Jumat, 08 Februari 2013

Menemukan Ide Bisnis

[caption id="attachment_703" align="alignleft" width="300"]cari ide bisnis hobi bisnis[/caption]

Hobi dianggap sebagai sesuatu yang unik dalam diri setiap orang. Sehingga, aktivitas bisnis yang merupakan ekspresi hobi atau talenta alami memiliki kemungkinan besar untuk sukses. Hasil penelitian Stanley (2003) menunjukkan bahwa 81% pengusaha dan professional yang sukses memiliki profesi karena usaha atau pekerjaan mereka memungkinkan penggunaan kemampuan atupun bakat mereka sepenuhnya.

Dalam hal itu, ada semacam keterkaitan antara mencintai aktivitas usaha dengan optimalisasi hobi atau bakat. Apabila kita mencintai aktifitas usaha yang kita lakukan, maka kemungkinan besar kita akan mampu mengoptimalkan bakat yang ada pada diri kita.

Ada banyak pengusaha sukses yang memlai bisnisnya dari hobi. Dalam Psychology of Success  dari 2.000 orang yang sukses diteliti, ternyata 80% adalah orang-orang yang menyukai sesuatu yang mereka lakukan. Factor menyukai menghadirkan energy sukses yang punya daya dorong luar biasa.

Sebagai contoh, Bill Gates, sewaktu masih muda mempunyai hobi computer dan mengutak-utiknya secara tekun dan cermat, sehingga menjadi usaha yang sukses dan menjadi orang terkaya di dunia. Dalam hal memulai bisnis dari hobi,langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar hobi yang berpotensi untuk dijadikan bisnis,seperti menulis,melukis,memasak,bermain music,merangkai bunga, dan lain-lain.

Menulis


Berbisnis dari hobi tidak identik dengan membutuhkan uang banyak. Dengan uang yang minimpun, Anda bisa berbisnis dari hobi. Salah satunya adalah hobi menulis, Anda dapat menjadi kaya dengan modal yang sedikit, bahkan bila dikatakan tanpa modal.

Pemilihan karya menulis pun bermacam-macam, mulai dari cerpen,puisi,esai,novel,artikel,resensi,sampai buku-buku ilmia dan popular. Tulisan-tulisan Anda tersebut bisa Anda kirim ke media massa ataupun penerbt sehingga Anda mendapat honor atau royalty. Namun, menulis membutuhkan proses yang memakan waktu untuk menjadi andal, sehingga Anda harus banyak belajar dan berlatih agar menghasilkan karya yang optimal.

Kisah berikut ini mungkin menjadi inspirasi bisnis Anda. Beberpa tahun lalu,ada seorang wanita pekerja administrasi yang dipecat. Persoalannya,wanita itu menggunakan fasilitas kantor untuk keperluan pribadi, yaitu menulis cerita. Beberapa tahun kemudian, ia menjadi salah satu penulis best seller  sekaligus slah satu orang terkaya di dunia. Nama wanita itu adalah J.K Rowling. Dan, yang membuatannya dipecat dari kantornya adlah cerita Harry Potter.

Hobi menulis pun bisa Anda implementasikan dalam pekerjaan tanpa menganggu waktu kuliah,moisalnya menjadi seorang jurnalis atau kolumnis di Koran lokal maupun kampus. Hobi tersebut dapat Anda kerjakan di mana pun sesuka Anda dan kapan saja, serta tidak menganggu tugas utama anda sebagai mahasiswa.

Makanya, tidaklah mengherankan jika banyak orang menjadikan hobi menulis sebagaipekerjaan sampingan yang sangat digemari. Jika Anda dengan dasar menulis yang banyak  dengan cara membaca buku,majalah,ataupun Koran. Selain itu,perluaslah pemuatan artikel atau cerpen Anda dengan membuat tulisan yang beraneka ragam, serta cermati pula pangsa pasar tentang topik yang sedang hangat-hangatnya, Tulislah persoalan yang sedang menjadi head line pemberitaan media dengan analisis yang tajam dan tidak berbelit-belit. Dalam hal ini, Anda bisa membuat artikel berdasarkan pengalaman dan bidang pengetahuan yang benar-benar Anda kuasai.

Mulailah menulis dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, namun  up to date dan mencerahkan, sehingga memberikan manfaat bagi para pembaca. Buatlah tulisansebanyak mungkin,setidaknya 5-6 kali mengirim ke media massa setiap bulan. Jika Anda memiliki computer maupun laptop sendiri,mak hal itu lebih ekonomis. Tetapi,bila Anda tidask mempunyai computer maupun laptop, Anda bisa menggunakan jasa rental computer dan warnet,yang mungkin hanya membutuhkan biaya Rp. 5.000,00 sampai Rp/ 10.000,00 setiap kali mengirimnya.

Dalam hal menulis, Anda memang tidak membutuhkan modal financial yang banyak, karena yang dibutuhkan adalah modal ketekunan dan pengetahuan. Jika Anda sudah rutin dan intens menulis,khususnya artikel,setiap karya yang diterbitkan, untuk media lokal,Anda akan mendapatkan honor Rp. 200.000,00 sampai Rp. 300.000,00.

Apabila 4 artikel Anda diterbitkan oleh media local setiap bulan,setidaknya Anda mendapatkan pendapatan dari honor tulisan itu minimal Rp. 800.000,00. Pendapatan ini juga akan semakin meningkat jika Anda semakin rajin menulis dan mengirimkannya ke media nasional yang honornya lebih besar.

Anda juga bisa menulis naska buku popular atau buku how to  yang menarik, yang kira-kira setebal 150-200 halaman saja setiap bulan. Setelah rampung menulis,Anda dapat mengirimkannya ke penerbit yang sesuai dengan tema buku. Dengan demikian,Anda akan mendapatkan royalty dari naskah itu sekitar Rp. 2.000.000,00 tiap naskah.

Bermain Musik

Bermusik termasuk salah satu hobi yang bisa dijadikan bisnis. Dengan music,Anda bisa meraup banyak keuntungan darinya. Anda dapat mengawalinya dengan cara menawarkan kepada orang-orang di sekeliling Anda atau rekan-rekan Anda. Jika ingin lebih efektif,gunakan media brosur atau leflet kecil,kemudian bagikan ke tempat-tempat umum dan lampu merah. Sebab, pada zaman yang serba sibuk ini, banyak orang tua yang ingin mengursuskan anaknya tanpa harus keluar rumah. Sejumlah ahli berpendapat bahwa music bisa merangsang kerja otak yang dapat menambah kecerdasan anak.

Oleh karena itu, kursus musik untuk anak laki-laki bisa menjadi segmen bisnis yang sangat menggiurkan. Jika segmennya anak-anak kelas atas yang sudah memiliki alat sendiri,maka kursus privat dapat menjadi suatu pilihan. Tariff kursus bisa Anda patok sekitar Rp. 250.000,00 sampai Rp. 300.000,00 setiap bulan dengan enam kali pertemuan selama 2 jam tiap pertemuan.

Sebagai media promosi,berikan tarif yang kompetitif,atau setidaknya lebih murah dibandingkan tempat kursus pada umumnya,asalkan kualitas kursus tetap sama atau lebih baik dari kursus lainnya. Dalam hal iniAnda bisa member privat kepada 3-4 orang tiap bulan. Dan, sudah dapat dipastikan bahwa Anda dapat mengantongi uang sejumlah Rp. 1.200.000,00 setiap bulan.

Memberi les privat music lebih efektif dibandingkan dengan studio music kursus,karena Anda bisa mengolah waktu dengan baik. Namun, jika yang meminta privatadalah kelompok band anak atau semacamnya,dan ternyata peralaaatannya kurang memadai, maka Anda bisa member privat di studio rental. Sebab, kursus rental biasanya diperuntukkan bagi kelompok band yang sudah mampu bermain music sendiri, tetapi alatnya belum ada atau masih belum lengkap. Hal ini juga bisa diikuti oleh orang-orang yang benar-benar berminat terhadap music dan ingin mendalaminya lebih serius lagi. Terkait itu, Anda mesti memperhatikan kenyamana dan fasilitas yang memadai demi mendukung bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Berbisnis Makanan Ringan

Salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi ialah makan. Dan,hobi yang bisa dijadikan bisnis adalah membuat aneka makanan. Anda dapat memulainya dengan cara membuat makanan ringan atau makanan kering, yang bisa Anda titipkan di warung-warung di sekitar Anda atau beberapa restoran.

Dalam berbisnis makana ringan, jauhkan perasaan gengsi dari diri Anda. Sebab,sebuah kesuksesan tidak mengenal gengsi. Kemudian, perbanyaklah produk dan inovasi. Dengan demikian,Anda dapat menampilkan kesan yang unik pada produk Anda,sehingga produk Anda lain dengan yang lain dengan menu yang berbeda-beda pula.

Bisnis makanan ringan merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Hampir semua orang tidak ada yan menolak keberadaan jenis produk makanan ringan. Apalagi orang-orang Indonesia yang kaya dengan macam ragam makanan ringan khas daerah,seperti rempeyek, krupuk udang,dan lain-lain. Modal yang dibutuhkan pun cukup ringan dengan potensi penghasilan yang terbilang besar.

Jika Anda ingi berbisnis makanan ringan,hendaknya Anda memilih jenis makanan ringan dengan sector konsumen anak-anak dan seumur. Bisnis makanan ringan dapat dimuali dari modal kurang dari Rp. 200.000,00. Banyaknya bahan baku di Indonesia sehingga kita dapat membuat makanan ringan seharusnya menjadi alternative bisnis yang menjanjikan. Dengan bermoal uang Rp. 200.000,0 dan peralatan seadanya,maka usaha gorengan dan kue kering sudah mampu mengeruk keuntungan di atas Rp. 100.000,00 per hari.

Faktor terpenting dalam usaha makanan ringan terletak pada kemampuan kreativitas pemilik usaha. Anda bisa memulai promosi dengan membuat makanan ringan untuk kegioatan kampus,seperti seminar atau pelatihan. Bualtah makanan ringan dengan bahan berkualitas. Meskipun harganya sedikit mahal,tetapi makanannya bermutu tinggi. Selain itu,ciptakan menu makanan baru dan unik untuk membedakannya dengan makanan ringan yang lain mulailah membuat makanankegemaran Anda atau teman-teman Anda. Dengan begitu maka akan terasa lebih menyenangkan.

Anda juga bisa mempromosikan makanan ringan buatan Anda dengan menyebarkan brosur sekitar kampus,atau Anda memajang jajanan di event kajian hari Minggu atau akhir pekan. Pertahankan kualitas yang istimewah dari makanan Anda agar konsumen akan setia kepada Anda.

Mengutak-atik Barang Elektronik

Jika Anda mempunyai kegemaranmengutak-atik barang elektronbik,seperti komputer,tape,handphone,atau semacamnya, Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah peluank bisnis. Seiring berjalannya waktu,baranmg-barang elektonik akan semakin banyak, sehingga banyak pula orang yang membutuhkan keahlian Anda untuk  memperbaiki kerusakan alat-alat elektronik mereka.

Tidak semua orang bisa memperbaiki peralatan elektroniknya masing-masing, apalagi bila ditambah dengan rutinitas kerja yang semakin padat. Makanya, dalam hal ini, ada peluang bisnis yang menjanjiukan,yakni bisnis servis panggilan.

Ketika Anda ingi berbisnis dalam hal itu,Anda bisa memulainnya dengan langkah awal dari teman-teman kost atau di sekitar lingkungan Anda. Berikan servis/pelayanan yang memuaskan agar para pelanggan merasa nyaman,puas,dan tertarik untuk kembali servis di tempat Anda, serta menginformasikan kepada konsumen lainnya.

Pelayanan panggilan bisa menjadi alternative yang menarik lantaran kesibukan orang-orang yang tidak memungkinkan untuk pergi ke tempat servis. Makanya, mereka cenderung akan memanggil teknisi untuk dating ke tempat mereka.

Sebenarnya, servis panggilan menurut Anda untuk bekerja lebih keras,karena Anda harus membawa berbagai peralatan,baik memang dubutuhkan atau tidak,mencari local servis,menyediakan spare part, dan memberikan pelayanan maksimal.

Untuk memuali bisnis tersebut, Anda cukup menyiapkan satu set alat servis yang harganya sekitar Rp. 100.000,00 sampai Rp. 150.000,00, spare part cadangan untuk alat-alat rumah tangga yang harganya berkisar Rp. 100.000,00 sampai Rp. 500.000,00 dengan biaya servis kira-kira Rp. 20.000,00 hingga Rp. 50.000,00 tergantung pada berat kerusakannya.

Dengan menekuni bisnis itu, jika kerusakan yang Anda perbaiki per hari mancapai 2-3 alat elektronik, berarti Anda sudah bisa meraup keuntungan Rp. 100.000,00 per hari. Dan, dalam jangka 2-3 bulan, Anda sudah mendapatkan uang pengganti pembelian alat-alat dan spare part cadangan.

Untuk memaksimalkan bisnia Anda i9ni, Anda bisa memasang iklan lewat brosur atau selembaran. Tentunya,Anda juga memberikan keistimewaan pelayanan antar-jemput.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon