Minggu, 20 Januari 2013

Optimasi Website dengan SEO yang benar

[caption id="attachment_610" align="alignleft" width="300"]Optimasi SEO Optimasi SEO[/caption]

Dengan kemajuan teknologi yang kini ada, tentu saja membuat website bukan merupakan hal yang sulit. Seseorang bahkan tak harus menguasai bahasa pemograman komputer untuk bisa merancang website karena sudah ada banyak web hosting company yang menyediakan website siap pakai. Yang justru menjadi persoalan adalah meningkatkan traffic atau ranking setelah website dibuat. Semakin tinggi ranking atau traffic sebuah website maka akan semakin potensial website untuk menghasilkan uang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ranking website adalah dengan menerapkan teknik-teknik SEO, singkatan dari search engine optimization. SEO sendiri mempunyai definisi mengoptimalkan website agar bisa diindeks search engine. Pada umumnya target SEO adalah hasil pencarian tinggi di Google. Bila anda sedang mengalami kesulitan mengoptimasi website agar bisa terindeks dengan baik di Google, berikut ini beberapa tips seo yang seharusnya anda mengerti.

Dalam SEO, istilah link building menjadi amat populer karena hampir setiap pemilik website yang berorientasi menghasilkan uang akrab dengan istilah ini. Apa itu link building? Singkatnya, link building adalah salah satu teknik SEO yang umum dipakai untuk meningkatkan reputasi website. Reputasi itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan indeks Google.

Mendapatkan banyak backlink atau incoming link adalah target utama dari link building. Yang dimaksud dengan backlink adalah link satu arah dari website orang lain menuju ke website anda. Apa saja kriteria link building yang efektif? Sebuah link akan semakin berkualitas bila diperoleh dari website yang relevan. Sebagai contoh, bila anda memiliki website dengan niche marketing maka link yang relevan adalah link dari website dengan niche serupa. Link yang didapat juga akan semakin bagus bila didapat dari website yang memiliki PageRank tinggi.

PageRank adalah sistem pengindeksan Google yang mengacu pada kualitas website. Untuk mendapatkan link satu arah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memberi komentar pada blog dofollow. Tentu saja komentar yang diberikan harus wajar yang artinya bersifat membangun atau mengkritik, bukan sekedar orientasi mendapat backlink. Posting artikel di situs social bookmarking juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk bisa mendapat link satu arah.

Tantangan besar terkait dengan hal ini adalah beberapa situs social bookmarking menetapkan kualifikasi yang ketat sehingga hanya artikel yang sangat berkualitas yang akan diposting.

Selain link building, pengaturan konten website merupakan hal penting yang bisa dilakukan terkait dengan SEO. Hal ini sering disebut dengan on-page SEO. Website yang baik adalah website yang berisi konten berkualitas. Tentu saja isi konten harus bermanfaat bagi pengunjung dan dibuat dengan bahasa yang baik. Saking pentingnya konten sebuah website, banyak orang beranggapan ‘ content is the king’. Terkait dengan SEO, pengaturan konten website amatlah penting. Yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat beberapa keywords sesuai dengan niche sebuah website. Keyword harus dipastikan ada pada setiap postingan dan akan lebih baik bila dimunculkan di dalam judul dan kalimat pertama artikel.

Usahakan untuk tidak berlebihan menyebar keyword dalam setiap postingan karena hal ini akan berdampak buruk buat pengindeksan Google. Pada umumnya density keyword yang baik untuk SEO berkisar antara 2-5% saja. Itulah beberapa hal penting berkenaan dengan tips seo.

Artikel Terkait

1 komentar so far

[...] adalah search engine optimization, tentu saja hal ini belum bisa mengambarkan apa sih sebenarnya SEO yang sangat popular di dunia online. SEO adalah sebuah metode yang dilakukan untuk mengoptimalkan website agar terindeks di search [...]


EmoticonEmoticon