Senin, 18 Maret 2013

Manisnya Bisnis Donat

[caption id="attachment_827" align="alignleft" width="300"]bisnis donat bisnis donat[/caption]

Sudah bukan rahasia umum lagi jika berbisnis makanan adalah bisnis yang selalu menjanjikan alias tak ado matinyo, begitu pepatah Melayu-nya. Apa pun jenis makananya, yang penting ialah makanan yang akrab dengan lidah kebanyakan orang Indonesia.

Donat merupakan jenis makanan yang telah dikenal baik oleh masyarakat. Bentuk donat pun bermacam-macam dan menarik minat banyak oran. Donat bersifat mengwnyanggkan karena terbuat dari tepung, serta menyenankan bagi orang-orang yang hanya ingin mengganjal rasa lapar. Namun, hal itu tidak mengurangi minat orang-orang yang suka ngemil untuk membelinya.

Melihat fenomena tersebut, Anda menunggu apa lagi? Ini merupakan peluang usaha yang menggiurkan bagi Anda, yakni menyediakan donat yang dibutuhkan oleh pasar. Jika Anda merasa tidak bisa membuat donat dengan rasa yang enak, bisa dijual, serta dapt bertahan di pasaran, Anda tinggal memutar otak dan menemukan solusinya, yaitu menjadi distributor donat.

Usaha tersebut tidak membutuhkan tempat khusus sebaga tempat usaha karena sifatnya hanya menyalurkan. Ruang rumah Anda atau kost Anda pun sudah cukup sekadar untuk menge-drop barang dari produsen, kemudian membagi-baginya kepada down line (orang yang akan berjualan secara langsung). Selan itu, usaha ini juga merupakan usaha yang simpel karena tidak membutuhkan penanganan produksi.

Merintis bisnis distributor donat tidaklah rumit dan tidak membutuhkan modal besar. Bisa dikatakan bahwa usaha ini dapat dijalankan oleh masyarakat dengan modal dengkul. Artinya, tanpa modal bessar, berbekal semangat pantang menyerah dan keberanian, serta ditambah marketing yang terus-menerus. Dengan berbekal semua itu, maka usaha Anda akan berkembang dengan cepat.

Supaya bisnis tersebut tersebut bisa semakin berkembang pesat, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Pertama, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat produksi donat yang memiliki kualitas unggul, baik dalam pengolahan rasa maupun kemasan. Alangkah lebih baik lagi bila Anda bisa menjual dengan harga jual yang miring.

Kedua, bangunlah jaringan pemasaran Anda sejak sekarang. Pada tahap awal, Anda dapat memasukkannya di sekitar kampus dan kost-kost. Atau, Anda juga bisa menggunakan jaringan pertemanan, baik teman-teman penghuni kost maupun teman-teman Anda. Sebab, sekolah dan kampus biasanya menjadi daerah pemasaran yang subur bagi bisnis ini.

Ketiga, jajakilah kemungkinan untuk memberikan stok barang ke warung-warung atau beberapa rumah makan. Keempat, sediakan ruangan semi khusus untuk tempat hilir mudik barang. Maksudnya, tempat untuk meng-drop barang bagi para down line.

Kelima, lakukan deposit barang untuk pengambilan barang dari produsen. Dalam melakukan deposit ini, sebaiknya Anda perjelas perjanjian pengambilannya. Apakah donat yang sudah diambil bisa dikembalikan jika sisa atau tidak bisa? Biasanya, untuk jenis makanan, apalagi makanan yang tidak tahan lama, tidak ada sistem pengembalian barang untuk barang yang tidak laku. Hal ini tidaklah apa-apa. Ketika Anda sudah mengetahuinya sejak awal, maka Anda dapat menyiapkan antisipasinya sedari awal. Antisipasinya adalah Anda memesan dalam jumlah yang kemungkinan akan laku semua.

Keenam, sediakan perlengkapan-perlengkapan tambahan yang akan membuat pembeli merasa puas dengan pelayanan Anda. Misalnya, boks untuk jualan dan plastik untuk membungkus. Sebab, tidak semua pembeli akan langsung memakan donat yang dibelinya saat itu juga.

Ketujuh, siapkan perbukuan sederhana untuk mengetahui keuntyngan dan perkembangan bisnis donat.

Sesungguhnya, usaha distributor donat dapat dilakukan oleh siapa saja. Sebagaimana yang dikatakan sebelumnya, hanya butuh semangat pantang menyerah dan keberanian untuk memulai suatu usaha, dan tidak membutuhkan keahlian khusus ataupun usaha khusus. Bisnis ini bisa Anada lakukan sebelum berangkat kuliah. Untuk usaha hanya dibekali tips dan trik memasarkan dan membidik pasaran dengan cepat dan cermat, serta mengorganisasikan “pasukannya”.

Tantangan pertama dari bisnis distributor donat adalah jika ternyata donat yang dijual tidak langsung habis dalam satu hari. Atau, dengan ungkapan lain, penjualan donat sepi. Bila seperti itu, maka Anda akan merugi karena modal Anda tidak akan kembali.

Tantangan kedua dalam bisnis distributor donat adalah banyaknya saingan yang berbisnis pula dalam bidangini dan menawarkan barang yang sama, serta jangkauan pemasaran yang kurang luas. Untuk pemasaran di kawasan pendidikan, yakni kampus dan sekolah, maka saat liburan merupakan suatu tantangan tersendiri bagi Anda. Sebab, liburan berarti pemasukan minim.

Sesungguhnya, perencanaan merupakan setengah dari keberhasilan, apa pun itu. Tentunya, yang termasuk di dalamnya adalah bisnis. Strategi dalan bisnis adalah bagian dari perencanaan yang tidak boleh diabaikan. Anggaplah ketika akan berbisnis, perencanaan menjadi faktor pendukungg kemenangan Anda.

Untuk donat, meskipun bisa disimpan di kulkas, tetapi rasa donat yang masih fresh dengan donat yang lama pasti berbeda. Nah, supaya Anda semakin terampil dalam berbisnis

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon