Kamis, 24 Januari 2013

Tips SEO pemula

[caption id="attachment_631" align="alignleft" width="300"]Tips SEO pemula Tips SEO pemula[/caption]

Membangun sebuah website dewasa ini sudah merupakan hal yang mudah karena website siap pakai sudah dirancang dengan template-template yang mudah digunakan. Tak perlu lagi harus menguasai bahasa HTML untuk bisa merancang website meskipun menguasainya akan menjadi sebuah pilihan yang bagus. Yang mejadi sebuah tantangan besar terkat dengan website adalah melakukan optimasi agar bisa mendapat peringkat yang bagus pada hasil pencarian search engine. Google tentu saja menjadi target para pemilik website bila terkait dengan optimasi karena search engine ini sangat populer dan berperan vital dalam bisnis online. Tanpa indeks bagus di search engine Google berarti banyak peluang bisnis yang terlewatkan. Agar bisa mendapat indeks yang bagus di Google, salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah melakukan SEO yang merupakan singkatan dari search engine optimization. SEO sendiri bisa dilakukan sendiri sejauh seseorang memahami setia aspek yang meliputinya.
Apa saja yang harus dilakukan terkait dengan SEO? Berikut ini adalah tips seo yang perlu anda tahu. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan on-page SEO yang terkait dengan penataan konten website. Setiap posting artikel pada website harus mengandung keyword terpilih. Bagian judul harus mengandung kata kunci. Sebaiknya kata kunci disebar secara merata dan tidak perlu berlebihan. Density keyword yang normal berkisar andar 2 – 5%. Pada file manager, anda juga harus melakukan seting meta keyword dengan menempatkan beberpa keyword dalam konfigurasi HTML sehingga saat Google melakukan pegindeksan dengan kata kunti tertentu, website anda adalah salah satu yang bisa dideteksi.

Hal lain yang perlu dilakukan selain on-page SEO adalah out-page SEO yang salah satunya adalah link building. Saat melakukan link building, tentu saja yang dikerjakan adalah mendapatkan link satu arah dari website lain. Kegunaan link satu arah adalah untuk meningkatkan popularitas. Google akan melihat seberapa popular website anda dengan mengecek kuantias link satu arah. Jangan lupa bahwa kuantitas banyak akan tidak berguna bila link yang ada tidak relevan dengan website anda. Relevansi link bisa didapat bila berasal dari website dengan niche serupa.

Pertanyaan penting terkait dengan link building adalah apa saja yang harus dilakukan untuk mendapat backlink? Pertama, anda bisa melakukan posting konten dengan kualitas tinggi sehingga link satu arah yang didapat alami. Kata alami mengacu pada link yang terjadi dengan sendirinya atas referesi orang lain. Singkatnya seperti ini, bila pengunjung website anda terkesan dengan konten yang ada maka mereka akan memasang link satu arah sebagai referensi pembaca di website mereka. Nah, link yang ada itu merupakan link alami yang sangat diimpikan para pemilik wesite.

Cara lain untuk memburu link satu arah adalah dengan meninggalkan komentar pada blog dofollow meskipun cara ini tidak terlalu disukai Google. Namun keterbatasan teknologi sering membuat Google tidak bisa membedakan apakan link yang didapat berasal dari komentar atau link alami. Alternatif lain yang patut dipertimbangkan adalah dengan mendaftarkan website pada beberapa direktori terkenal seperti Dmoz.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon