa dijadikan bahan bakar kesempurnaan. Tanpa gizi, manusia tidak mungkin bisa berpikir dan otak ini tak mampu memberi perintah untuk bangun, berdiri, duduk, jalan, lart, belajar, bekerja: bicara, beribadah atau dengan kata lain melakukan kegiatan ata mengembangkan aktivitas selama 12 jam. Menurut ahli gizi, kebutuhan kalori untuk laki-laki usia 11-76 tahun ke atas, antara 2700-2050, sedang perempuan usia 11-76 ke atas antara 160( 2200. Dalam melakukan kegiatan seberat apa pun, kebutuhan energi seseorang harus tetap. Sesuai dengan kondisinya tiap hari

Jika tidak mempunyai syarat energi yang dibutuhkan oleh tubuh masing-masing, mungkin saja kita hanya bisa tergolek di tempat tidur dengan pernapasan yang tersendat-sendat. Itu pun kita masih punya energi kehidupan . Kendati cuma memilik beberapa kalori yang tersisa di dalam tubuh. Tanpa energy, biokimia kita akan jadi kacau. Dapat mengacaukan seluruh sistem dan dapat menyebabkan otak kita jadi terganggu.

Pada dasarnva, manusia berada di bawah hukum termodinamika. Ia akan menyerap energi untuk membangkitkan energi dan akan jadi enerjik. Makin tinggi tingkat energi, aktifitas tubuh pun akan makin efisien. Ketika tubuh merasa nyaman aman dan sehat, akan makin mampu pula seseorang meraih hasil dan pekerjaannya.

Energi memang sangat penting dalam mengerahkan seluruh  kekuatan dan pikiran hingga hasilnya bisa luar biasa. Energi akan memberikan semangat hidup, stamina fisik, kreatifitas sebagai pasokan kekuatan dan pendorong hidup seseorang. Manusia diberi anugerah sumber kekayaan dan energi yang bisa kita gunakan seumur hidup. Alam juga menuntut, agar manusia menjaga tubuh dan akal budinva agar tetap murni guna mencapal kesuksesan hidupnya.

Banyak yang menyatakan, untuk menyempurnakan energi manusia wajib melakukan olah raga yang tepat, rutin dan ditunjana dcngan gizi yang benar dengan tambahan buah-buahan Kombinasi makanan yang tidak sesuai, justru akan menggerogoti energi bahkan dapat menyebabkan kehilangan energi itu sendiri serta menimbulkan penyakit.

Karena itu, mereka yang sempurna energinya akan menjadi manusia yang enerjik. Esensinya adalah orang tersebut akan memiliki semangat hidup, gairah, senantiasa cerah dan bergembira ketika pingin meraih prestasi, sanggup berjuang, kreatif dan punya bejubel ide serta jujur, terutama terhadap diri sendiri. Mereka juga  percaya, bahwa isi bumi ini tersedia buat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan terus menggali kekayaan atau energi yang ada disekitarnya.

Para entrepreneur hyper sukses di dunia ini, memulai kesuksesannya jelas karena mereka begitu enerjik dan dari awalnya memang telah punya pilihan hidup untuk sukses dan menekuninya dengan penuh keyakinan. Menurut Anthony Robbins, penulis 'Unlimited Power, kalau orang meimilih sedih ia akan  mendapatkan sedih. Begitupun, kalau memilih kebahagiaan dan tahu apa itu bahagia, maka is akan mendapatkan kebahagiaan itu. Semua itu merupakan hasil dari energi sekaligus otak manusia yang  menjalankannya. Sementera itu, langkah pertamanya adalah memiliki niat untuk menemukan keyakinan yang dapat memandu manusia menuju hasil yang sempurna.

Mereka yang kepingin sukses, bagaimanapun harus menemukan keyakinan yang mendukung kemampuan hingga menemukan yang dikehendaki. Mereka juga harus sanggup menghirup energi alam yang tak terbatas ini untuk menjemput seluruh kesuksesannya. Dan, dalam perjalanan itu mereka juga memiliki filosofi hidup masing-masing yang tidak kalah hebatnya dengan para tokoh filsuf, penemu atau pejuang kemanusiaan Yang terkenal abad-abad lalu. Filosofi itulah yang patut kita contek.

Tokoh-Tokoh Enerjik Abad-abad Silam

Siapa yang tak kenal Christopher Columbus yang dengan gagah beraninya berlayar mengarungi lautan­lautan asing yang belum masuk peta pada zamannya,  hingga ia pun berlabuh ke dataran super luas yang disebut Hindia Barat (West Indies) atau Benua Amerika sekarang. Begitupun, mereka yang pernah belajar Geometri mestinya akan kenal nama Pythagoras (penemu rumus Pythagoras). Lantas, nama-nama tokoh Socrates, Plato, Aristotle (ketiganya adalah filsuf) Leonardo da Vinci (Seniman lukis dan pahat, Ilmuwan, Arsitek),

Isaac Newton (penemu Fisika), Rudolf Diesel (penemu mesin Diesel), Otto Lilienthal (pelopor penerbanganan dunia), Benyamin Franklin (entrepreneuer sukses, ilmuwan, politikus dan Pemimpin Besar AS), Thomas Alva Edison (penemu lampu pijar dan pemegang hak paten paling banyak di dunia dengan jumlah 1.093 buah). Mahatma Gandhi (Tokoh perge­rakan perdamaian dari India), Abraham Lincoln (Presiden AS, pembebas budak-budak) adalah, para tokoh hebat yang senantiasa menghirup energi alam secara maksimal (enerjik) de­ngan menjaga kesehatan primanya.

Dengan semangat dan gairah hidup yang menyala-nyala mereka tetap menjaga kesehatan secara fisik, energi mental atau kekuatan kreatif yang dahsyat. Karena diyakini, semangat hidup akan meningkatkan kekuatan yang ada dalam segenap kemampuan. Semangat, memungkinkan pekerjaan atau kreatifitas akan menjadi lebih efisien dan produktif. Semangat dan gairah seperti inilah yang harus diimiliki oleh seorang entrepreneur sejati.

Selain itu kegigihan akan membuat sutau pekerjaan lebih tergarap, membuat semua sasaran lebih tercapai. Hasil kerja terbesar bukan terwujud dengan kekuatan, melainkan dengan ketabahan, kegigihan, semangat dan gairah hidup. Wanita dan pria yang sukses di dunia di kenal kegigihannya dalam menggengggam suatu tujuan.

Dengan sepuluh ribu kkali gagal, seorang Thomas Alva Edison telah menemukan lampu pijarnya. Semua itu dijalaninya dengan semangat menyala-nyala, gairah, kegigihan dan ketabahan.

“Ketika Anda tengah mengejar cita-cita tinggi, Anda boleh mendongak ke tokoh-tokoh selebriti Amerika Serikat atau negara-negara barat. Mereka tidak pernah merasa puas, meski sudah memiliki segalanya”.


 

 

Artikel Terkait

1 komentar so far

[...] contek dari kiat-kiat para wiraswastawan sukses. Hal itu menurut Purdi E.Chandra, dalam bukunya `Menjadi Entrepreneur Sukses‘, merupakan hal Yang sah-sah raja. Talah tak jarang para entrepreneur itu dengan senang hati [...]


EmoticonEmoticon