Sabtu, 02 Maret 2013

Tips Menjual Barang di Internet

[caption id="attachment_753" align="alignleft" width="254"]Jualan Online Jualan Online[/caption]

Saat anda memutuskan untuk memulai bisnis di internet, anda sudah harus siap dengan apa yang harus anda lakukan untuk melakukan internet marketing. Mempromosikan produk anda melalui website memerlukan tehnik yang jitu dan cerdas agar bisa mengena ke customer.

Pertama, pastikan untuk mengkonfigurasi atau mengatur website anda sebagus mungkin. Banyak customer yang langsung pergi atau menekan tombol close di layar website karena mereka melihat website anda desainnya jelek dan terkesan ecek-ecek. Apalagi jika website anda dipenuhi oleh banyak iklan yang dipasang disana. Sebenarnya mana yang mau anda promosikan? Website anda sendiri atau iklan orang lain? Nah, maka dari itu optimalkan semaksimal mungkin website anda supaya bisa menjadi bagus dan enak dilihat.
Semakin bagus desain website anda, semakin betah pula para pelanggan mengunjunginya.

Kedua, yang paling penting ketika melakukan internet marketing adalah info yang fokus dan mengena ke tujuan anda yaitu promosi produk. Tidak usah memberikan info yang berbelit-belit tapi langsung saja berikan mereka info yang diinginkan misalnya spesifikasi produk yang anda jual, kualitas barangnya, bahan pembuatannya, dan tidak lupa terakhir yang paling penting adalah harganya. Harga merupakan poin penting yang menjadi pertimbangan utama para pelanggan. Jadi jangan sampai anda memberikan harga yang terlalu mahal dan fantastis. Ini akan menyebabkan pelanggan anda mencari toko online lain yang harganya lebih murah.

Contohnya anda menjual hape nokia N97 dengan harga 1.200.000 rupiah, jika ada online shop lain yang berani menjual hape tersebut dengan harga 1.100.000, pastinya para pelanggan akan lebih memilih ke toko yang lebih murah tersebut bukan? Maka dari itu kenalilah harga pasar terlebih dahulu dan lihat berapa harga yang ditawarkan oleh toko lain terhadap produk yang mereka jual.

Ketiga, berikan info yang lengkap mengenai profil online shop anda. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan kalimat pembuka yang ringan seperti: “kami toko online shop XXXX menyediakan produk fashion yang murah dan berkualitas untuk....” Dengan memberikan info yang jelas mengenai profil online shop anda, mereka akan bisa tahu bahwa anda disana benar-benar menjual produk dan tidak main-main.

Ketika melakukan browsing atau belanja online, kekhawatiran utama yang dirasakan pelanggan adalah kebenaran dari keberadaan toko anda. Pastinya mereka mengantisipasi hal ini supaya mereka tidak ditipu oleh penjual online yang curang. Peran anda disini adalah menunjukan bahwa anda benar-benar menjual produk yang nyata dan toko online anda adalah toko yang bisa diandalkan. Dengan memberikan kejelasan mengenai keberadaan anda, hilanglah sudah rasa ragu yang dimiliki customer untuk membeli produk di online shop yang anda miliki. Keempat, pilihlah website yang bisa diandalkan untuk prmosi produk anda.

Website yang bisa anda andalakan disini adalah facebook, blog, dan twitter. Facebook mungkin lebih diunggulkan karena kemudahannya dalam melakukan add friends dan juga terhubung dengan banyak orang. Sementara blog lebih unggul dalam menu konfigurasi dan membuat desain untuk situs anda semenarik mungkin. Pilihlah website yang sesuai dengan selera anda.

Keempat, Layanan Purna Jual, usahakan anda tidak putus hubungan dengan pelanggan anda,


  1. Catat Nama, nomor HP, dan Alamat customer anda dengan baik

  2. Masukkan ke dalam data based customer anda

  3. Lakukan contact dengan memberikan no resi dan  menanyakan apakah barang sudah diterima

  4. Lakukan contact kedua menanyakan kritik dan kepuasan terhadap produk yang mereka beli

  5. Lakukan contact ke tiga secara berkala menanyakan kabar dan kemungkinan melakukan pembelian ulang, atau bahkan berminat menjadi distributor


Kelima, Update website anda dengan informasi yang menarik, bagaimanapun juga ini akan sangat bermanfaat untuk menambah keyakinan para customer dan keuntungan review dari google, alexa, dll

Itulah kira kira 5 tips singkat yang bisa anda lakukan sebagai penjual yang sukses di Internet.

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon