Rabu, 28 November 2012

Merubah Kegagalan Menjadi Sukses

tips suksesMemiliki sebuah bisnis yang sukses adalah harapan dari seluruh masyarakat terutama mereka yang memiliki passion dalam bidang bisnis. Berbagai jenis bisnis pun menjadi alternative pilihan. Memilih sebuah bisnis tentu bukan hal yang mudah karena resikonya yang tinggi, kemampuan menghandlenya, strategi, serta peluang kesuksesan yang dapat menjadi pertimbangan ketika memilih sebuah pilihan usaha atau bisnis. Dengan adanya pertimbangan tersebut hendaknya para pebisnis dapat memilih jenis bisnis yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga memiliki prospek yang bagus. Bisnis multilevel – marketing atau sering disebut sebagai MLM menjadi salah satu alternative pilihan yang tepat. Namun, tentu saja diperlukan strategi serta tips mengatasi kegagalan di bisnis MLM untuk meraih kesuksesan dalam sebuah bisnis. Saat ini, bisnis MLM pun terdapat berbagai macam yang super komplit, mulai dari kuliner, fashion, kesehatan, kosmetik, dan sebagainya. Pilihan perusahaannya pun juga beragam, dari mulai yang sudah terkenal dan bonafid, rintisan baru, ataupun yang belum pernah terdengar namanya.

Meskipun MLM memiliki tingkat resiko yang tidak terlalu tinggi dibanding dengan resiko bisnis yang dirintis sendiri namun tidak ada orang yang menginginkan untuk memperoleh kerugian bukan? Untuk itulah, pengetahuan tentang bisnis tersebut serta perusahaan, dan system pemasaran yang baik akan mampu meminimalisir adanya kemungkinan kerugian. Adapun beberapa tips mengatasi kegagalan di bisnis MLM dan upaya untuk meraih kesuksesan di bidang ini dapat kita lihar dibawah ini.


  • Ketika menghadapi sebuah kegagalan usahakan untuk tetap berpikir tenang.

  • Menenangkan diri dan berpikir positif menjadi kuncinya.

  • Setelah pikiran lebih tenang, usahakan untuk flash back ke belakang dan mereview kembali apa yang telah terjadi.

  • Evaluasi bisnis yang telah gagal. Tentukan penyebabnya, apa yang salah dalam system yang ada. Apakah penyebabnya adalah dari strategi pemasaran atau dari pemilihan jenis bisnis MLM.

  • Mulai lah mencari strategi untuk tidak mengulangi hal yang sama dengan mengetahui letak kegagalan sebelumnya.

  • Tanamkan dalam benak anda bahwa sebuah kegagalan merupakan pengalaman berharga untuk kesuksesan di masa mendatang.

  • Mulailah bisnis MLM dari awal dengan mempertimbangkan kegagalan dan kesalahan dari bisnis yang baru dengan strategi baru, pemasaran yang baru, serta market yang lebih baik.


Sebuah bisnis tidak terlepas dari kemungkinan kegagalan. Kegagalan merupakan hal wajar yang dapat terjadi pada jenis bisnis apapun termasuk jenis bisnis MLM tersebut. Ketika kita ingin memulai kembali bisnis MLM tersebut ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal penting yang nantinya akan berpengaruh pada hasil usaha. Beberapa unsur penting yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Memilih jenis usaha MLM yang sesuai.

  • Pilih perusahaan untuk bisnis tersebut yang tepat, pilihlah yang bonafid dan terpercaya.

  • Pastikan bahwa bisnis yang kita pilih benar-benar sesuai dengan minat.

  • Pelajari dengan benar perusahaan MLM yang menjadi kandidat pilihan.

  • Pelajari pula mengenai produknya jangan sampai kita memilih produk yang dijual tanpa mengetahui kualitas serta informasinya.

  • Buat perencanaan pemasaran dengan baik serta target pasarnya.


Selain cara tersebut, memiliki kedisiplinan tinggi serta kemauan dan usaha akan menjadi faktor penunjang keberhasilan sebuah bisnis, terlebih untuk sebuah bisnis MLM.

 

Artikel Terkait

1 komentar so far

[...] tak mau meraih kesuksesan di bidang yang ditekuni? Memiliki kesuksesan dan masa depan yang cemerlang merupakan sebuah [...]


EmoticonEmoticon