Jumat, 08 Maret 2013

Membangun Bisnis Online

[caption id="attachment_762" align="alignleft" width="300"]membangun bisnis online membangun bisnis online[/caption]

Bisnis online merupakan bisnis yang sedang ngetop dan ngetren di kalangan masyarakat saat ini. Bisnis itu juga bisa disebut bisnis via internet. Bisnis tersebut menemukan tajinya ketika jaringan internet semakin mem- booming dan mudah diakses oleh masyarakat luas.

Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan oleh internet itulah yang membuat banyak orang ingin menggeluti bisnis online via internet. Dengan berbisnis online, Anda tidak perlu capek lantaran pergi ke mana-mana. Anda pun tidak perlu capek ­capek membuang tenaga dan pikiran, serta tidak harus membutuhkan modal yang besar. Anda hanya cukup menyediakan seperangkat komputer dan modem, maka Anda bisa menambah pundi-pundi uang di rekening tabungan Anda di bank.

Itulah enaknya berbisnis online via internet. Kalaupun Anda tidak memiliki komputer dan mo­dem, Anda masih bisa pergi ke warnet. Jadi, per­syaratan harus mempunyai komputer dan modem itu tidak lagi menjadi suatu keharusan. Justru, yang menjadi keharusan bagi Anda adalah memiliki keah­han yang memadai untuk mengoperasikan kompu­ter dan internet. Selanjutnya, Anda harus rajin-rajin membuka internet, entah itu milik sendiri, pinjam orang lain, maupun pergi ke warnet.

Dengan bisnis online ini, Anda juga dituntut untuk rajin-rajin membuat penawaran bisnis bisnis melalui internet, entah itu dengan membuat blog atau website, chatting, serta rajin mempromosikan dan menawarkan bisnis Anda kepada teman-teman di facebook, atau bisa juga An­da mengikuti promosi dan penawaran bisnis, mulai dari cara pengiriman barangnya maupun teknis pembayaran yang aman.

Selain bisnis jaringan, bisnis online juga bisa digeluti melalui usaha jasa pembuatan website, usaha bisnis ebook search engine, berjualan pulsa via internet, serta masih banyak lagi lainnya. Peluang usaha tersebut dapat pula digunakan untuk memasarkan produk usaha melalui internet, sehingga dengan bantuan jualan via online mampu memperluas jaringan dan jangkauan pasar usaha. Jadi, sangatlah mungkin untuk memperoleh keuntungan yang besar hanya dengan usaha yang bermodal kecil.

Produk yang dapat dijual lewat bisnis online dapat bermacam-macam, mulai dari makan, aksesori, kaus, buku, dan lain-lain. Dengan bisnis ini pun, Anda tidak perlu memproduksi sendiri atau memilikinya. Anda hanya perlu berbelanja dan memberikan tarif jual ditambah ongkos kirim.

Anda juga bisa berbisnis dengan ngeblog. Bila uni, tentunya dapat menghasilkan banyak uang, sep rti pay per click, jualan link, dan paid review. Dengan bisnis semacam ini, Anda tak harus menghabiskan banyak waktu, namun pendapatan Anda perbulan bisa mencapai Rp 2.000.000,00 hingga Rp 3.000.000,00.

Cara seperti itu memang memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi para konsumen. Sebab, via online, jarak pembeli dan penjual tidak Dipermasalahkan lagi. Orang papua yang ingin membeli batik Yogja jarak dan waktu yakarta pun dapat dengan mudah memperolehnya tampa harus datang langsung ke kota Yogyakarta lantaran adanya bantuan internet. Dengan adanya website, seolah-olah tidak ada lagi jarak dan waktu yang menghalangi seseorang oleh memperoleh informasi mengenai suatu produk.

Namun, dibalik keuntungan dan keuntungan yang dimiliki, belanja via online juga memiliki banyak resiko. Fasilitas tersebut seringkali disalagunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga tigak sedikit konsumen yang perna tertipu layanan belanja via internet. Oleh karena itu, Anda harus teliti dalam memilih sutus-situs yang menyediakan layanan belanja via online. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, hendaknya Anda mengecek secara detail sirusitu agar benar-benar menyakinkan dan tidak tertipu.

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang dapat menunjang kesuksesan Anda dalm berbisnis online. Adalah berbagai hal tersebuta adalah sebagai hal tersebut adalah sebagai berikut:

 


  1. 1.             Awali Dengan Hobi


Jenis usaha yang berawal dari hobi pasti terasa lebhih mudah dilakukan. anda pun tidak terasa lebih mudah dilakukannya. Selain itu, Anda sudah memiliki pengetahuan mendasar tentang bisnis tersebut. Anda pun perlu membuang waktu untuk mempelajarinya. Anda hanya perlu mendalami, mengembangkan, ataupun mengenal tren terbaru yang berhubungan dengan hobi tersebut.

 

  1. 2.             Perdalam Pengetahuan


Karena anda akan menjalani usaha online, ada baiknya Anda mengubah pengetahuan dalam menjalankan fungsi-fungsi internet. Ketahuilah penyedia-penyedia situs bebas biaya, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk memiliki situs internet.

 

  1. 3.             Kunjungan Komunitas Dunia Maya


Ada banyak sekali komunitas dunia maya yang tersebar, seperti perkumpulan pencinta kain, penghobi makanan, dan lain-lainnya. Carilah sekiranya yang cocok dengan jenis usaha Anda. Setelah itu, lakukan promosi. Tak perlu malu-malu, Anda harus mau memasarkan produk.

semakin banyak orang yang mengenal usaha Anda, semakin besar pula kemungkinan mendapatkan calon pembeli. Jalinan komunikasi yang baik dengan orang-orang yang akan anda temui di dunia maya tersebut tercipta kepercayaan diantara Anda dan mereka, Terkait itu, ada satu hal yang mesti diingat saat berpromosi, yakni ikutilah aturan-aturan yang berlaku dalam komunitas terebut. Sekali melanggar Anda bisa kena penalti.

 

  1. 4.             Perbarui Situs secara Berkala


Sangat penting untuk memperbaharui (update) situs.Anda bisa meng-update  seminggu sekali atau dua minggu sekali, dan jangan sampai sebulan sekalia. Jika terlalu lama, maka calon pembeli bisa jadi tak tertarik untuk kembali mengunjungi situs anda. Pasalnya, pengunjung harus terus mendapatkan tawaran dan informasi terbaru dari toko Anda.

Update tak harus dalam bentuk besar-besaran. Hany dengan menambahkan satu jenis barang baru saja sudah cukup. Setiap perubahan dalam hal detail kontak, harga, pembayaran, dan pengantaran barang mesti di informasikan dalam situs.

  1. 1.             Miliki produk yang Cukup dan Cicil Foto Barang


Tidak apa-apa bila memulai usaha dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak, namun pastikan bahwa jumlahnya cukup, setidaknya untuk 6 kali update. Sebaiknya, anda tidak menampilkan semua produk sekaligus. Di simpan saja terlebih dahulu agar anda bisa terus meng-update. Cicillah foto barang-barang itu sedikit demi sedikit. Pada waktu senggang, carilah produk atau kreasi terbaru.

 

  1. 2.             Kreatiflah dengan Foto


Karena calon pemidak bisa melihat barang yang anda tawarkan secara langsung, siasatilah hal ini dengan menampilkan foto-foto produk. Calon pembeli tidak akan terpuaskan keingintahuannya, atau ia malah jadi tidak tertarik karena mengangap biasa-biasa saja.

Makanya, fotolah produk anda dari berbagai sudut dan jarak. Sediakan versi umum dan mendetailnyab supaya calon pembeli bisa mengetahui secara pasti rupa barangnya. Hiasan yng menarik juga akan menambah nilai jual barang tersebut.

  1. 3.             Miliki nilai plus


Anda boleh saja menjual pakaian yang sama dengan toko yang lain, tetapi tentu saja usaha anda jadi tak ada istimewanya, bukan? Kalau anda menjual pakain khusus berukuran besar dengan motif-motif unik yang bisa membuat pemakain superlangsing dan mengantarnya ke rumah pembeli, maka usaha anda dapat dianggap berbeda dari kebanyakan. Oleh katena itu, temukanlah keunikan dalam setiap jenis usaha yang anda jalankan. pelayanan yang memuaskan juga bisa dijadikan sebagai nilai plus dalam usaha anda.

  1. Network Marketing


Alternatif yang juga bisa diterapkan oleh maha siswa adalah menjalankan usaha network marketing.  Dalam network marketing, si mahasiswa itu seperti sedang membuka toko, dan ia dapat mengajak banyak orang di sekeliling untuk membuka toko sepertinya.

Sebagainya layaknya toko, dalam network marketing, si mahasiswa bisa mendapatkan pengasilan tambahan berupa keuntungan eceran dari penjualan barang. Selain itu, ia juga dapt memperoleh penghasilan lainya berupa komisi jaringan. Nah, inilah yang biasanya di incar oleh kebanyakan orang.

Dalam network marketing, mahasiswa bisa menjalankan usaha pada waktu yang memang diinginkannya. Namun, bukan berarti ia tidak akan sibuk. Ia mungkin akan sibuk, tetapi waktunya hiasanya fleksibel. Selain itu, modal uang yang dibutuhkan juga jauh lebih sedikit.

Internet marketing tidak semuanya dilakukan sendirikan, walaupun anda telah melihat banyak pribadi  yang sukses dari dalam dan luar negeri yang menjalankan bisnisnya secara perseorangan. Bekerja sama dan menjalin jaringan yang sebanyak-banyaknya membuk kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan usaha ke arah yang lebih maju.

Boleh jadi, anda memiliki hobi yang banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari. Bila blog termasuk salah satunya, mka beruntunglah anda karena hobi yang satu ini mempunyai peluang besar untuk menjadikan anda sukses. Mungkin anda mengasumsikan network marketing sebagai bisnis yang sepele dan kurang bergengsi. Namun, pada kenyatannya, banyak orang yang bergelut dalam bidang network marketing dapat menjadi orang0orang yang sangat sukses dengan modal yang kecil sekali.

Internet memang menawarkan segudang kesempatann dan kemungknan untuk mendapat penghasilan tambahan. Tetapi, di bali itu, banyak juga orang yang memanfaatkannya untuk tujuan yang tidak benar. Saat ini, marak beredar tawaran investasi atau pun pekerjaan yang dapat menghasilakan uang yang lumayan besar, yang bisa anda siasati kalau anda memang jeli. Sukses berbisnis di internet tidaklah midah, tetapi juga sulit, asalkan anda ma uterus belajar menemukan kunci kesuksesan di sana.

Sepertinya, banyak orang yang masih  bingung memilik dan menjalankan bisnis network marketing yang baik dan tidak ada unsure penipu. Nah, sebagai solusinya anda mesti mencermati beberapa cara ini.

Pertama, pilihlah network marketing yang sebelumnya anda ketahui, walaupun hanya sedikit informasi anda ketahui , walaupun hanya sedikit informasi yang anda ketahui tentang hal itu.

Kedua, pilihlah network marketing yang telah tercantum dalam APLI (Asosiasi Perdagangan Langsung Indonersia).

Ketiga, pilihlah network marketing yang menawarkan pendaftaran di bawah  Rp100.000,00. Keempat, lihatlah produk-produk yang dijual dalam network marketing tersebut. Kelima , jangan sungkan bertanya kepada orang-orang tentang network marketing tersebut.

Hasil penelitian dari Forrester Research menyatakan bahwa bisnis internet marketing yang saat ini bernilai US$ 95 miliar diperkirakan pada tahun 2008 pertumbuhannya akan mencapai US$ 230 miliar. Itu merupakan kabar baik bagi orang-orang yang terjun di bidang bisnis online, terutama network marketing online yang makn berkembang pesat pada dekade ini.

Apabila anda ingin mengetahui beberapa kelebihan bisnis di internet, anda perlu memperhatikan beberapa penting mengenai tujuan fakta yang membuat bisnis network marketing online berkembang pesat. Berbagai fakta tersebut adalah sebagai berikut;

 

  1. 1.             Target Market Tak Terbatas


Teknologi internet memungkinkan Anda menjangkau target market (pasar) yang tak terbatas di seluruh dunia. Sementara itu, network marketing offline hanya memungkinkan Anda memasarkan pada lingkup yang terbatas, seperti teman, sanak keluarga, dan tetangga.

 

  1. 2.             Promosi Lebih Efektif


Network marketing online dipasarkan dengan berbagai macam promosi online. Promosi online ini lebih efektif karena Anda bisa membidik target yang tepat, baik itu negara tertentu maupun orang yang memiliki suatu minat. Anda pun tidak harus membuang banyak waktu, tenaga, dan biaya untuk pasar yang bukan menjadi target Anda.sementara itu, faktor-faktor ketidak berhasilan nework marketing offline lebih banyak disebabkan oleh pemasaran yang tidak pada target yang semestinya.

 

  1. 3.             Otomatisasi Sistem


Anda perlu khawatir kehilangan prospek saat Anda sedang tertidur lelap, padahal di belahan dunia lain yang menjadi target Anda sedanng sibuk-sibuknya menjalankan aktifitas bisnis pada siang hari. Sistem auto responder akan bekerja untuk Anda selama 24 jam non stop melayani prospek Anda dari belahan dunia mana pun.

 

  1. 4.             Modal dan Resiko Kecil


Jika bibandingkan dengan bisnis offline/biasa, maka modal maupun resiko akan lebih kecil dibandingkan bisnis offline. Namun, hasilnya bisa lebih besar ketimbang penghasilan utama.

 

  1. 5.             Transaksi Real Time


Teknologi online idak hanya menghubungkan Anda denngan seluruh orang-orang seluruh dunia, tetapi juga memungkinkan bagi Anda untuk bertransaksi antar benua secara real time. Bayangkan jika anda harus mendatangi langsung satu per satu prospek Anda yang berada di luar negeri. Pasti sangat merepotkan dn membutuhkan banyak biaya, bukan?

 

  1. 6.             Menjalankan Bisnis Dari Mana Saja Kapan Saja


Sebenarnya yang paling menarik ialah network marketing online menawarkan kebebasan bagi Anda untuk memilih dimana dan kapan Anda bekerja selama Anda terhubung dengan internet.

 

  1. 7.             Peluang Mencapai Kebebasan Finansial Lebih Besar


Karena target market network marketing tak terbatas, maka peluang untuk meraih kebebasan finansial pun semakin terbuka lebar.

Pada dasarnya, bisnis online dan network marketing sangat menggiurkan karena dapat menghasilkan jutaan rupiah dalam hitungan bulan. Meskipun begitu, dalam bisnis ini, dibutuhkan pula ketekunan dan keseriusan. Bagi mahasiswa yang pintar membagi waktu, kuliah sambil bisnis menjadi salah satu pilihan yang tidak sekaligus menantang. Selain itu, hal tersebut juga akan menambahkan uang saku atau menutupi biaya kebutuhan sehari-hari.

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon