Senin, 11 Februari 2013

Media Cetak atau Media Internet?

[caption id="attachment_707" align="alignleft" width="259"]Promo Media Cetak Promo Media Cetak[/caption]

Anda merupakan pengusaha  yang kini tengah menggeluti usaha-usaha yang menggunakan fasilitas online market sebagai salah satu atau bahkan metode utama dalam pemasaran produk anda? Ataukah justru anda adalah pelanggan yang siap membeli berbagai barang kebutuhan dengan cara memilih pedagang atau marketer online yang terpercaya di bawah ini.

Dengan berbekal satu buah perangkat personal computer dan modem penghubung jaringan, maka anda sudah bisa menghubungkan banyak orang kepada produk anda, namun yang paling penting adalah, bagaimana agar pelanggan bisa tertarik dengan produk yang anda miliki. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu disiapkan adalah dengan menyiapkan produk terbaik, unik dan inovatif. Banyak para pengusaha gulung tikar atas usaha yang dilakukannya karena barang yang mereka jual tak mampu menarik pelanggan, barang sudah umum dan tak solutif bagi kebutuhan masyarakat. Setelah tahap persiapan barang yang akan dijual beres, maka langkah selanjutnya adalah menentukan kemasan yang menarik atas produk anda. Kemasan menjadi hal yang sangat penting mengingat kemasanlah yang menjadi identitas pertama yang akan menajdi perhatian pelanggan. Kemungkinan terjualnya produk atau tidaknya juga sangat dipengaruhi oleh faktor ini. Kemasan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap kegiatan pemasaran, bahkan hampir disetiap tips usaha di internet menyertakannya sebagai salah satu faktor penting penentu kesuksesan usaha.

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan media apa yang bisa menjangkau pasar lebih banyak, media cetak (Koran, majalah, pamflet atau bahkan brosur) bisa menjadi sarana. Namun yang paling banyak direkomendasikan adalah dengan menggunakan bantuan dari layanan internet. Keuntungan layanan ini adalah sangat memungkinkan anda untuk tak selalu berada data toko untuk menjaga produk yang dijual, seluruh transaksi bisa dilakukan dengan satu kali klik saja. Atau bagi anda yang gemar berbelanja produk bermerk buatan luar negeri misalnya, maka akan memudahkan anda mendapatkan barang tersebut tanpa pergi mengunjungi berbagai belahan dunia tersebut. Melakukan penggencaran promosi via media internet kini membuat kesempatan yang sangat menjanjikan. Tak jarang, seorang ibu rumah tangga biasa mampu menghasilkan jutaan rupiah per bulan untuk mencukupi pekerjaan suaminya dengan bekerja dengan online market. Awalnya mereka hanya mengikuti beberapa tips usaha di internet dari berbagai situs ditambah pengetahuan yang didapat dari beberapa buku ekonomi dasar tentang jual-beli. Hal lain yang tak boleh ketinggalan adalah adanya jaminan kualitas dari produk yang anda jual, banyak kasus negatif beredar untuk beberapa produk yang tak membuat pelanggan puas, padahal sangat disayangkan karena seluruh kegiatan promosi yang kita lakukan sangat bisa tercoreng akan hal itu.

Tak jarang pula yang masih pemula dan kini telah berhasil sukses dalam setiap bisnis yang dikembangkan. Namun hal itu bukanlah pemicu untuk berhenti. Menentukan langkah strategis dalam setiap bisnis merupakan momen krusial yang sangat diperlukan dan menjadi penentu kesuksesan usaha, oleh karena itu, lakukan persiapan usaha online anda dengan sebaik mungkin agar setiap langkah strategis anda terlaksana dengan baik dan teratur. Buktikan dengan mengunjungi tips usaha di internet dari berbagai situs yang tersedia.

Media cetak sebetulnya bisa sangat mendukung usaha internet anda, tentu dengan mencari media yang cocok dan mempunyai komunitas pembaca yang kira kira banyak yang memahami internet. Untuk media yang satu ini sebelum anda melalukannya persiapkan dengan domain berbayar, agar terlihat profesional dan meyakinkan. Anda bisa memulai dengan iklan baris seperti di media mingguan majalah peluang usaha, atau koran lokal di daerah anda.

Menggabungkan media internet dan media cetak merupakan salah satu saja dari sekian banyak metode pemasaran produk anda yang bisa anda pilih. Anda bisa mengembangkan berbagai cara sederhana dan murah, agar produk anda bisa laku dijual. Dan yang paling penting anda akan menjadi pebisnis yang mandiri dan handal.

Tujuan menggunakan media cetak adalah dengan menjaring dan memperlebar pangsa pasar saja, nanti bisa anda analisa mengenai untung rugi dari proses iklan anda di media cetak tersebut. Jika di daerah anda lebih cocok dengan model iklan seperti itu mengapa tidak dicoba?

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon