Jumat, 15 Februari 2013

Berbagai Pilihan Ide Bisnis (1)

[caption id="attachment_712" align="alignleft" width="300"]Ide Bisnis Sederhana Ide Bisnis[/caption]

Banyak sekali pilihan bisnis yang bisa anda ambil, silahkan sesuaikan dengan hobi dan kondisi anda saat ini. Bisnis yang dimulai dari kesenangan biasanya akan lebih cepat sukses, terntu dengan perhitungan yang matang.

A.           Berbisnis Makanan Ringan

Salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi ialah makan. Dan,hobi yang bisa dijadikan bisnis adalah membuat aneka makanan. Anda dapat memulainya dengan cara membuat makanan ringan atau makanan kering, yang bisa Anda titipkan di warung-warung di sekitar Anda atau beberapa restoran.

Dalam berbisnis makana ringan, jauhkan perasaan gengsi dari diri Anda. Sebab,sebuah kesuksesan tidak mengenal gengsi. Kemudian, perbanyaklah produk dan inovasi. Dengan demikian,Anda dapat menampilkan kesan yang unik pada produk Anda,sehingga produk Anda lain dengan yang lain dengan menu yang berbeda-beda pula.

Bisnis makanan ringan merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Hampir semua orang tidak ada yan menolak keberadaan jenis produk makanan ringan. Apalagi orang-orang Indonesia yang kaya dengan macam ragam makanan ringan khas daerah,seperti rempeyek, krupuk udang,dan lain-lain. Modal yang dibutuhkan pun cukup ringan dengan potensi penghasilan yang terbilang besar.

Jika Anda ingi berbisnis makanan ringan,hendaknya Anda memilih jenis makanan ringan dengan sector konsumen anak-anak dan seumur. Bisnis makanan ringan dapat dimuali dari modal kurang dari Rp. 200.000,00. Banyaknya bahan baku di Indonesia sehingga kita dapat membuat makanan ringan seharusnya menjadi alternative bisnis yang menjanjikan. Dengan bermoal uang Rp. 200.000,0 dan peralatan seadanya,maka usaha gorengan dan kue kering sudah mampu mengeruk keuntungan di atas Rp. 100.000,00 per hari.

Faktor terpenting dalam usaha makanan ringan terletak pada kemampuan kreativitas pemilik usaha. Anda bisa memulai promosi dengan membuat makanan ringan untuk kegioatan kampus,seperti seminar atau pelatihan. Bualtah makanan ringan dengan bahan berkualitas. Meskipun harganya sedikit mahal,tetapi makanannya bermutu tinggi. Selain itu,ciptakan menu makanan baru dan unik untuk membedakannya dengan makanan ringan yang lain mulailah membuat makanankegemaran Anda atau teman-teman Anda. Dengan begitu maka akan terasa lebih menyenangkan.

Anda juga bisa mempromosikan makanan ringan buatan Anda dengan menyebarkan brosur sekitar kampus,atau Anda memajang jajanan di event kajian hari Minggu atau akhir pekan. Pertahankan kualitas yang istimewah dari makanan Anda agar konsumen akan setia kepada Anda.

Supaya Anda lebih mudah berbisnis makanan ringan,cermatilah analisis bisnisnya berikut:


  1. Kebutuhan Modal Awal

    1. Bahan-bahan                    Rp. 200.000,00

    2. Plastik                              Rp.   30.000,00

    3. Peralatan                          Rp. 100.000,00

    4. Lain-lain                           Rp.   20.000,00  +




Jumlah Modal awal          Rp 350.000,00

 

  1. Pendapatan Setiap Hari


Makanan dititipkan di beberapa warung

@ Rp 1.00,00 X 500 bungkus = Rp. 50.00,00 per hari

 

  1. Laba Tiap Bulan


Rp. 50.000,00 perhari X 30 hari = Rp. 1.500.000,00 per bulan

Hasil penjualan – modal = Rp. 1.500.000,00 – Rp. 350.000,00 = Rp. 1.150.000,00

 

  1. B.            Mengutak-atik Barang Elektronik


Jika Anda mempunyai kegemaranmengutak-atik barang elektronbik,seperti komputer,tape,handphone,atau semacamnya, Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah peluank bisnis. Seiring berjalannya waktu,baranmg-barang elektonik akan semakin banyak, sehingga banyak pula orang yang membutuhkan keahlian Anda untuk  memperbaiki kerusakan alat-alat elektronik mereka.

Tidak semua orang bisa memperbaiki peralatan elektroniknya masing-masing, apalagi bila ditambah dengan rutinitas kerja yang semakin padat. Makanya, dalam hal ini, ada peluang bisnis yang menjanjiukan,yakni bisnis servis panggilan.

Ketika Anda ingi berbisnis dalam hal itu,Anda bisa memulainnya dengan langkah awal dari teman-teman kost atau di sekitar lingkungan Anda. Berikan servis/pelayanan yang memuaskan agar para pelanggan merasa nyaman,puas,dan tertarik untuk kembali servis di tempat Anda, serta menginformasikan kepada konsumen lainnya.

Pelayanan panggilan bisa menjadi alternative yang menarik lantaran kesibukan orang-orang yang tidak memungkinkan untuk pergi ke tempat servis. Makanya, mereka cenderung akan memanggil teknisi untuk dating ke tempat mereka.

Sebenarnya, servis panggilan menurut Anda untuk bekerja lebih keras,karena Anda harus membawa berbagai peralatan,baik memang dubutuhkan atau tidak,mencari local servis,menyediakan spare part, dan memberikan pelayanan maksimal.

Untuk memuali bisnis tersebut, Anda cukup menyiapkan satu set alat servis yang harganya sekitar Rp. 100.000,00 sampai Rp. 150.000,00, spare part cadangan untuk alat-alat rumah tangga yang harganya berkisar Rp. 100.000,00 sampai Rp. 500.000,00 dengan biaya servis kira-kira Rp. 20.000,00 hingga Rp. 50.000,00 tergantung pada berat kerusakannya.

Dengan menekuni bisnis itu, jika kerusakan yang Anda perbaiki per hari mancapai 2-3 alat elektronik, berarti Anda sudah bisa meraup keuntungan Rp. 100.000,00 per hari. Dan, dalam jangka 2-3 bulan, Anda sudah mendapatkan uang pengganti pembelian alat-alat dan spare part cadangan.

Untuk memaksimalkan bisnia Anda i9ni, Anda bisa memasang iklan lewat brosur atau selembaran. Tentunya,Anda juga memberikan keistimewaan pelayanan antar-jemput.

 

  1. C.           Membuat Aneka Kerajinan Tangan


Hasta karya ataupun kerajinan tangan merupakan hobi yang juga bisa menjadi peluang bisnis pada masa kuliah. Hobisemacam ini era modern seperti sekarang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi bisnis. Sebab, peminatnya tidak mengenal batas usia, mulai dari anak-anak,remaja,dewasa,hingga orang tua.

Jika Anda memilih untuk menjadi produsen kerajinan tangan, maka Anda harus melihat kondisi pasar, selalu melakukan inovasi agar tidak ketinggalan tren, serta mampu bersaing dengan pasar. Produk kerajinan tangan beraneka macam sesuai dengan momen (masa) dan konsumen yang dituju.

Produk kerajinan bisa berupa kerajinan khas daerah,tas antic,lampu tidur inovatif,ataupun pernak-pernik miniature kendaraan,hewan,dan bangunan.

Pada tahap awal,Anda bisa memulai bbisnis kerajinan tangan di rumah atau kost,sehingga Anda tidak membutuhkan banyak modal. Selanjutnya, tentukan produk apa saja yang akan di buat dengan keunikan tersendiri sehingga mampu bersaing di pasaran dan diminati banyak orang, termasuk wisatawan. Mulailah promosikan barang produksi Anda melalui brosur,serta menawarkan ke toko-toko souvenir di kota Anda. Atau, Anda mulai membuka tempat bisnis kerajinan tangan di rumah sebagai showroom.

Anda jangan pernah berhenti belajar dan berinovasi, serta menganalisis pasar agar produk Anda layak jual dan diminati banyak orang. Ciptakan cirri khusus atau khasan dari produk Anda agar bisa menjadi ikon dalam produk yang Anda buat. Sebagai contoh,Anda dapat membuat kerajinan lampu tidur berbentuk silinder dari kardus gulungan plastic atau dikreasikan dengan kulit kerang.

Nah, agar Anda tidak ragu dalam memulai bisnis kerajinan tangan, perhatikan anlisis bisnisnya berikut :

  1. Kebutuhan Modal Awal

    1. Kardus bekas gulungan plastik      Rp. 200.000,00

    2. Plastic fiber glass                            Rp. 100.000,00

    3. Tali penghias                                  Rp. 100.000,00

    4.  Lem                                               Rp.   50.000,00

    5. Lampu neon




@ Rp. 2.000,00 X 50 buah           Rp. 100.000,00

  1. Kabel                                              Rp.   50.000,00

  2. Besi kawat                                      Rp. 100.000,00

  3. Pemotong                                       Rp.   20.000,00

  4. Lain-lain                                         Rp.   30.000,00 +


Jumlah Modal Awal                      Rp. 750.000,00 per bulan

  1. Hasil Kerajinan Tangan


Anda menghasilkan 50 buah lampu tidur per bulan @ Rp. 30.000,00, yang bisa Anda titipkan di beberapa took atau sekitar tempat wisata.

  1. Keuntungan


Dalam sebulan, jika semua produk kerajinan tangan dapat terjual,maka Anda memperoleh hasil penjualan Rp. 1.500.000,00 per hari,sehingga:

Hasil penjualan – modal awal

= Rp. 1.500.000,00 – Rp. 750.000,00

= Rp. 750.000,00

Dengan demikian, keuntungan Anda sebesar Rp. 750.000,00

 

Jika dari hari ke hari perkembangan bisnis ini sangat signifikan, Anda bisa menambah ragam kerajhinan yang Anda buat dengan kreasi yang lebih menarik dan bagus.

 

  1. D.           Mendirikan Taman Bacaan


Apakah Anda seorang mahasiswa yang senang membaca? Jika Anda gemar membaca dan memiliki buku yang banyak, mengapa Anda tidak berinisiatif untuk menjadikan buku-buku Anda sebagai meia bisnis? Ketimbang buku-buku yang Anda miliki dibiarkan menganggur di rak-rak kamar, ada baiknya jika buku-buku tersebut Anda pinjamkan kepada orang lain. Lebih tepatnya lagi. Anda menjadikan perpustakaan pribadi Anda sebagai taman bacaan umum.

Buku merupakan jendela dunia. Mungkin karena inilah, membaca dianggap sebagai hal yang sangt penting. Bahkan, hobi membaca termasuk bagian dari program-program pendidikan yang digalakkan. Dari hobi membaca itulh, Anda dapat mengali banyak informasi dan ilmu yang belum diketahui, yang tentu saja akan menambah wawasan Anda.

Bisnis taman bacaan ataupun menyewakan buku termasuk salah satu peluang bisnis yang masih jarang digeluti oleh masyarakat. Justru,karena alas an inilah, Anda berpeluang besar untuk mengembangkan taman bacaan. Selain untuk kepentingan bisnis,usaha taman bacaan inijuga dapat menjadi bukti dari kepedulian Anda dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Bisnis taman baca merupakan jenis bisnis yang mudah dijalankan oleh seorang mahasiswa. Apalagi bila bisnis tersebut sudah didasari hobi. Untuk memulainnya,Anda cukup menambahkan koleksi buku yang  Anda miliki. Jenis bukunya pun bisa Anda tetukan sendiri sesuai dengan hobi. Namun, lebih baik jika dlam memilih jenis buku,Anda tetap mempertimbangkan jenis buku yang dikehendaki oleh orang lain. Jenis bukunya pun haruslah bervariasi,serta relevan dengan kebutuhan publik. ,isalnya, meskipun Anda gemar membaca buku-buku fiksi,tidak ada salahnya bila Anda menambahkan buku-nuku serius,seperti buku-buku filsafat,ekonomi,dan politik.

Karena itulah, umemulai bisn,Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal penting. Di antaranya adlah pengetahuan tentang perkembangan dunia pembukuan. Jangan sampai buku yang Anda miliki merupakan jenis buku yang sudah “basi”. Sehingga,buku-bukutersebut tidak diminati oleh konsumen.

Makanya,Anda dituntut untuk selalu melakukan survey terhadap pasar perbukuan. Hal lain ini yang perlu Anda perhatikan ialah lokasi yang strategis untuk membuka bisnis taman bacaan.lokasinyapun haruslah nyaman dan aman. Sehingga,para konsumen bisa berlama-lama menikmati buku bacaannya.

Selain hal-hal tersebut,Anda juga mesti berusaha memberikan fasilitas-fasilitas terbaik kepada para konsumen. Pemberian bonus atau promo-promo khusus setiap bulan, serta penetapan harga-harga yang terjangkau untuk semua kalangan,juga dapat menjadi bagian dari strategis dalam mengembangkan bisnis taman bacaan. Tenmtunya,Anda juga harus giat melakukan promosi-promosi merlalui brosur,leaflet atau pamflet.

Seperti halnya bisnis yang lain, usaha tama bacaan tetap memiliki sjumlah hambatan yang bisa mengganggu kelancaran usaha. Beberapa hambatan tersebut berupa turunnya minat baca masyarakat lantaran maraknya acara televisi dan taman bermain, kenaikan harga buku, serta kerusakan buku, baik yang disebabkan oleh pelanggan maupun faktor cuaca, oleh karen itu, anda harus mencari solusi yang tepat. Misalnya, untuk mengatasi turunnya minat baca, Anda mesti mengadakan event, seperti sminar, bedah buku, danlainnya.

Untuk membuka usaha taman bacaan, setidaknya anda harus  merogoh kocek sebesar 10 juta rupiah. Rinciannya adalah 3 juta untuk membeli buku bacaan, 2 juta untuk pembuatan meja, rak, dan kursi, 3 juta untuk sewa tempat, dan 2 juta untuk keperluan umum lainnya, seperti sewa karyawan dan lain sebagainya.

Pendapatan rata – rata per blan dari bisnis taman bacaan bisa mencapai 2 juta dengn rincian jumlah buku yang dipinjam sebanyak 30 buku per hari dengan tariff Rp.2.500,00 per buah. Na, untuk lebih mnarik pelanggan, perbanyaklah novel dan komik. Selain itu, berilah diskon, misalnya pinjam 4 bonus 1 atau pinjam 5 bonus 1 buku.

Jika modal Anda kurang memadai untuk mendirikan taman bacaan, Anda juga bisa bergabung dengan teman – teman Anda yang memang memiliki banyak buku. Oleh karena itu, Anda harus berani mencoba berbisnis taman bacaan.

Nah, supaya Anda memiliki acuan untuk mnedirikan taman bacaan, perhatikan analisis bisnisnya berikut :

  1. Modal Awal

    1. Buku bacaan                               Rp            2.000.000,00

    2. Rak meja, dan kursi                    Rp            2.000.000,00

    3. Buku catatan                               Rp            2.000.000,00

    4. Biaya listrik                                 Rp                 50.000,00

    5. Sewa tempat                               Rp            3.000.000,00       +




Jumlah                                  Rp            9.050.000,00

  1. Penghitungan Laba Tiap bulan


Pemasukan per bulan

= 10 Buku C Rp 2.500,00 C 30 hari

= Rp 750.000,00

 

Setelah mencermati analisis bisnis taman bacaan, Anda perlu mengetahui bahwa seiring berjalannya waktu, jumlah peminjam aka semakin meningkat, dan penghasilan akan meningkat pula.

G.     Berternak Ikan

Dahulu, beternak ikan dipandang sebelah mata. Namun, komoditas perikanan air tawar maupun air laut sekarang ini menjelma menjadi bisns rakyat yang menjanjikan. Peluang bisnis ternak ikan dapat menghasilkan keuntungan sekitar 25% pada masa panennya. Meskipun begitu, semuanya itu tergantung pada kondisi lingkungan, jenis ikan, dan beberapa faktor lainnya.

Beternak ikan ada beraneka ragam. Ada kalangan masyarakat yang hanya beternak ikan lele dumbo, ikan koi, ikan gurameh, ikan mas, ikan cupang, ikan arwana, ikan bawal, dan berbagai jens ikan lainnya. Kebanyakan masyarakat beternak ikan menyesuaikan dengan kndisi alam tempat tinggal mereka.

Bagi Anda yang bertindak sebagai mahasiswa, yang punya hobi memelihara ikan, tentunya berbisnis di bidang ini bisnis menjadi pekerjaan yang menyenagkan. Selain hobi anda tersalurkan, Anda masih dapat meraup keuntungan fanansial yang jumlahnya cukup banyak. Bahkan, melalui bisnis tersebut, Anda bisa membuka lapangan pekerjaan yang baru bagi orang lain. Hal ini sangat membanggakan, bukan?

Untuk memuli bisnis berternak ikan, ada beber-apahal yang perlu Anda persiapkan. Di antaranya adalah pngetahuan yang luas tentang seluk-beluk dunia peternakan ikan, menyiapkan modal uang un- - tuk membeli atau menyewa lahan peternakan ikan, serta membeli bibit ikan. Dalam hal ini, Anda mesti menentukan jenis ikan yang akan diternak terlebih dahulu. Misalnya, setelah mempertimbangkan kon­disi alam lingkungan, Anda akhirnya mernilih beter­nak ikan lele Jumbo atau ikan bawal.

Selain dengan persiapan tersebut, agar bisnis Anda sukses, Anda hares mempunyai strategi pengelolaan dan pemasaran yang tepat dan baik. Di antaranya pengelolaannya adalah memberikan perawatan yang intensif kepada ikan-ikan ketika mernbersihkan kolam maupun memberikan makan ikan. Sedangkan strategi pemasarannya bisa berupa menjalin kerja sama dengan pedagang waning, restoran ataupun hotel, serta mempromosikan melalui berbagai media promnosi. Dengan strategi tersebut, bisnis Anda tentu akan berkembang sebaik-baiknya.

Meskipun begitu, ketika menjalankan bisnis beternak ikan, Anda hams memperhitungkan ber­bagai hambatan yang mungkin akan menghalangi jalannya roda bisnis peternakan ikan Anda secara cermat. Di antara hambatan tersebut adalah faktor cuaca, iklim, dan melonjaknya harga pakan ikan. Hambatan tersebut tentu menuntut Anda untuk mencari solusi yang tepat.

Nah, jika Anda tertarik merintis bisnis beternak ikan, sedari sekarang Anda hares mempersiapkan se­gala sesuatunya secara matang, mulai dari tahap Persia-pan hingga strategi pengelolaan dan pemasa­rannya. Sebab, sernuanya itu akan menentukan suk­ses atau tidaknya bisnis pe­ternakan ikan yang Anda miliki.

Agar Anda semakin terampil dalam berbisnis peternakan ikan, cermatilah analisis bisnisnya beri­kut:

 

 

  1. Modal Awal :

    1. Benih ikan (ikan lele dan bawal)                 Rp            400.000,00

    2. Sewa Lahan (kolam 24 m2)                          Rp         1.000.000,00

    3. Makanan ikan                                             Rp            500.000,00

    4. Lain – lain                                                 Rp            100.000,00  +




Jumlah pengeluaran                                    Rp         2.000.000,00

  1. Pendapatan


200 kg @ Rp 13.000,00   =  Rp 2.600.000,00

Pemasukkan per 6 bulan dengan asumsi panen 2 kali tiap tahun.

Laba          = penghasilan – modal awal

= Rp 2.600.000,00 – Rp 2.000.000,00

= Rp 600.000,00

Untuk memaksimalkan penghasilan Anda, sebenarnya Anda bisa memperluas lahan, atau setidaknya membagi lahan dalam beberapa petak. Dengan demikian, pendapatan Anda pun semakin bertambah banyak.

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon