Selasa, 19 Maret 2013

Bisnis Cuci Helm

[caption id="attachment_835" align="alignleft" width="300"]Bisnis Cuci Helm Bisnis Cuci Helm[/caption]

Sering semakin membludaknya pemilik kendaraan bermotor, tidak dapat dipungkiri bahwa keadaan ini berbanding lurus dengan jumlah helm dalam kehidupan keseharian. Di sisi lain, kesibukan masyarakat dan orang-orang kantoran yang berkendaran berdampak terhadap terabaikan nya kenyamanan pengendara, khususnya dalam memakai helm yang tak pernah dicuci. Keadaan ini tampanya menjadi peluang bisnis bagi sebagian orang, meskipun semua banyak orang yang memandang sebelah mata terhadap bisnis ini. Namun, setelah booming, ternyata banyak juga yang berbisnis cuci helm.

Bisnis cuci helm kendaraan bermotor memeng merupakan sebuah bisnis baru, namun cukup diminati oleh masyarakat saat ini. Prospek bisnis itu cukuplah bagus. Omezet yang dihasilkan pun bisa mencapai jutaan rupiah setiap setiap bulan, apalagi kebutuhan masyarakat terhadap pencucian helm kian meningkat, Khususnya di daerah perkotaan, yang jumlah pemilik kendaraan bermotornya semakin bertambah banyak.

Bagi masyarakat perkotaan yang selalu di sibukan oleh rutinitas pekerjaan, mencuci helm merupakan pekerjaan yang rumit, apalagi proses pengirimannya tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Sesunguhnya, jika proses pencuciannya tidak benar-benar kering, maka bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Bagi orang-orang yang sibuk, mereka baranggapan bahwa lebih baik mencuci helm di tempat pencucian dibandingkan mencuci sendiri. selain lebih bersih, mencuci helm dengan jasa cuci sangatlah membantu mereka yang mempunyai sedikit waktu. Menggunakan jasa pencucian helm pun akan lebih Menghemat tenaga dan waktu karena hanya membutuhkan waktu satu jam untuk membersihkan helm. Setelah itu, helm pun menjadi lebih wangi.

Untuk memulai bisnis cuci helm, Anda tentu harus mempersiapkan beberapa hal penting. Di antaranya adalah persiapan modal untuk membeli mesin pompa air,sabun,dan sampo yang khusus untuk helm,serta mesin pengering.untuk membeli ,esin pompa air,setidaknya Anda mengeluarkan biaya Rp. 400.000,00 guna membeli 1 unit mesin. Untuk sewa tempatnya,Anda mesti mengeluarkan biaya Rp. 3.000.000,00 per tahun. Adapun biaya umum lainnya,seperti listrik,air kursi,selang,sabun,dan sampo,bisa mencapai Rp. 2.000.000,00 sampai Rp. 3.000.000,00.

Ketika menjalankan bisnis cuci helm,sejumlah hambatan pastilah ada. Beberapa hambatan  tersebut antara lain semakin banyaknya pesaing yang ikud-ikutan terjun dalam bisnis ini,factor musim,listrik,air dan harga cuci yang terus kompetitif. Karena sejumlah hambatan itu, tidak jarang penghasilan yang Anda peroleh tidak sesuai target.

Dalam bisnis jasa pensusian helm, jumlah konsumen sangat menentukan pendapatan Anda. Bila konsumen yang menggunakan jasa Anda jumlahnya banyak, maka semakin besar pula omzet penghasilan yang Anda peroleh. Begitu pula sebaliknya.

Oleh sebab itu, Anda harus memiliki strategi bisnis yang tepat agar konsumen yang menggunakan jasa pencucian helm di tempat Anda semakin banyak. Misalnya, Anda memberikan fasilitaspencucian yang lebih baik dari pada tempat pencucian helm yang lain,menawarkan servis pelayanan yang baikdan cepat,harganya lebih murah ketimbang tempat helmnya,menyediakan diskon bagi orang yang berlangganan,serta menyediakan Koran dan televise di tempat Anda agar pelanggan tidak bosan menunggu.

Selain berbagai strategi itu, Anda juga dapat menunjang bisnis Anda dengan strategi promosi yang baik. Misalnya, Anda menyebarkan brosur ke tempat-tempat umum,seperti perkantoran,kampus,dan perumahan. Strategi ini terbukti cukup efektif untuk mendongkrak jumlah konsumen pengguna jasa pencucian helm,apalagi jika Anda member diskon kepada konsumen yang mencuci helm dengan membawa brosur itu.

Nah, bisnis cuci helm tentunya cukup mudah untuk Anda jalankan. Tetapi, jika Anda sebagai masyarakat,Anda tentu saja butuh bantuan orang lain dan tidak dapat bekerja sendiri. Maka, akan lebih baik Anda mempekerjakan 1-2 orang untuk membantu meringankan kerjaan Anda. Dalam bisnis ini,yang terpenting adalah ketekunan untuk terus mewujudkan kesuksesan dengan tanpa berhenti untuk berinovasi.

Supaya Anda bisa menuai banyak keuntungan dari bisnis cuci helm,Anda mesti menentukan lokasi bisnis yang strategis. Ada bebebarapa gambaran lokasi yang strategis untuk membuka bisnis cuci helm.


  • Pertama, disekitar tempat parkir motor di mal. Lokasi ini dianggap paling baik, karena tiap hari pengunjung mal berbeda-beda. Kedua, disekitar tempat parker motor di kampus.

  • Ketiga,  disebelah tempat cucian motor. Dalam hal ini, Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain tanpa harus sewa tempat.

  • Keempat, disekitar tempat yang banyak perkantoran.

  • Kelima,  disekitar tempat penitipan motor.


Nah anda siap mempunyai bisnis cuci helm yang sangat menguntungkan? selamat mencoba...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon