Rabu, 29 Mei 2013

Dari Mana Harus Memulai Bisnis?

usaha-sendiriTetapkan hati sekarang juga bahwa Anda akan menanggapi setiap keadaan dengan suatu sikap mental yang positif, optimis dan ceria. Jika Anda menyaksikan penafsiran diri sendiri berjalan dengan penuh kebahagiaan, sehat dan yakin dengan berkata, `Ya, aku benar-benar dapat melakukannya. " Maka tanda-tanda neurologika akan menempatkan dalam keadaan dimana Anda bertindak dan berjalan. " (Anthony Robbins)

Diakui banyak entrepreneur, ketika akan mulai melangkah berbisnis mereka pun menghadapi kendala dan kesukaran. Telebih mereka yang pada awalnya tidak menemukan idea tau gagasan mau berbisnis apa, namun punya kemauan dan bersiap-siap akan melakukan praktek bisnis. Begitupun, calon pebisnis yang modalnya pas-pasan. Kendala dan kesukaran itu akan mereka alami, karena acapkali calon pebisnis belum berpengalaman dan pengetahuannya atau ilmu tentang bisnisnya yang sangat minim.

Ada beberapa jenis bisnis yang arahya bisa mencapai ke professional mandiri, seperti :


  1. Jualan atau berdagang barang-barang, bisanaya merupakan idea tau gagasan dari pebisnis pemula. Ia akan berpikir bahwa dengan memiliki modal seadanya, bisa mendirikan warung makan atau toko kelontong yang menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti Sembilan bahan pokok, perlengkapan untuk berpakaian, sepatu, sandal, tas dan lainnya. Barang-barang yang mereka jual awalanya dibeli dari agen-agen. Pebisnis pemula seperti ini biasanya disebut kulakan, pengecer, penjaja, atau pedagang makanan.

  2. Industri rumahan biasanya menghsilkan produk buatan sendiri. Mereka mampu mencipta, mendesain, dan membuat suatu produk. Sebutannya pengrajin atau industri kecil-menengah (Usaha Kecil Menengah/UKM) hingga industri besar. Bisa juga disebut produsen yang produknya bisa dijual sendiri atau dijual orang lain.

  3. Menjual jasa pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas guna efisiensi waktu, tenaga dan praktis. Ada pula pekerjaan menjual jasa untuk pengembangan diri bagi para murid dengan menjadi trainer atau pelati, mengambangkan pendidikan sekolah/kursus (guru/mentor), kesehatan (dokter,psikiater), seni (seniman,penyanyi,bintang film), transportasi (supir), informasi (penyiar/wartawan/MC), hukum (notaris), desain banguan (arsitek), perancang pakaian (penjahit/desainer). Semua itu bertujuan untuk kepuasan pelanggan.

  4. Menjual ide dan solusi atau menjadi konsultan dapat juga disebut sebagai menjual jasa, namun sifatnya konsultasi untuk berbagai bidang, seperti lembaga keuangan, kesehatan, pendidikan, pariwisata, bisnis, ekonomi, landscape dan lain-lain.

  5. Menjadi Kontraktor adalah orang yang suka mengembangkan proyek-proyek berdasarkan kontrak kerja dan waktu.

  6. Menjadi Investor, biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki banyak uang dan menanamkan uang/modal untuk mengembangkan sebuah bisnis. Biasanya investor telah mempercayakan orang lain untuk menangani bisnis tersebut.Ia sendiri hanya mendapatkan keuntungan dari hasil bisnis tersebut.

  7. Semua pebisnis di atas dapat disebut sebagai Pengusaha ketika perusahaannya telah memiliki persyaratan untuk menjadi PT atau Yayasan.

  8. Dan lain-lain.


 

Agar bisnisnya berkembang, calon pebisnis harus memiliki :

1)        Pengetahuan luas dan keahlian di bidang pilihannya

2)        Ketelitian, perhitungan dan pengalaman

3)        Persiapan mental dan fisik

4)        Persiapan sarana dan prasarana (infrastruktur)

5)        Kreatif dan inovatif

 

Dan, yang pasti para calon entrepreneur tersebut harus  :

  1.  Memiliki Motivasi Bisnis

  2. Memiliki Modal Dasar Entrepreneurship

  3. Memiliki Idola Entrepreneur

  4. Memiliki Sikap Profesional

  5. Memiliki Jiwa Kepemimpinan


I.    Memiliki Motivasi Bisnis

Ada beberapa motiiasi dari mereka yang bisnis, anrara lain :

  • Sedang dalam kondisi terdesak Ketika Anda tidak punya alias jadi penganggur. Padahal hidup terus saja berlangsung. Untung, pesangon PHK masih tersisa. Maka usaha bisnis pun harus segera Anda jalankan.

  • Mematangkan hobi atau ketrampilan - Anda punya hobi dan kererampilan unik yang kira-kira bisa dijadikan uang Cobalah bisniskan. Minimal tawarkan kepada orang sekitar Anda dalu.

  • Mewujudkan impian untuk memiliki bisnis sendiri - Bosan di perintah orang lain ketika bekerja di sebuah organisasi ? Tidak bebas? Wujudkan impian Anda untuk punya usaha sendiri.

  • Ingin lebih kaya - Melihat orang lain bisa kaya bisnis. Mengapa Anda tidak pingin kaya juga ?

  • Mengisi waktu luang-Walau Anda sudah bekerja, namun di luar jamkerja ada bisnis yang bisa Anda lakukan. Mengapa ­tidak dilakukan ?

  • Kepingin ganti profesi-Bosan dengan pekerjaan lama dan ingin ganti Profesi Cobalah belajar berbisnis `sesuatu' yang Anda bisa lakukan.



  • Melihat Peluang yang tak terduga Ketika Anda ditawari suatu usaha bisnis dan ternyata Anda bisa melakukannya, mengapa tidak dicoba ?


II.    Memiliki Modal Dasar Entrepreneurship

Seseorang  yang ingin bergerak di bidang bisnis memang harus memiliki modal dasar sebagai entrepreneur. Sebab itu Anda perlu mengukur kemampuan Anda sendiri dalam menjalankan bisnis. Dalam masalah tersebut, David Rye, seorang pengusaha, guru wirausahawan yang sukses membuatkan kuis seperti di bawah ini :

  1. Apakah Anda senang melakukan jual beli, setidaknya Anda ni suka mencari sedikit keuntungan ketika akan barter sebuah a.    barang jadi uang. Dan, Anda pun sangat menikmatinya.

  2. Apakah Anda suka bersaing untuk mendapatkan 3i        kemenangan. Hal itu sering Anda lakukan, misalnya ketika Anda masih di sekolah atau sesudah bekerja.

  3. Dapatkah Anda memimpin diri sendiri dengan disiplin kuat.  Seperti bangun sebelum subuh, mandi, membersihkan rumah lalu bekerja dengan tekun?

  4.  Apakah Anda suka merencanakan sebuah pekerjaan jauh­-jauh hari serta melaksanakannya dengan konsisten hingga mencapai sasaran dan tujuan?

  5. Setelah Anda memulai bisnis, siapkah Anda mengurangi standar hidup sebelum Anda mencapai penghasilan yang a      kuat? Misalnya saja, Anda mampu makan bubur setiap hari seperti kiat yang dilakukan oleh orang Cina ketika mereka hidup prihatin terlebih dulu?

  6. Apakah Anda sehat dan memiliki stamina fisik yang cukup untuk dapat kerja secara konsisten dalam waktu yang lama?

  7. Bersediakah Anda mengakui kesalahan kemudian menerima nasihat orang lain?

  8. Apakah jiwa Anda cepat stabil dalam menangkal stres dan ketegangan?

  9. Dapatlah Anda beradaptasi secepatnya terhadap segala perubahan?

  10. Apakah Anda seorang yang penuh inisiatif dan dapat bekerja mandiri serta tidak tergantung sama orang lain?

  11. Dapatkan Anda mempercayai orang lain dan apakah mereka juga mempercayai Anda?

  12. Cepatkah Anda membuat solusi masalah secara efektif dal penuh keyakinan?

  13. Dapatkah Anda menjaga sikap positif bila bertentangai dengan orang lain?

  14. Apakah Anda seorang komunikator yang baik dan dapatkah Anda menjelaskan gagasan-gagasan kepada orang lain dengan kalimat yang mudah dimengerti?


Bila Anda menjawab semuanya dengan 'ya' untuk semu pertanyaan di atas, maka Anda adalah calon entrepreneur yang sukses!

111. Miliki Idola Entrepreneur

Bingung ketika akan memulai adalah soal semua orang yang ingin berbisnis. "Bisnis apa ya, yang bisa saga lakukan dan menguntungkan?" demikian yang biasa kita dengar dari orang- orang yang terdesak ingin punya icone ekstra. Sebagai orang gajian di sebuah organisasi atau karena jadi PNS yang jujur, kadang Anda merasa gaji yang diperoleh sangat kurang buat keluarga. Apalagi Anda mulai gelisah setelah dengar akan adan, ancaman PHK dan memang benar pada akhirnya Anda kena PHK. Sedang untuk melakukan bisnis pun Anda tidak punya modal.

Bagaimana jika pengangguran itu benar-benar terjadi terhadap diri Anda? Cobalah renungkan barang sejenak, apa sai sib potensi yang Anda miliki. Jangan lupa, bahwa setiap manusia  ternyata bisa memanfaatkan yang ia miliki seperti tenaga, otak hobi, atau ketrampilan, pengetahuan, ditambah dengan mental yang kuat. Potensi itu pastilah ada di dalam diri Anda Sebab,Tuhan memberi manusia sarana melalui tubuhnva, lalu difirmankanlah ayat ini, ".Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan  satu masyarakat, hingga mereka mengubah  apa yang terdapat dalam diri mereka (QS Al-Ra'd 13:11).

Manusia memang harus berusaha. Jadi semisal otak dan mental yang hendak Anda manfaatkan, contek sajalah kiat sukses idola pebisnis Anda. Siapapun dia. Ikutilah, terutama tentang keberaniannya. Soal untung-rugi, bagaimana nanti. Yang penting mulai usaha dulu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon